HOME » KOREA
KOREA

Rilis Album Bertemakan Gangguan Mental, Ini 5 Fakta Unik Album DPR IAN yang Bernama ‘MITO’

Kamis, 02 September 2021 21:06 Penulis: Editor KapanLagi.com

DPR IAN (Credit: Instagram/dprian)

Kapanlagi.com - DPR IAN yang memiliki nama asli Christian Yu, adalah salah satu personil dari Dream Perfect Regime atau yang biasa dikenal dengan DPR. Sebelum menjadi salah satu bagian dari DPR, DPR IAN sempat tergabung ke dalam salah satu boy group bernama C-CLOWN. Namun, Boy group tersebut akhirnya bubar di tahun 2015.

Setelah bubar, DPR IAN mulai menjadi direktur untuk beberapa video clip dari beberapa boy group dan girl group lain di Korea Selatan. Dengan penghasilan yang terkumpul dari menjadi direktur tersebut, ia gunakan untuk mengembangan DPR. Selama menjadi direktur, DPR IAN selalu bertanggung jawab mengenai visual dari para boy group dan girl group lain tersebut.

DPR sendiri adalah suatu boy group yang memiliki konsep unik di dalamnya. Di dalam boy groupnya sendiri terdapat beberapa musisi yang merupakan musisi multi-genre. DPR selalu membuat, mengkreasikan, mengarahkan, memproduksi, hingga mengedit sendiri hasil-hasil karya mereka. Seperti halnya album terbaru dari DPR IAN yang bernama MITO. Mereka menggarap penuh album tersebut dengan usaha-usaha mereka sendiri. Untuk lebih mengetahui lagi mengenai album baru DPR IAN yang satu ini, yuk simak 5 fakta unik dari album terbaru DPR IAN yang berjudul MITO!

1. Album Unik yang Bertemakan Gangguan Mental

DPR IAN baru saja merilis albumnya yang bertajuk MITO bulan Maret 2021 lalu. MITO sendiri memiliki kepanjangan berupa MOODSWINGS IN THIS ORDER. Tetapi pada DPR IAN sendiri juga membuat plesetan untuk nama album tersebut yaitu kata This Order diganti dengan Disorder

Di dalam lagu-lagu yang ada di dalam album ini, DPR IAN ingin menyampaikan pada para pendengar lagunya bahwa selama ini dia merasa ada sisi di dalam dirinya yang berbeda dengan karakter dia yang selalu tunjukkan di dunia sehari-hari. Ia merasa memiliki dua kepribadian yang berbeda. Dengan album ini, DPR IAN ingin membagikan usahanya dalam melawan bipolar disorder yang ia alami.

 

 

2. MITO Adalah Debut Perdana DPR IAN Dalam Bentuk EP

Album MITO ini adalah debut perdana DPR IAN di dunia musik sebagai solois dalam bentuk EP. Semua proses produksi, DPR IAN mencoba melakukannya sendiri tanpa label dibantu dengan teman-teman personel DPR lain. Ia juga mencoba untuk menuangkan pengalaman-pengalamannya di dalam setiap karya yang ada di dalam album tersebut.

Album ini berisi enam lagu baru dan dua pre-released song pada awal debutnya di bulan Maret. Itulah sebabnya album ini rilis berupa EP tidak dengan format LP. Di hari yang sama dengan perilisan albumnya tersebut, DPR IAN juga mengunggah music video dari salah satu lagunya yang ada di dalam albumnya tersebut, yaitu Nerves. Melalui video musik Nerves ini, kita akan disuguhkan dengan visual artistik dan sinematik yang khas dari DPR IAN.

 

 

3. Luncurkan Video Dokumenter Untuk Jelaskan Isi Album

Selain merilis album dengan berisi pengalaman pribadi dari DPR IAN yang berupaya untuk melawan dan menghadapi bipolar disordernya, ia juga mengunggah video dokumenter berjudul “Memories In Disorder”. Video dokumenter ini bertujuan untuk menjelaskan setiap komponen yang ada di dalam album tersebut, sehingga para penggemar dapat tahu lebih dalam lagi mengenai album yang baru ia rilis tersebut.

Video berdurasi 13 menit 30 detik ini menjelaskan mulai dari makna-makna setiap lagu yang ada di dalam album tersebut, sampai keunikan dari visualisasi serta packaging album ini. Tentunya konsep ini menjadi sangat unik dan cukup berbeda dengan para musisi K-Pop yang lain. Dari video dokumenter ini, kita dapat lebih mengetahui visualisasi khas dari garapan DPR IAN.

 

 

4. Packaging Album yang Tidak Biasa

Selain visual dan lagu-lagu yang ada di dalam album ini yang menarik, album ini juga memiliki hal yang tidak kalah spesial lagi, yaitu pengemasan album yang unik dan tidak biasa. Semua ide dalam pengemasan ini adalah murni dari pemikiran DPR IAN sendiri. Ada beberapa kejutan yang bisa kalian temukan di dalam kemasan yang ada pada album dari DPR IAN ini.

Kejutan-kejutan tersebut seperti kotak kemasan yang digunakan di dalam album tersebut dibakar, maka kemasannya akan berubah dan memunculkan tulisan MITO. Hal ini diungkap oleh DPR IAN sendiri melalui video resmi dokumenter mengenai albumnya yang ia unggah di kanal Youtube DPR. Selain itu, kalian juga dapat menemukan cermin yang sengaja dipecahkan di dalam album fisik dari MITO ini. Hal ini menunjukkan sisi artistik dari seorang DPR IAN.

 

 

5. Menampilkan Beberapa Hal yang Ikonik di Setiap Lagunya, Seperti Ikarus, Monster, dan Sisi Gelap

Di dalam lagu-lagu yang ada di dalam albumnya ini, DPR IAN juga menampilkan beberapa hal yang ikonik seperti monster, burung ikarus, dan nuansa-nuansa sisi gelap. Hal ini tentunya merepresentasikan makna dari lagu yang ingin disampaikan oleh DPR IAN yang ingin menceritakan pengalamannya dalam menghadapi ‘sisi hitam’ di dalam hidupnya. Di dalam albumnya ini, DPR IAN benar-benar membuktikan kepada khalayak umum mengenai kemampuan dia dalam dunia seni dan juga sebagai seorang storyteller. Hal ini dibuktikan dengan pesan di dalam karyanya tersebut yang sangat mendalam.

Itu tadi adalah beberapa fakta unik mengenai album DPR IAN yang berjudul MITO. Sebagai representasi masa kelam di dalam hidupnya, DPR IAN berhasil menangkap dan menuangkan hal-hal yang unik dan menarik melalui karya-karyanya. Kalau kamu suka lagu DPR IAN yang mana nih KLovers?

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING