KOREA

Populer Sebagai Gongjin di 'HOMETOWN CHA-CHA-CHA', Ini Deretan Fakta Kota Pohang yang Sekarang Banjir Wisatawan

Rabu, 06 Oktober 2021 17:05 Penulis: Wuri Anggarini

Credit: Instagram/tvn_drama

Kapanlagi.com - HOMETOWN CHA-CHA-CHA memang hanya tinggal menyisakan 4 episode lagi, yang artinya hanya tinggal menghitung hari saja menunggu drakor ini tamat. Biarpun begitu, ternyata popularitasnya terus meroket seiring dengan penayangan episode-episode terbarunya. Nggak hanya alur cerita yang makin seru karena banyak yang penasaran dengan masa lalu Hong Banjang (Kim Seon Ho) dan bagaimana kisah cintanya dengan Yoon Hye Jin (Shin Min Ah). Tapi, lokasi syuting dalam drama ini juga menarik perhatian para KDrama lovers, lho.

Mengambil set di sebuah desa pinggir pantai dengan pemandangan laut yang menakjubkan yang populer dengan nama Gongjin, nyatanya daerah tersebut sebenarnya bernama Pohang yang sekarang ramai dikunjungi wisatawan. Intip fakta menariknya, yuk!

1. Gongjin adalah Kota Fiktif, Syuting Dilakukan di Pohang

Dalam HOMETOWN CHA-CHA-CHA, diceritakan Gongjin adalah kota kecil yang menjadi tempat tinggal Hong Banjang dan menjadi tempat 'pelarian' Yoon Hye Jin untuk membuka klinik gigi sendiri. Namun, Gongjin sebenarnya adalah sebuah kota fiktif yang hanya ada dalam drama tersebut saja.

Gambaran Gongjin diambil di sebuah kota bernama Pohang, salah satu bagian dari Provinsi Gyeongsang Utara. Pohang adalah kota dengan populasi terbesar di provinsi tersebut sekaligus menjadi pelabuhan utama di wilayah tersebut. Jika di dalam drama Gongjin dikenal sebagai kota dengan hasil lautan yang utama seperti cumi-cumi dan ikan, dalam kehidupan nyata Pohang merupakan penghasil produk pertanian dan wine.

 

 

2. Pantai Cantik yang Menjadi Lokasi Pertemuan Pertama Hong Banjang dan Dokter Yoon

Pemandangan pantai nan cantik cukup banyak mendominasi scene dalam drama ini. Mulai dari pertemuan pertama Hong Banjang dengan Hye Jin, sampai menjadi tempat kencan kedua sosok ini ketika sudah jadian.

Pantai yang muncul dalam drama ini adalah Wolpo Beach yang terletak di Desa Wolpo, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang. Sama seperti yang kamu lihat di layar saat menonton drama, pantai ini dikenal memiliki air jernih kebiruan yang menjadi pesona utamanya.

 

 

3. Rumah Asli Penduduk Gongjin

Deretan rumah penduduk Gongjin yang menjadi setting dalam drama ini memang memiliki unsur estetikanya tersendiri. Ternyata, rumah ini memang beneran ada dan merupakan milik penduduk di kota Pohang. Lokasi syutingnya sendiri berada di Seokbyeong Village yang menjadi hunian milik Hong Du Shik, Yoon Hye Jin, hingga Kim Gam Ri yang ada dalam drama.

Karena kini Pohang dibanjiri wisatawan yang datang dari berbagai daerah, tvN sampai memposting sebuah himbauan agar tidak mengunjungi rumah-rumah yang menjadi set lokasi syuting dalam film tersebut, karena merupakan rumah asli milik warga Pohang.

 

 

4. Klinik Gigi Yoon adalah Pusat Kesejahteraan Masyarakat

Setelah pindah ke Gongjin, Yoon Hye Jin memutuskan untuk membangun klinik gigi sendiri. Bangunan berwarna putih yang terlihat rapi di dalamnya ini ternyata juga asset kota Pohang yang disewa tim produksi untuk mendukung jalan cerita HOMETOWN CHA-CHA-CHA.

Dalam kehidupan nyata, Klinik Gigi Yoon dalam drama adalah sebuah pusat kesejahteraan, atau Cheongjin 3-ri Community Welfare Center.
Community Welfare Center ini beroperasi sebagai pusat kesejahteraan komunitas bagi masyarakat di Cheongjin yang juga menjadi gedung serbaguna. Lokasinya sendiri berada di 423-3, Desa Cheongjin, Cheongha-myeon, Distrik Buk, Kota Pohang.

 

 

5. Pohang Sabang Memorial Park

Masih ingat dong dengan kapal di atas bukit milik Hong Du Shik yang ikonik dalam drama tersebut? Ternyata, kapal ini adalah setting dari tim produksi demi mendukung alur cerita drama tersebut. Bukit yang menjadi lokasi tempat kapal tersebut adalah Sabang Memorial Park atau Puncak Mugeunbong yang dibuka pada 2007 lalu.

Tim produksi sudah memberikan konfirmasi bahwa kapal tersebut akan tetap berada di puncak bukit dan bisa dikunjungi para penggemar jika ingin berfoto di sana. Kapal ini juga salah satu destinasi wisata Pohang yang ramai dikunjungi para wisatawan, lho.

 

 

6. Jadi Lokasi Syuting Drakor Lain Juga Lho!

Booming saat menjadi lokasi syuting HOMETOWN CHA-CHA-CHA, sebenarnya Pohang sudah cukup sering dan jadi langganan syuting drakor lainnya. Sebelumnya, WHEN THE CAMELLIA BLOOMS yang dibintangi Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul di tahun 2019 juga mengambil lokasi syuting di kota tersebut.

Pemandangan laut yang indah dan berbagai bangunan ikonik yang ditampilkan dari Pohang menjadi alasan mengapa kota ini sekarang jadi spot wisata favorit. Ingin merencanakan liburan ke Pohang juga, KLovers?

https://www.newshub.id/interactive2/2391

(kpl/wri)

Editor: Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING