KOREA

Fakta di Balik Album SUHO EXO 'GREY SUIT', Mulai Dibuat di Hari Selesai Wamil Biar Cepat Ketemu Fans - Saat Rekaman Menolak Pemanasan Suara Dulu

Jum'at, 08 April 2022 11:45

SUHO EXO credit: SM Entertainment

Kapanlagi.com - SUHO baru saja comeback dengan mini album keduanya yang berjudul GREY SUIT pada hari Senin (4/4/2022). Ia pun menggelar konferensi pers terkait dengan album barunya ini di hari yang sama sebelum albumnya rilis.

GREY SUIT adalah album SUHO setelah dia selesai wajib militer dan vakum dari dunia hiburan sekitar dua tahun. Pastinya ini adalah hal yang sangat menyenangkan baginya bisa memberikan sesuatu buat EXO-L yang sudah menunggu.

"Pertama, aku sangat merindukan penggemar dan semuanya sih. Aku mulai mempersiapkan album ini di hari aku keluar wajib militer karena ingin bertemu fans secepatnya. Aku agak gugup saat debut solo, album ini juga terasa seperti awal baru, tapi karena sudah tampil sendirian di acara musik buat album sebelumnya, aku rasa sudah sedikit terbiasa. Tapi bagaimanapun, aku masih sedikit gugup karena ini adalah awal baru. Aku bisa memberikan (sesuatu) buat mereka yang sudah menunggu selama ini, termasuk banyak warna-warnaku dan apa yang ingin aku katakan selama dua thun ini, jadi aku harap kalian bisa menikmatinya," jelas Suho, terkait perasaannya.

1. Tentang Album GREY SUIT

SUHO lalu menjelaskan sedikit tentang album keduanya, termasuk genre lagu hingga musim apa yang cocok dengan ini.

"GREY SUIT adalah mini album yang terdiri dari enam lagu, termasuk lagu utama yang berjudul sama. Di album ini ada beragam genre seperti modern rock, Britpop, dan rock ballad, dan semuanya berasal dari suara band yang aku suka dan aku nikmati saat mendengarkannya. Ini adalah album yang cocok buat musim semi," katanya.

2. Sempat Merasa Ada Tekanan

Seperti disebutkan sebelumnya GREY SUIT adalah album pertama SUHO setelah selesai wajib militer dan pastinya menjadi sesuatu yang spesial. Lalu apa yang ingin ditunjukkan lewat album ini? Dan apakah leader EXO tersebut merasa ada tekanan?

"Sejujurnya, nggak ada tekanan, dan aku sangat senang bisa mengerjakan musikku. Rasanya luar biasa bisa mengekspresikan apa yang mau aku katakan selama dua tahun lewat musik. Tapi ya aku mulai merasa sedikit tekanan saat mulai persiapan karena aku agak berpikir soal fans yang akan mendengar laguku. Awalnya kan cuma mikir melakukan apa yang mau aku lakukan, tapi terus mempertimbangkan melodi, alat musik, dan lirik yang fans suka, di situlah aku merasa tertekan. Walaupun akhirnya merasakan beberapa tekanan, yang paling penting aku ingin menunjukkan kalau album ini adalah kemampuanku dalam membuat genreku sendiri," jelas SUHO.

3. Alasan Memilih 'Waktu' Sebagai Tema

FYI saja, 'waktu' adalah tema buat album GREY SUIT kali ini. SUHO lalu menjelaskan alasan istimewa kenapa dia memilih tersebut buat album keduanya.

"Sebuah PR bagiku buat menemukan bagaimana aku menghabiskan waktu selama satu tahun sembilan bualan. Aku menyimpannya di diari atau catatan dan menulis apa saja yang mau aku katakan, dan ternyata malah jadi terobsesi dengan kata 'waktu'. Aku berpikir bagaimana seharusnya menghabiskan waktu sampai keluar wajib milter dari awal masuk dan mulai memikirkan yang terbaik buat mempersiapkan sebuah album. Aku merasa waktu adalah sesuatu yang bisa aku bicarakan dengan jujur sejak aku menghabiskan banyak momen memikirkannya, karena itulah aku memutuskan dengan tema 'waktu'," kata SUHO menjelaskan filosofi waktunya.

4. Nggak Pemanasan Suara

Tentunya ada banyak hal yang harus dilakukan SUHO selama mempersiapkan album ini. Ia pun menceritakan apa saja yang menjadi fokus utama ketika proses pembuatan GREY SUIT.

"Aku sangat memperhatikan suara alat musik karena bahkan jika suara elektrik atau akustik gitar sama, gitar dengan banyak nada tinggi dengan gitar yang punya nada rendah, sebenarnya berbeda. Contohnya, lagu Decanting punya banyak suara high-pitched dari nada gitar untuk menunjukkan gerakan air di dalam gelas. Kalau buat lagu Grey Suit dan Morning Star, aku merekamnya tanpa pemanasan suara karena ingin terdengar sedikit parau, sehingga detail suara kecil semacam ini yang aku fokuskan dalam persiapan GREY SUIT," jelasnya.

5. Poin Penting dari MV Grey Suit

MV Grey Suit sendiri sudah dirilis pada Senin sore (4/4/2022). Suho menjelaskan apa saja poin penting yang harus diperhatikan dalam MV tersebut.

"Musik videonya menunjukkan SUHO yang abu-abu dari dunia di mana waktu sudah berhenti dan SUHO yang penuh warna dari dunia di mana waktu berlanjut. Ada banyak adegan di mana ada perbedaan visual yang kontras lewat fashion, makeup, ruang, pencahayaan dan lainnya. Jadi menyenangkan melihat perbedaan kontras ini dari adegan satu ke adegan yang lain. Selain itu, kami juga mencoba memaksimalkan ruang kosong dengan CG dan animasi dan itu juga poin penting yang menarik buat diperhatikan karena menetralisasi kegelapan dan kedalaman dari lagunya," pungkasnya.

Jadi sudah berapa kali kamu nonton MV Grey Suit?

https://www.newshub.id/interactive2/3103


REKOMENDASI
TRENDING