LIFESTYLE

10 Tips untuk Power User iPad

Selasa, 09 Agustus 2011 18:13

10 Tips untuk Power User iPad
10 Tips untuk Power User iPad





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Buat Orang Lain Terkesan Melihat Kepiawaian Anda Menggunakan Ipad Dengan Mempelajari Trik-Trik Tablet Berikut

Oleh Lex Friedman

Anda tidak perlu pernah menggunakan sebuah iPad semenjak versi pertamanya mulai dijual pada bulan April 2010 untuk dapat membuat orang lain terkesan dengan kepiawaian Anda menggunakan tablet. Kuasai keterampilan-keterampilan yang dipaparkan di bawah, dan Anda akan dapat meyakinkan siapa saja bahwa Anda seorang pakar iPad, bahkan jika Anda belum pernah memegang satu pun tablet sampai iPad 2 tiba di musim semi ini.

1. PEKERJAKAN TOMBOL-TOMBOL TANDA BACA
Mengetik pada iPad tidak semudah menggunakan keyboard sungguhan ketika Anda ingin mengakses tanda baca yang sering digunakan, yang bahkan tidak tersedia pada layar utama keyboard virtualnya. Satu trik yang tidak banyak diketahui mungkin dapat membantu: Gerakan swipe cepat ke atas pada tombol koma (,) akan langsung memasukkan tanda apostrof; swipe ke atas pada tombol titik (.) akan memasukkan tanda kutip. Jadi cukup satu swipe cepat pada tombol tanda baca tertentu (tanpa perlu men-tap tombol tanda baca .?i23, yang diikuti tap kedua pada tanda baca yang Anda cari).

10 Tips untuk Power User iPad10 Tips untuk Power User iPad

2. TAP DAN TAHAN TOMBOL VIRTUAL
Tombol-tombol virtual lainnya juga memiliki kemampuan spesial. Tekan dan tahan sebuah huruf hidup, misalnya, dan akan muncul sebuah jendela pop-over berisi versi-versi beraksentuasi dari karakter yang terpilih. Sejumlah konsonan, seperti C, S, dan N, juga menawarkan alternatif-alternatif ketika Anda men-tap dan menahan tombol-tombol virtualnya.

Sama seperti di atas, menahan tanda baca dapat menampilkan opsi-opsi tambahan. Tanda penghubung menawarkan em dash dan bullet. Dan lambang dolar menyembunyikan simbol untuk berbagai mata uang.

3. GUNAKAN SHORTCUT-SHORTCUT UMUM
Ketika Anda menghubungkan iPad Anda ke keyboard reguler seperti Apple iPad Keyboard Dock, Anda dapat menggunakan keyboard shortcut yang sama seperti yang sudah Anda kuasai pada Mac. Kombinasi kunci untuk pengeditan teks seperti ►-C, ►-X, dan ►-V untuk Copy, Cut, dan Paste dapat digunakan, demikian pula memilih teks dengan ►-Shift plus tombol-tombol panah. Kombinasi tombol lainnya yang dapat digunakan mencakup, antara lain, Undo dan Redo (►-Z dan Shift-►-Z), dan cursor shortcut alam Emac seperti Control-A, Control-E, dan Control-K.

10 Tips untuk Power User iPad10 Tips untuk Power User iPad

4. PERCAYALAH PADA AUTO CORRECTION
Semakin lambat kecepatan Anda mengetik pada iPad, semakin besar kemungkinan bahwa Anda akan sering menggunakan tombol backspace. Cara termudah untuk menjadi pengetik virtual yang pro adalah dengan membiarkan algoritma autocorrection melakukan tugasnya. Saya sudah cukup sering mempercayai iOS untuk mengoreksi kesalahan pengetikan saya sehingga ketika saya mengetikkan 'Dippieedl', iPad saya tahu bahwa saya sebenarnya ingin memasukkan 'Supposedly'. Jangan terlalu sering memperbaiki salah ketik, dan, ironisnya, kecepatan mengetik Anda di iPad akan meningkat.

