KOREA

Kostum Perawat Seksi Jennie BLACKPINK di MV 'Lovesick Girls' Dikritik, YG Entertainment Buka Suara

Selasa, 06 Oktober 2020 11:45 Penulis: Rahmi Safitri

Jennie BLACKPINK (credit: instagram.com/jennierubyjane)

Kapanlagi.com - BLACKPINK baru saja merilis full album pertama mereka yang bertajuk THE ALBUM dengan lagu andalan Lovesick Girls. MV buat lagu tersebut pun juga sudah dirilis dan mendapat sambutan meriah dari fans BLACKPINK di seluruh dunia.

Sayangnya di balik kesuksesan comeback BLACKPINK kali ini, ada sebuah kritikan pedas yang diberikan oleh netizens dan Persatuan Petugas Kesehatan dan Medis Korea (PPKMK). Hal ini terkait dengan salah satu kostum yang dipakai oleh Jennie di MV.

The scene intended no other purpose, and we feel concerned that this scene has fallen under exaggerated scrutiny. 

 

1. Protes PPKMK

Di salah satu adegan ketika sedang nge-rap, Jennie terlihat memakai kostum suster ketat, rok mini, dengan high heels. Seperti dilansir dari Allkpop, PPKMK menilai kalau adegan Jennie berkostum suster itu menjurus ke arah seksual dan 'jauh dari realita sebenarnya seragam suster'.

PPKMK menambahkan meskipun suster adalah petugas kesehatan dan merupakan profesi medis, banyak orang yang menjadikan meeka sebagai objek seksual karena banyaknya wanita yang bekerja sebagai perawat. Mereka juga mengingatkan publik kalau masih banyak suster yang selama ini mendapat perlakuan buruk dan pelecehan seksual.

"Walau para suster terus memperjuangkan soal ini, YG Entertainment menjadikan mereka sebagai objek seksual di MV BLACKPINK. Situasi menjadi lebih buruk karena pop culture ikut mengubah makna dari seorang perawat. Sekarang saat lagu BLACKPINK berada di puncak tangga lagu global, kami meminta YG Entertainment untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan agar seimbang dengan popularitas dan pengaruh mereka," kata PPKMK.

2. Bikin Tagar

Protes tak cukup sampai di sini saja, banyak netizens termasuk yang mengaku sebagai seorang suster, ikut berpartisipasi dalam kampanye hashtag di media sosial. Tagar yang mereka gunakan antara lain #Stop_Sexualizing_Nurses dan hashtag dalam bahasa Korea yang artinya suster bukanlah kostum.

Setelah mendapat banyak protes terkait kostum Jennie, YG akhirnya buka suara pada Selasa pagi (6/10/2020). Mereka menjelaskan makna dari pakaian yang dikenakan Jennie.

3. Pernyataan YG

Berikut isi pernyataan dari YG:

"Pertama dan terutama, kami ingin menyampaikan rasa hormat yang mendalam buat para perawat profesional yang berjuang di garda depan, selalu merawat para pasien di tempat kerjanya.

Selanjutnya, lagu Lovesick Girls memberikan pertanyaan kenapa orang-orang mencari cinta bahkan setelah terluka dan menderita karenanya. Juga untuk menyampaikan sebuah pesan harapan dalam mengeksplorasi sebuah ide cinta itu sendiri.

Adegan di MV Lovesick Girls menggambarkan seorang suster dan pasien untuk mengekspresikan lirik 'Tidak ada dokter yang bisa membantu saat aku mengalami lovesick (sakit karena cinta)'. Adegan itu tidak ada maksud lain dan kami prihatin karena adegan ini diawasi secara berlebihan.

Kami minta penonton untuk melihat MV ini sebagai bentuk lain dari seni bebas. Kami akan berterima kasih jika penonton bisa mengerti kalau setiap adegan mengekspresikan lirik secara visual, tanpa ada makna lain di baliknya. Walau begitu, staf produksi sedang mempertimbangkan untuk mengedit adegan yang dipertanyakan."

Jadi begitu kata YG. Menurut KLovers sendiri bagaimana?


REKOMENDASI
TRENDING