KOREA

Sedang Liburan Bareng Keluarga di Bali, Jimmy Lin Update Kondisi Terbaru

Selasa, 07 Agustus 2018 22:10 Penulis: Ayu Srikhandi

© Liputan6.com/Ahmad Nitari Darwis

5. Total Gempa Susulan & Korban Jiwa


KapanLagi.com - Gempa berkekuatan 5,6 SR yang mengguncang Lombok pada Minggu (5/8) lalu bukan satu-satunya gempa susulan yang terjadi. Sesuai yang dilaporkan oleh BMKG, hari itu terjadi 230 gempa susulan usai gempa 7 SR yang menjadi inti dari bencana kali ini.

Dari total 230 gempa susulan, setidaknya ada 16 kali gempa yang dirasakan begitu kuat. Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tjatmiko mengatakan, "BMKG memperkirakan gempa bumi susulan masih akan terus terjadi hingga beberapa pekan ke depan."

Dari gempa yang terjadi, laporan BNPB yang terbaru menyebutkan tercatat ada 98 korban jiwa yang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, dan ada ribuan pengungsi yang tersebar di berbagai lokasi. Hingga saat ini perkiraan jumlah korban dan kerusakan akibat gempa akan terus bertambah karena belum semua area diperiksa langsung oleh petugas dan tim SAR gabungan.

Disebutkan pula jika korban jiwa yang paling banyak terdapat di Kabupaten Lombok Utara. Dari total 98 orang, ada 72 korban yang berasa dari sana, sementara itu Lombok Barat mencatat 16 orang, 4 orang dari Kota Mataram, Lombok Timur 2 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Kota Denpasar 2 orang. Sebagian besar korban meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Semoga kondisi lekas membaik dan semuanya selamat dan dalam keadaan yang baik.


(kpl/jje)

Editor: Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING