HOME » KOREA
KOREA

13 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik dan Menguras Emosi, Wajib Banget Ditonton

Minggu, 03 Juli 2022 15:44

Rekomendasi Anime Studio Ghibli (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Pecinta anime tentu sudah sangat familiar dengan Studio Ghibli yang memiliki sederet karya film anime terbaik dan terpopuler. Sejumlah rekomendasi anime Studio Ghibli menyajikan kisah menyentuh dan menguras emosi.

Studio Ghibli merupakan studio film animasi di Jepang. Di mana studio animasi dari Jepang ini terkenal dengan karya anime yang keren, penuh emosional, sangat imajinatif. Kepopuleran rekomendasi anime Studio Ghibli mengantarkan sejumlah karya berhasil menyabet sejumlah penghargaan.

Jika kalian termasuk penggemar film anime, mungkin saja tidak menyadari ada beberapa anime yang pernah ditonton ternyata produksi Studio Ghibli. Karena itulah di bawah ini ada rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik dan menguras emosi. Penasaran apa saja rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik? Yuk langsung saja cek di sini KLovers.

1. 'EARWIG AND THE WITCH'

EARWIG AND THE WITCH menjadi rekomendasi anime Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 2020. Anime ini bisa dibilang film terbaru yang dirilis Ghibli setelah hampir 6 tahun vakum sejak perilisan karya mereka di tahun 2014. EARWIG AND THE WITCH disutradarai oleh Goro Miyazaki yang diadaptasi dari novel Diana Wynne Jones.

Film anime ini berkisah tentang anak bernama Earwig di panti asuhan. Earwig merupakan anak seorang penyihir. Ia terpaksa menitipkan sang anak lantaran situasi yang tengah kacau di tengah kejaran para penyihir. Bertahun-tahun berlalu, nama Earwig sudah berubah menjadi Eriga Wigg yang kini tumbuh menjadi gadis remaja cantik.

Suatu ketika Earwig harus ikut orang tua asuhnya setelah memutuskan mengadopsi dirinya bersama pasangan penyihir bernama Bella Yaga dan Mandrake. Sayangnya bukan perlakuan manis layaknya orang tua kepada anaknya, melainkan Earwig menghadapi situasi di luar dugaan ketika ia dipekerjakan sebagai pembantu. Earwig yang memiliki darah keturunan sihir, mulai tertarik mempelajari sihirnya sendiri. Di sinilah letak keseruan film EARWIG AND THE WITCH yang bakal bikin kalian nggak bosan. Apalagi EARWIG AND THE WITCH menggunakan animasi 3 dimensi yang Nampak seperti nyata.

2. 'GRAVE OF FIREFLIES'

GRAVE OF FIREFLIES menjadi rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik. GRAVE OF FIREFLIES dirilis tahun 1988 silam. Meskipun GRAVE OF FIREFLIES termasuk film lama, namun anime wajib banget kalian tonton jika termasuk penggemar film animasi dari Studio Ghibli. Apalagi anime ini termasuk karya yang diakui oleh dunia sebagai animasi dari Jepang.

GRAVE OF FIREFLIES berkisah tentang kehidupan adik kakak pasca perang dunia kedua terjadi. Seita dan Setsuko harus berjuang serta bertahan hidup di tengah kejamnya dunia. Keduanya memilih tinggal di goa setelah kerabatnya sendiri tak menginginkan dua saudara itu tinggal di rumahnya. Untuk mengisi perut kosong mereka, terpaksa Seita dan Setsuko mengonsumsi makanan seadanya.

Sampai terkadang keduanya harus mencuri makanan hanya untuk mengisi perut kosong mereka. Suatu ketika Setsuko sakit karena kekurangan gizi. Hal ini membuat Seita terpukul apalagi sang ayah rupanya juga gugur dalam perang. Film GRAVE OF FIREFLIES bakalan bikin kalian merasa tersentuh bahkan menguras emosi melihat perjuangan adik kakak ini bertahan hidup di tengah dunia yang kacau.

3. 'MY NEIGHBOR TOTORO'

Rekomendasi anime Studio Ghibli berikutnya adalah MY NEIGHBOR TOTORO. Anime ini dirilis pertama kali pada tahun 1988 silam. Di sutradarai oleh Hayao Miyazaki, film anime MY NEIGHBOR TOTORO termasuk rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik yang wajib banget kalian tonton.

