Kemiripan Para Hokage di Anime 'NARUTO' dan Presiden Indonesia

Sabtu, 08 April 2017 09:01 Penulis: Guntur Merdekawan
Kemiripan Para Hokage di Anime 'NARUTO' dan Presiden Indonesia © Istimewa

Kapanlagi.com - Tak banyak orang yang menyukai film animasi, terutama anime Jepang. Namun beda ceritanya dengan Naruto yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Bahkan di Indonesia, anime tersebut sempat tayang secara reguler di salah satu stasiun televisi dan digilai publik.

Seperti diketahui, anime ini bercerita tentang seorang ninja muda bernama Uzumaki Naruto yang berjuang untuk mewujudkan mimpinya jadi seorang hokage di desanya, Konohagakure. Buat kamu yang belum tahu, hokage adalah sebuah titel yang diberikan untuk ninja terkuat dan diakui di desa tersebut. Didunia nyata, posisi tersebut ibaranya seorang presiden dari sebuah negara.

Pada cerita Naruto, total ada 7 orang yang pernah mendapatkan titel Hokage. Nah, di Indonesia sendiri hingga saat ini sudah ada 7 presiden yang menjabat. Kebetulan belaka? Bisa jadi. Namun selain angkanya, ternyata masing-masing hokage dan juga presiden Indonesia punya kemiripan satu sama lain loh. Nggak percaya? Simak ulasan-nya berikut ini..

Hokage Pertama - Presiden RI 1

Hashirama Senju - Soekarno © IstimewaHashirama Senju - Soekarno © Istimewa

Hokage pertama, Hashirama Senju adalah cikal bakal dari berdirinya Konohagakure, hal itu juga sama seperti Ir. Soekarno, yang memainkan peran penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda dan juga Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Sama-sama pemimpin pertama, keduanya adalah sosok yang sangat dikagumi dan dihormati rakyatnya. Hal itu tak lepas dari peran besar mereka sebagai sosok yang sukses membentuk negara masing-masing.

Hokage Kedua - Presiden RI 2

Tobirama Senju - Soeharto © IstimewaTobirama Senju - Soeharto © Istimewa

Sebelum masa kepemimpinannya, Tobirama Senju dan Soeharto ikut andil dalam membantu hokage dan presiden pertama untuk memimpin negara. Seperti diketahui, Soeharto adalah mantan pemimpin Militer pada masa kekuasaan Jepang dan belanda. Tak heran jika Ia memiliki sifat tegas, berani dan berwibawa. Karakteristik serupa juga dimiliki oleh hokage ke-2 dalam serial Naruto, yakni Tobirama Senju. Adik dari Hokage pertama ini punya peranan penting dalam membantu kemakmuran Konohagakure.

Hokage Ketiga - Presiden RI 3

Hiruzen Sarutobi - BJ Habibie © IstimewaHiruzen Sarutobi - BJ Habibie © Istimewa

Hiruzen Sarutobi dan B.J. Habibie sama-sama memiliki fisik yang kecil jika dibandingkan dengan hokage atau presiden lainnya. Nah, meski fisik bukan kekuatan utamanya, dua pemimpin ini sama-sama dikenal sebagai sosok yang sangat jenius.

Hokage Keempat - Presiden RI 4

Minato Namikaze - Gus Dur © IstimewaMinato Namikaze - Gus Dur © Istimewa

Minato Namikaze dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sama-sama memiliki masa jabatan yang pendek sebagai pemimpin. Meskipun begitu, mereka berjasa besar untuk negaranya masing-masing, di mana Minato mengorbankan diri untuk menyegel iblis jahat, Rubah berekor 9 yang mencoba menghancurkan Konohagakure. Di sisi lain, Gus Dur adalah tokoh yang sangat gigih dalam mempertahankan prinsip pluralisme Indonesia serta memperjuangkan perlindungan hak asasi masyarakat sipil dan hak kaum minoritas yang penting dilakukan untuk menjaga eksistensi NKRI.

Hokage Kelima - Presiden RI 5

Tsunade - Megawati Soekarnoputri © IstimewaTsunade - Megawati Soekarnoputri © Istimewa

Tsunade dan Megawati sama-sama pemimpin wanita pertama dari negaranya masing-masing. Uniknya lagi, mereka berdua juga juga sama-sama keturunan langsung dari Hokage dan juga Presiden RI pertama, Senju dan Soekarno.

Hokage Keenam - Presiden RI 6

Hatake Kakashi - Susilo Bambang Yudhoyono © IstimewaHatake Kakashi - Susilo Bambang Yudhoyono © Istimewa

Hatake Kakashi dan SBY adalah pemimpin keenam dari Konohagakure dan juga Indonesia. Mereka sama-sama lahi dari kalangan militer. Kakashi disebut sebagai ninja yang sangat cocok untuk titel hokage ke-6 karena Ia adalah ninja dengan kemampuan yang sangat merata, baik itu kecepatan, kekuatan, kepintaran dalam mengatur strategi, hingga kepemimpinannya. Kriteria serupa juga dimiliki oleh SBY, yang merupakan sosok tegas, pintar, berwibawa dan memiliki aspek kepemimpinan di atas rata-rata.

Hokage Ketujuh - Joko Widodo

Naruto - Jokowi © IstimewaNaruto - Jokowi © Istimewa

Setelah ratusan episode, Naruto akhirnya sukses mewujudkan impiannya sejak kecil, yakni menjadi Hokage. Padahal sejak awal cita-citanya itu selalu dijadikan bahan tertawaan teman-temannya. Hal serupa juga sempat terjadi pada Jokowi, yang diremehkan publik untuk bisa memimpin negara. Namun pada akhirnya, mereka sukses menepis anggapan miring publik dan membuktikan diri untuk bisa berjaya. Terlebih lagi, keduanya adalah sosok yang sangat membumi dan suka menolong yang membutuhkan.

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING