KOREA

Dijuluki King Hallyu Wave, Ini Fakta SUPER JUNIOR Group K-Pop yang Tak Tergerus Zaman - Jadi Duta Pariwisata Hingga Pangan

Kamis, 21 Oktober 2021 11:33

Super Junior (credit: Instagram.com/superjunior/)

Kapanlagi.com - Super Junior adalah boy group K-Pop generasi kedua yang kini masih sangat eksis di industri musik. Bahkan Super Junior baru saja comeback dengan album bertajuk The Renaissance. Akhir Oktober mendatang, sub unit Super Junior D&E juga dikabarkan akan segera comeback.

Boy group yang disebut King hallyu ini memiliki 10 orang member tetap yang masih eksis sampai sekarang. Para member Super Junior memiliki kemampuan yang sangat multitalenta baik di bidang musik, akting, MC, ataupun penyiar.

Hingga kini terhitung Super Junior telah berkarir selama 16 tahun sejak 2005 silam. Meski sudah berkarir lebih dari satu dekade, nyatanya berbagai karya Super Junior bisa dibilang tak tergerus oleh zaman. Ya, dari masa ke masa lagu-lagu Super Junior masih cukup familiar hingga sekarang. Bahkan generasi saat ini mungkin saja juga tahu lagu Sorry, Sorry yang pernah hits pada masanya.

Boy group di bawah naungan agensi SM Entertainment ini pun memiliki sejumlah fakta menarik yang bikin kalian jadi nostalgia lagi. Penasaran apa saja fakta Super Junior? Yuk simak ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Tetap Eksis Jadi Boy Group Generasi Kedua K-Pop

Super Junior atau SUJU menjadi salah satu boy group generasi kedua yang populer hingga kini. Debut di tahun 2005 lewat single pertama berjudul Twins (Knock Out). Boy Group K-Pop ini sekarang beranggotakan 10 member. Namun sebenarnya SUJU memiliki 13 member hanya saja ketiga member lainnya memilih hengkang dari group.

Sukses dengan single pertama tersebut, SUJU kemudian kembali merilis single kedua yang bisa dibilang berhasil menggebrak industri musik Internasional. Melalui single kedua berjudul Miracle, Super Junior sukses menarik perhatian penggemar berbagai negara. Begitu juga dengan single U yang berhasil laris tak sampai 24 jam setelah rilis.

Selanjutnya beberapa sub unit mulai terbentuk dengan lagu-lagu mereka yang juga cukup sukses. Seperti melalui album Sorry, Sorry, Bonamana, Mr. Simple yang membuat banyak orang terkena demam Korea atau Hallyu Wave. Beragam penghargaan dan prestasi mulai diraih SUJU dengan kesuksesan luar biasa. Hingga pada masa itu Super Junior bisa dibilang jadi boy group terlaris di industri K-Pop.

Namun seperti kalian ketahui member Super Junior memiliki kemampuan yang multitalenta. Ya, tak hanya di bidang musik mereka juga menguasai beberapa bidang seperti MC, model, penyiar radio, serta aktor. Tidak heran kalau hingga kini karir member SUJU masih eksis wira-wiri televisi. Sebuah pencapaian luar biasa jika mengingat saat ini cukup banyak group K-Pop generasi baru terbentuk dengan konsep dan musik mereka yang unik dan menarik. Namun Super Junior berhasil mempertahankan eksistensinya yang luar biasa di industri K-Pop. Bahkan baru-baru ini Super Junior comeback dengan album The Renaissance. Terbaru melalui sub unit D&E Super Junior terdiri dari Donghae dan Eunhyuk juga akan segera comeback pada akhir bulan Oktober. Meskipun keduanya juga sudah merilis beberapa lagu seperti California Love.

 

 

2. Pelopor Sub Unit Group K-Pop

Kini sub unit group K-Pop tentu cukup familiar. Namun tahukah kalian bisa dibilang kalau Super Junior jadi pelopor sub unit group K-Pop. Ya, dalam perjalanan karirnya ada beberapa sub unit Super Junior yang dikenal hingga kini. Di antaranya yakni Super Junior K.R.Y beranggotakan Kyuhyun, Ryeowook, Yesung terbentuk tahun 2006 dengan single mereka The One I Love untuk OST drama HYENA.

Selanjutnya ada juga Super Junior T terbentuk tahun 2007 beranggotakan Heechul, Kangin, Sungmin, Leeteuk, Shindong, dan Eunhyuk dengan single Rokuko. Super Junior M dengan konsep Mandarin Pop dibentuk tahun 2008 beranggotakan Han Geng, Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook serta Henry dan Zhou Mi yang juga mencapai kesuksesan cukup besar.

Ada juga sub unit Super Junior H atau Super Junior Happy dibentuk dengan anggota Leeteuk, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk melalui album Cooking? Cooking!. Serta Super Junior D&E beranggotakan Donghae serta Eunhyuk.

