HOME » KOREA
KOREA

Sudah Tahu Belum? 5 Anime Terbaik Ini Diadaptasi Dari Literatur Barat Lho!

Senin, 13 September 2021 15:19 Penulis: Editor KapanLagi.com

HOWL’S MOVING CASTLE (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Anime biasanya mengadaptasi cerita dari manga maupun light novel Jepang yang populer. Tak jarang juga ada cerita yang digarap secara original oleh perusahaan produksi anime tersebut. Namun, ternyata terdapat anime yang ceritanya mengambil karya-karya dari barat.

Cukup banyak anime movie maupun series yang mengadaptasi cerita literatur barat. Anime-anime yang diadaptasi dari literatur barat ini biasanya mengambil dari karya novel. Cerita yang disuguhkan pun tidak kalah menariknya dengan anime yang diadaptasi dari literatur Jepang.

Berikut adalah anime terbaik yang mengadaptasi novel dari barat yang wajib untuk kamu ikuti. Dengan ceritanya yang seru, sederet anime ini cocok menemani waktu santaimu!

1. HOWL’S MOVING CASTLE (2004)

HOWL’S MOVING CASTLE diadaptasi dari novel karya Diana Wynne Jones dengan judul yang sama. Anime ini berkisah tentang seorang gadis penjual topi bernama Sophie Hatter yang dikutuk oleh seorang penyihir menjadi wanita tua. Kutukan itu juga membuatnya tidak bisa berbicara mengenai kutukannya sehingga Sophie memilih untuk berpetualang.

Dalam petualangannya, Sophie masuk ke dalam sebuah kastil yang bisa bergerak milik penyihir tampan bernama Howl yang memiliki reputasi sebagai pemakan jantung gadis-gadis muda yang cantik. Dari sini, Sophie mengetahui rahasia dan masalah sang penyihir tampan. Sehingga, ia pun ikut membantu Howl dan orang-orang yang terlibat dengannya untuk menyelesaikan masalah mereka.

 

 

 

2. GANKUTSUOU: THE COUNT OF MONTE CRISTO (2004)

GANKUTSUOU: THE COUNT OF MONTE CRISTO adalah anime yang diadaptasi dari novel karya Alexandre Dumas dengan judul THE COUNT OF MONTE CRISTO. Anime ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Edmond Dantes yang mengaku sebagai Count of Monte Cristo untuk membalaskan dendam kepada orang-orang yang mengkhianatinya.

Count menjalin pertemanan dengan bangsawan muda bernama Albert Morcerf dengan tujuan agar ia bisa bergaul dengan kalangan kelas atas di Paris. Albert dengan mudahnya mengenalkan kerabat dan teman-temannya kepada sang count tanpa mengetahui motif di balik pertemanan mereka.

 

 

 

3. THE SECRET WORLD OF ARRIETTY (2010)

THE SECRET WORLD OF ARRIETTY diadaptasi dari novel karya Mary Norton berjudul THE BORROWERS. Anime ini berkisah tentang seorang gadis bernama Arrietty yang berasal dari seorang borrower. Borrower sendiri adalah manusia-manusia yang memiliki ukuran yang sangat kecil.

Arrietty tinggal bersembunyi di rumah seorang nenek tua yang merawat cucunya yang bernama Sho. Sho adalah seorang anak laki-laki yang menderita penyakit jantung. Pada suatu hari, Sho melihat keberadaan Arrietty di rumah neneknya dan mereka pun menjalin persahabatan. Namun, persahabatan antara manusia dengan borrower nampaknya tidak boleh terjadi.

 

 

 

4. WHEN MARNIE WAS THERE (2014)

WHEN MARNIE WAS THERE merupakan anime yang mengadaptasi cerita novel karya Joan G. Robinson dengan judul yang sama. Film ini menceritakan seorang gadis pendiam bernama Anna yang harus pindah ke desa karena penyakitnya. Anna yang tak terbiasa untuk berinteraksi dengan orang lain pun selalu berusaha menjauhi anak-anak desa yang ingin berteman dengannya.

Pada suatu hari, Anna menemukan sebuah rumah bergaya Eropa dan berteman dengan seorang gadis bernama Marnie. Anna mau berteman dengannya karena ia merasa hanya gadis itu lah yang bisa mengerti perasaannya. Namun, orang-orang di sekitar mengatakan bahwa rumah tempat Marnie tinggal sudah lama tidak berpenghuni dan akan segera dihancurkan. Anna pun jadi meragukan eksistensi Marnie.

 

 

 

5. MARY AND THE WITCH’S FLOWER (2017)

MARY AND THE WITCH’S FLOWER mengadaptasi cerita novel karya Mary Stewart yang berjudul  THE LITTLE BROOMSTICK. Anime ini berkisah tentang seorang gadis kecil periang bernama Mary yang pergi ke rumah neneknya untuk menghabiskan liburan musim panasnya. Namun, di sana Mary terus merasa bosan.

Hingga pada suatu hari, Mary mengikuti seekor kucing hitam yang pergi ke hutan. Di dalam hutan itu, ia menemukan bunga biru ajaib yang mengubahnya menjadi seorang penyihir dengan sapu terbangnya. Bersama dengan sapu ajaib itu, Mary melakukan petualangan yang sangat menegangkan dan menyenangkan.

Nah, itulah anime-anime adaptasi literatur barat dengan cerita apik yang sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu luangmu. Mana yang paling membuatmu tertarik?

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

 

REKOMENDASI
TRENDING