MY NEIGHBOR TOTORO berkisah tentang persahabatan manusia dengan hewan yang diberi nama Totoro. Namun Totoro ternyata adalah makhluk ajaib. Namun kedua kakak beradik tersebut mengatakan tak pernah takut hantu. Penuh petualangan seru dan menyentuh perasaan. Tertarik nonton MY NEIGHBOR TOTORO? Kalian bisa menyaksikannya melalui saluran Netflix.

4. 'FROM UP ON POPPY HILL'

FROM UP ON POPPY HILL menjadi rekomendasi anime Studio Ghibli yang juga terbaik. FROM UP ON POPPY HILL dirilis pada tahun 2011. Di mana film ini diadaptasi dari serial komik berjudul KOKUNIKOZAKA KARA. Ada banyak penghargaan yang berhasil diraih film anime FROM UP ON POPPY HILL, salah satunya memenangkan kategori Animation Of the Year dari 35th Japan Academy Prize.

Sinopsis FROM UP ON POPPY HILL berkisah tentang romansa anak remaja yang mengambil latar tahun 1960an silam. Kisah cinta yang terbungkus dengan begitu manis dan romantis bakalan bikin kalian baper melihat hubungan dua remaja ini di Poppy Hill. Nggak hanya romantis, kisah cinta Shun dan Umi juga mengalami berbagai persoalan yang mana Poppy Hill adalah saksi hubungan asmara mereka.

5. 'PONYO ON THE CLIFF'

PONYO ON THE CLIFF menjadi rekomendasi anime Studio Ghibli berikutnya yang dirilis pada 2009 silam. Film anime ini di sutradarai oleh Hayao Miyazaki yang menghadirkan kisah menarik seorang anak bernama Ponyo.

Ponyo ternyata adalah anak ikan yang rumahnya berada di laut. Namun ia berkeinginan menjadi manusia. Sampai suatu ketika ia terdampar di pantai dengan bertemu Sousuke. Keduanya lalu bersahabat dekat. Punya ambisi besar jadi manusia, Ponyo akhirnya benar-benar berhasil mewujudkan impiannya dengan meminum obat sihir dari sang ayah. Namun ia menghadapi situasi sulit ketika memutuskan jadi manusia dan mendapatkan kutukan. Mau tahu keseruannya?

6. 'ONLY YESTERDAY'

Rekomendasi anime Studio Ghibli berikutnya adalah ONLY YESTERDAY. Film ini rilis pada tahun 1991 silam. Film ini adaptasi dari manga dengan judul sama karya Hotaru Okamoto dan Yuko Tone. Sedangkan sinopsis ONLY YESTERDAY berkisah tentang Taeko seorang wanita berusia 27 tahun.

Usianya dianggap sudah cocok untuk menikah. Namun ia belum memikirkan hal tersebut. Masa kecil Taeko sendiri juga dihadapi dengan sebuah kekecewaan ketika keinginannya tak disetujui sang ayah. Namun waktu terus berlanjut, dan Taeko menjalani kehidupannya hingga dewasa. Lambat laun rasa kecewa itu mulai ia hadapi dan terhapus. Hingga dirinya memulai pertemuan dengan Toshio seorang pemuda desa. Dalam film anime ONLY YESTERDAY sangat penuh pesan moral yang bisa kalian ambil, di mana peristiwa masa lalu bisa berdampak pada kehidupan masa depan.

7. 'SPIRITED AWAY'

SPIRITED AWAY menjadi rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik berikutnya yang juga populer. Anime ini dirilis pada tahun 2001 silam. Di mana film anime ini juga disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Sinopsis SPIRITED AWAY berkisah tentang Chihiro Ogino yang terjebak di dunia fantasi. Ia banyak menemukan kejadian tidak terduga di dunia fantasi bernama Kami.

Chihiro Ogino berusaha keras untuk kembali ke dunia manusia bersama orang tuanya yang sudah berubah menjadi babi. Film SPIRITED AWAY sangat seru kalian tonton. Apalagi film anime ini berhasil memenangkan banyak penghargaan.

8. WHISPER OF THE HEART

WHISPER OF THE HEART merupakan rekomendasi anime Studio Ghibli yang penuh cerita fantasy dengan bumbu romansa yang ringan. Tokoh dalam anime ini bernama Shizuku Tsukishima, seorang anak SMP yang gemar membaca. Selanjutnya, dia bertemu dengan tokoh bernama Seiji Amasawa. Pertemuan tersebut membuatnya bertekad untuk mencari jati diri.