 

3. Berperan Besar Bikin Hallyu Wave di Luar Korea Selatan

Istilah Hallyu Wave atau demam Korea tentu begitu akrab. Berbagai group K-Pop dan drama Korea memang memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya saja visual para idol yang begitu menawan, karya-karya menarik serta drakor romantis. Nggak heran kalau hallyu wave ini juga memicu banyak orang ingin mengunjungi Korea Selatan dan bertemu idola mereka.

Nah, berkaitan dengan hallyu wave, Super Junior rupanya memiliki peran besar. Pasalnya, boy group ini bisa dibilang memiliki andil dalam menyebarkan hallyu wave. Bahkan SUJU pernah dianugerahi National Pop Culture Icon Korea. Berbagai penghargaan dari pemerintah Korea juga sempat diraih oleh Super Junior.

 

4. Boy Group Terlaris Pada Masanya

Fakta lainnya dari Super Junior adalah boy group ini pernah menjadi boy group terlaris pada masanya. Ya, tahun 2009 album Super Junior berhasil menjual album studio ketiga Sorry, Sorry dalam waktu sangat singkat setelah rilis. Album ini bahkan berhasil memuncaki tangga musik di berbagai negara mulai dari Thailand, Taiwan, Tiongkok serta Filipina. Begitu juga dengan album Bonamana yang tak kalah sukses seperti album sebelumnya.

Berbagai judul film, program TV, ataupun tour menjadi kegiatan yang tak terlewat bagi Super Junior. Bahkan Super Junior juga berhasil sukses mengadakan tour di seluruh dunia baik di wilayah Asia hingga dunia. Tour tersebut bernama Super Show yang kini telah mencapai tour ke-8 pada tahun 2020 lalu sejak diadakan pertama kali di tahun 2008.

 

5. Boy Group Pertama Tampil di King Abdullah Sports City

Fakta lainnya dari Super Junior adalah boy group ini menjadi group pertama yang tampil di Arab Saudi. Ya, tahun 2019 lalu Super Junior melakukan tour konser di Arab Saudi. Tour bertajuk Super Junior World Tour Super Show 7S ini diadakan di King Abdullah Sports City. Di mana SUJU disebut menjadi group K-Pop pertama yang tampil di tempat tersebut. Penggemar tentunya turut bangga dengan fakta tersebut yang telah dicapai idola mereka. Apalagi karya-karya Super Junior bisa dibilang tak pernah tergerus zaman bahkan masih cukup eksis sampai sekarang.

 

6. Punya Acara Variety Show Sendiri

Memiliki member yang multitalenta membuat Super Junior hingga kini sering tampil di berbagai program dan acara televisi. Bahkan dulunya Super Junior juga memiliki program TV sendiri bernama SUPER JUNIOR'S SUPER TV. Ya, program ini tayang pada tahun 2018 silam mulai dari bulan Januari hingga Agustus. Program ini terbagi dalam beberapa season dengan konsep yang sangat menarik.

Lebih menariknya lagi, kini Super Junior juga memilki variety show terbaru yakni SJ Global Inc. Variety show tersebut tayang dalam kanal Youtube Super Junior. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa boy group generasi kedua K-Pop tersebut memang tak tergerus oleh zaman.

 

7. Terpilih Jadi Duta Beberapa Bidang

Fakta Super Junior berikutnya adalah boy group ini rupanya pernah dinobatkan jadi Duta Pariwisata hingga Pangan oleh pemerintah Korea. Super Junior di tahun 2010 diketahui pernah dinobatkan jadi duta Pariwisata Taiwan. Selain itu SUJU juga menjadi Duta Donor Darah Sedunia. Serta Duta Pangan Korea di tahun 2011. Sementara sejumlah member Super Junior juga berhasil dinobatkan jadi duta atau ambassador UNICEF (Choi Siwon), Duta Komisi Antri Korupsi dan Hak Sipil Korea Selatan (Kyuhyun) bahkan Duta Militer Korea Selatan (Leeteuk). Sangat membanggakan bukan KLovers?

 

8. Bak Boy Group K-Pop Rasa Lokal

Bagi penggemar Super Junior di Indonesia atau ELF, tentu turut berbangga diri. Pasalnya Super Junior menjadi boy group yang paling sering berkunjung ke Indonesia. Bahkan seringkali ELF Indonesia di notice langsung oleh member Super Junior. Beberapa kali Super Junior bahkan sudah sangat familiar dengan makanan dan bahasa Indonesia. Nggak heran kalau Super Junior bak boy group K-Pop yang melokal banget.

Saking melokalnya, Choi Siwon bahkan sempat bikin heboh dunia maya lantaran kerap menggunakan caption bahasa Indonesia. Member SUJU bahkan memiliki beberapa nama Indonesia yang diberikan fans seperti Kadir (Leeteuk), Eko (Eunhyuk), Dimas (Donghae), Rangga (Yesung), Dewo (Shindong), Agung (Siwon), Krisna (Ryeowook), dan Hotman (Kyuhyun). Sejumlah arti tanah air bahkan berteman dekat dengan member Super Junior.

Itulah fakta Super Junior group K-Pop generasi kedua yang masih eksis sampai sekarang. Gimana menurutmu KLovers?

 


REKOMENDASI
TRENDING