5. HINDARI PENUTUPAN APLIKASI
Terkadang Anda ingat bahwa ada sesuatu yang ingin Anda periksa dengan lebih teliti di sebuah app - di saat yang bersamaan ketika Anda menekan tombol Home. Alih-alih membiarkan app tersebut ditutup kemudian mencari ikonnya dan menunggu app tersebut dijalankan kembali, Anda dapat menginstruksikan iPad Anda untuk membatalkan penekanan tombol Home yang tidak diinginkan tadi. Jika Anda menahan tombol Home agak ekstra lama - beberapa detik saja - iPad Anda akan mengurungkan niatnya untuk menutup app yang sedang terbuka.

6. TUTUP APP-APP LATAR
Sejak iOS 4 memperkenalkan multitasking, sebagian app Anda dapat terus berjalan di latar belakang, bahkan setelah Anda menutupnya. Secara umum hal ini tidak banyak mengganggu; iPad dapat mematikan app-app ketika keterbatasan memori mengharuskannya. Tetapi sebagian app - terutama app-app GPS dan VoIP - dapat mengonsumsi memori dan daya baterai cukup banyak jika dibiarkan terbuka terlalu lama. Untuk memastikan bahwa app-app rakus ini tidak membebani baterai, Anda dapat menutup paksa aplikasi-aplikasi tersebut: Double-tap tombol Home untuk memunculkan multitasking bar. Kemudian tekan dan tahan salah satu app sampai semua app mulai bergoyang. Pada multitasking bar, tap lingkaran merah pada semua app yang sedang berjalan dan ingin Anda tutup.

7. TEMUKAN KONTROL PLAYBACK MUSIK
Dengan diperkenalkannya multitasking bar, Apple menjadikan pencarian kontrol playback musik sedikit lebih sukar. Setelah men-double-tap tombol Home, swipe seluruh multitasking bar ke sebelah kanan. Hal ini akan mengungkapkan sejumlah kontrol: tombol-tombol playback (Reverse, Play/ Pause, dan Skip), bersama slider untuk kecerahan dan volume.

8. GUNAKAN PENCARIAN PINTAR
Jika Anda belum pernah menggunakan (atau belum pernah harus menjadi) kalender, audiobook, atau podcast pada iPad, Anda dapat menghapusnya dari hasil pencarian Spotlight. Anda juga dapat menata ulang urutan tampilan hasil pencarian pada Spotlight. Jalankan app Settings, tap General, kemudian tap Spotlight Search. Non-aktifkan kategori-kategori yang tidak ingin Anda ikutkan dalam pencarian, kemudian tap dan drag handle-handle yang berjajar di sebelah kanan untuk menyesuaikan urutan pencarian.

9. ISI DOCK ANDA
iPad-iPad baru hanya menampilkan empat app di Dock. Karena itu, kebanyakan pemilik iPad hanya menempatkan empat app di Dock. Tetapi ternyata, jika Anda ingin, Dock dapat memuat enam app. Yang perlu Anda lakukan untuk menempatkan app-app yang sering Anda akses di Dock hanyalah memindahkannya ke sana: Tekan dan tahan ikon app mana pun sampai app-app-nya mulai bergoyang, kemudian drag app yang ingin Anda pindahkan langsung ke Dock.

10. JALANKAN APP DENGAN CEPAT
Jika Anda memiliki banyak app pada iPad Anda - demikian banyaknya hingga Anda sulit berpindah dari satu home screen ke yang berikutnya - ubah Spotlight menjadi peluncur app virtual. Tap tombol Home untuk memunculkan home screen pertama Anda, kemudian tap atau swipe tombol Home sekali lagi untuk memunculkan Spotlight. Mulailah mengetik huruf-huruf pertama dari app yang ingin Anda jalankan, kemudian tap pada hasil pencarian yang sesuai untuk langsung menjalankan app tersebut. Spotlight akan secara otomatis menampilkan app-app yang sering Anda gunakan di puncak hasil pencarian, yang tentunya sangat berguna.(Macworld/roc)

10 Tips untuk Power User iPad10 Tips untuk Power User iPad

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 40