Mengapa Seiji Amasawa terlihat begitu berpengaruh pada kehidupannya? Nah, kalian akan menemukan jawaban saat menontonnya. Kalian juga akan dimanjakan dengan keindahan imajinasi Shizuku. Pesan di dalamnya membuat anime ini layak untuk direkomendasikan kepada remaja agar lebih semangat dalam menghadapi masa depan.

9. PRINCESS MONONOKE

PRINCESS MONONOKE bisa dikatakan sebagai rekomendasi anime Studio Ghibli yang lebih menantang dari judul sebelumnya. Pasalnya, anime ini memadukan genre action dan fantasi. Wajar jika kalian akan menemukan banyak adegan menegangkan saat menontonnya.

Kalian akan menemukan pertarungan, luka, hingga pertumbahan darah saat menyaksikan perjuangan Pangeran Ashitaka untuk mencari kesembuhan dari kutukan yang menimpanya. Diceritakan bahwa pangeran Ashitaka pergi meninggalkan desanya dan bertemu San atau Putri Mononoke. Dia pun terlibat pertarungan antara warga dan para roh di hutan.

10. THE WIND RISES

THE WIND RISES merupakan anime dengan latar waktu Perang Dunia II. Tokoh utamanya bernama Jiro yang ingin membuat desain pesawat terbang yang kuat dan mumpuni. Karena penuh motivasi untuk mengejar cinta dan cita dalam waktu yang sama, film ini pantas masuk daftar rekomendasi anime Studio Ghibli terbaik kali ini. Tak hanya kisah penuh semangat, kalian juga harus menghadapi adegan yang penuh haru. Ya, Jiro harus kehilangan sang istri saat melakukan perancangan pesawat terbang.

11. KIKI'S DELIVERY SERVICE

Rekomendasi anime Studio Ghibli selanjutnya berjudul KIKI'S DELIVERY SERVICE. Anime ini berkisah tentang seorang penyihir muda bernama Kiki yang menjalankan bisnis delivery service. Bisnis tersebut dijalankan dengan modal sapu terbangnya. Ya, dia mengantarkan kue-kue dari bakery di pinggrian kota.

Diceritakan pula bahwa dia memiliki teman yang merupakan manusia biasa bernama Tombo. Namun, dia mendapatkan masalah karena mulai kehilangan kemampuan terbang. Lalu, apa yang dia lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Daripada penasaran, langsung saja tonton sendiri anime ini!

12. HOWL'S MOVING CASTLE

Selanjutnya, ada rekomendasi anime Studio Ghibli bagi kalian yang suka cerita penuh imajinasi. Anime berjudul HOWL'S MOVING CASTLE ini bercerita tentang tokoh bernama Sophie Hatter, putri tertua dari tiga bersaudara pembuat topi untuk orang-orang di Ingary. Ingary merupakan nama sebuah kota yang penuh dengan kekuatan sihir.

Awalnya, Sophie dan seluruh perempuan muda di kota tersebut tak boleh keluar rumah. Jika melanggar, mereka diancam akan dibawa oleh Howl, penyihir jahat yang memiliki istana berjalan. Akan tetapi, Sophie malah pergi dari rumah dan melakukan petualangan bersama Howl dan istananya. Bagaimana, terdengar seru kan?

13. THE TALE OF THE PRINCESS KAGUYA

Rekomendasi anime Studio Ghibli yang tak kalah bagus selanjutnya berjudul THE TALE OF THE PRINCESS KAGUYA. Tak cuma menawarkan keindahan visual, film ini juga punya alur cerita yang menyentuh hati. Tokoh utamanya sendiri merupakan seorang gadis kecil yang ditemukan dari dalam bambu oleh sepasang suami istri tua pemotong bambu.

Selanjutnya, bayi tersebut tumbuh menjadi gadis cantik yang memikat, tapi juga harus siap menghadapi takdir dan hukuman. Saat menontonnya, kalian akan terbawa suasana yang begitu dramatis.

Itulah beberapa rekomendasi anime Studio Ghibli yang wajib banget kalian tonton. Semoga bisa dijadikan referensi buat kalian KLovers.


REKOMENDASI
TRENDING