HOME » KOREA

Hayao Miyazaki Resmi Kembali Dari Cuti Panjang, Siapkan Film Baru

Sabtu, 25 Februari 2017 07:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Hayao Miyazaki Resmi Kembali Dari Cuti Panjang, Siapkan Film Baru Hayao Miyazaki © scmp.com

Kapanlagi.com - Jika ada yang bilang Studio Ghibli tak akan bisa besar tanpa sosok Hayao Miyazaki, maka pernyataan itu tak sepenuhnya salah. Seperti diketahui, pria berusia 76 tahun ini adalah salah satu founder utama dan juga otak di balik sejumlah film-film best seller Studio Ghibli.

Sayangnya, tahun 2013 silam, Miyazaki memutuskan berhenti membuat film untuk waktu yang tak diketahui. Setelah bekerja di dunia animasi selama bertahun-tahun lamanya, Ia merasa jika waktuyna sudah tiba untuk berhenti sejenak dan memberi kesempatan pada para creator lain yang lebih muda.

"Aku cukup serius kail ini (stop membuat film). Di usiaku sekarang, aku tak bisa bekerja berjam-jam seperti dulu lagi," ujarnya kala itu saat memutuskan untuk berhenti membuat film.

Miyazaki officially back! © JapantimesMiyazaki officially back! © Japantimes

Semenjak Miyazaki berhenti, Studio Ghibli pun langsung flop, di mana film-filmnya tak bisa menuai sukses besar seperti dulu. Studio yang didirikan pada tahun 1985 itupun akhirnya berhenti untuk memproduksi film sejak tahun 2014. Namun kini sebuah kabar baik datang untuk para penggemar Studio Ghibli. Ya, Miyazaki disebut resmi kembali membuat film!

Usut punya usut, meski tengah cuti dari film-making, rupanya Miyazaki tetap datang ke studio dan bekerja. Namun selama sekitar 4 tahun ke belakang ini Ia lebih fokus untuk belajar membuat animasi lewat komputer ketimbang menyutradarai. Sebuah proyek film pendek pun tengah dibuatnya, yakni Kemushi no Boro.

Kabar ini diterbitkan oleh salah satu media besar dan terpercaya di Jepang, Kyodo News. Bahkan rekan Miyazaki, Toshio Suzuki sendiri juga membenarkan jika Miyazaki memang tengah fokus pada pembuatan film barunya.

"Saat ini di Tokyo, dia (Miyazaki) sedang memberikan yang terbaik untuk menjadikan film-nya kenyataan," ujar Suzuki yang bakal memproduseri filmnya nanti.

Jika tak ada hambatan, Kemushi no Boro rencananya bakal dirilis sebelum Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang. Simak sdeh aktivitas-aktivitas Miyazaki selama pembuatan film terbarunya lewat video di bawah..


Video by: Aidan John

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING