HOME » KOREA
KOREA

Pengalaman Menyenangkan Penyanyi Asal Brunei Darussalam, Jaz Hayat Rayakan Idul Fitri di Indonesia

Selasa, 10 Mei 2022 16:35 Penulis: Editor KapanLagi.com

dok.Sony Music Indonesia

Kapanlagi.com - Dalam rangka menyambut hari kemenangan setelah kurang lebih berpuasa selama 30 hari, banyak sekali tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai tradisi tersebut membuat penyanyi asal Brunei Darussalam, Jaz Hayat sangat menikmati lebaran di Indonesia.

Jaz mengungkapkan bahwa, rumpun melayu sepertinya memang menanggapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan sangat serius di segala kalangan. Sebagai salah satu negara padat penduduk dengan populasi muslim terbesar di dunia, perayaan hari kemenangan di Indonesia terasa sangat meriah.

Jaz Hayat sendiri saat ini sedang mempersiapkan kejutan untuk para pendengar setianya. Namun ketika ditanya lebih lanjut mengenai detil kejutan-nya, ia mengatakan, "Kita tunggu sama-sama ya kejutan-nya. Takut kalo keduluan keucap nanti ada aja (kendalanya)."

1. Kesamaan di Brunei dan Indonesia

Melalui masa kecilnya di Brunei Darussalam, Jaz dapat merasakan kesamaan antusiasme masyarakat di Brunei dan di Indonesia yang begitu kuat dalam menyambut datangnya Ramadhan dan Idul Fitri. Bahkan ada beberapa tradisi yang serupa dalam merayakan hari kemenangannya.

"Ada beberapa kebiasaan mirip sih dari yang aku lihat saat di Brunei dan di Indonesia, misalnya tradisi beli baju baru, tradisi balik kampong, berziarah dan Halal bihalal. Bahkan kalo di Brunei ada yang open house untuk halal bihalal sampai satu bulan penuh. Memang ada beberapa tradisi yang pingin banget aku lihat jika ada kesempatannya, seperti Grebeg Syawal di Jogjakarta atau Bakar Lemang Bambu di Sumatra," tambahnya.

2. Harapan dan Do'a

Jaz mengungkapkan bahwa, yang membuat perayaan Idul Fitri di Jakarta begitu menyenangkan adalah melihat sendiri jutaan orang bersama-sama merayakan hari kemenangan. Hal tersebut membuat citarasa Ramadhan dan Hari Raya menjadi sangat terasa.

"Makin senang lagi karena tahun ini udah bisa lihat anak-anak main petasan lagi, udah bisa liat bedug ditabuh lagi diberbagai tempat. Semoga keadaan yang makin membaik ini ga lantas disusul oleh urusan cluster covid lagi ya," harap Jaz.

Harapan dan doa Jaz ini tentunya benar-benar datang dari suara hati, karena ia saat ini tengah mempersiapkan kejutan bagi para pendengar setianya. Gimana nih KLovers, ada yang sudah nggak sabar nungguin?

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING