LIFESTYLE

AC Terminator Inverter - Bebas Nyamuk, Lebih Hemat

Rabu, 10 Agustus 2011 01:13

AC Terminator Inverter - Bebas Nyamuk, Lebih Hemat
AC Terminator Inverter





KapanLagi.com - Sukses dengan produk pendingin udara yang memiliki kemampuan membunuh nyamuk, AC Terminator, LG Electronics Indonesia memperkenalkan varian terbarunya yang kini hadir dengan lebih hemat listrik. Berkat benaman teknologi Inverter yang bekerja memangkas konsumsi listrik, AC Terminator Inverter ini mampu bekerja secara optimal tanpa mematok daya listrik yang tinggi.

Berbeda dengan teknologi Inverter yang umumnya terdapat pada produk pendingin ruangan lainnya, daya yang dibutuhkan oleh AC Terminator Inverter ketika awal pengaktifan relatif lebih rendah. Ini sekaligus mematahkan anggapan jika teknologi Inverter mensyaratkan tarikan listrik yang tinggi ketika pertama kali dinyalakan. "Dengan lebih hemat listrik, LG berharap akan lebih banyak masyarakat dapat menikmati fitur istimewa pembunuh nyamuk tanpa harus khawatir tegangan listrik turun ketika sedang menyalakan AC," ujar Andry Siswandi – Head of Residential AC LG Electronics Indonesia.

LG menawarkan dua varian ukuran untuk AC Terminator Inverter ini untuk memberikan pilihan bagi calon konsumen yang menyesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk kapasitas 1 PK, AC Terminator Inverter membutuhkan kebutuhan listrik sekitar 200 watt – 800 watt ketika AC sudah beberapa saat menyala menyesuaikan beban ruangan. Sedangkan pilihan lainnya, tersedia AC Terminator Inverter 1 ½ PK yang bekerja dengan konsumsi listrik sekitar 200 - 1000 watt.

Terminator sendiri merupakan lini produk pendingin udara LG yang memiliki kemampuan membunuh berbagai jenis nyamuk selain pada fungsi utamanya menyejukkan ruangan. Mengawali debutnya di pasar elektronik Indonesia pada pertengahan tahun 2009, AC Terminator telah mendapatkan pengakuan dari Institut Pertanian Bogor atas kemampuannya dalam membunuh nyamuk, termasuk di dalamnya jenis nyamuk Aedes aegypti yang dikenal sebagai media pembawa virus demam berdarah.

Rahasia keunggulan AC Terminator dalam melindungi pengguna dari ancaman penyakit demam berdarah ini terletak pada pemanfaatan teknologi Gelombang Ultrasonic. Mengaktifkan teknologi ini membuat AC Terminator mampu memancarkan gelombang ultrasonik berkekuatan 30kHz hingga 100kHz. Pancaran gelombang ini secara terus menerus dalam ruangan akan mengakibatkan terganggunya fungsi antena pada nyamuk yang berfungsi sebagai indra penerima rangsang. Nyamuk yang berada dalam ruangan dengan AC Terminator akan merasa tidak nyaman dan terganggu keseimbangannya hingga akhirnya mati.

Dalam AC Terminator Inverter, seluruh kemampuan utama ini berkolaborasi dengan teknologi Inverter yang menjadikannya lebih hemat listrik. Kunci pengembangan teknologi Inverter besutan LG ini merupakan hasil dari kehandalan sirkuit micro processor yang terletak tepat pada kompresornya. Pemanfaatan sirkuit ini memungkinkan mesin pendingin ruangan berteknologi Inverter untuk mengubah jenis arus listrik yang masuk dari arus bolak-balik (Alternation Current) menjadi arus listrik searah (Direct Current) sebagai keluarannya. Ini berbeda dengan skema kerja pada perangkat pendingin ruangan konvensional yang hanya memanfaatkan arus listrik bolak-balik untuk mendinginkan suatu ruangan.

Perubahan jenis arus listrik pada AC Terminator Inverter dari AC menjadi DC inilah yang kemudian menghasilkan kinerja kompresor yang bekerja secara berkelanjutan pada tingkat suhu yang diinginkan. Tanpa adanya teknologi Inverter, umumnya kompresor pada pendingin ruangan konvesional akan berhenti bekerja begitu suhu ruangan yang diinginkan telah terpenuhi. Baru setelah suhu ruangan kembali naik, mesin akan bekerja kembali untuk mendinginkan ruangan. "Proses bekerja dan berhenti pada kompresor secara berkala selama proses pendinginan inilah yang membuat konsumsi listrik AC konvensional lebih besar jika dibandingkan dengan AC berteknologi Inverter," jelas Andry Siswandi.

Kemampuannya dalam menghemat listrik tak lantas membuat AC Terminator Inverter ini menurunkan kemampuannya dalam mendinginkan udara. Bahkan, produk LG terbaru ini memiliki kecepatan pendinginan 15% lebih cepat dibandingkan dengan produk pendingin udara konvensional lainnya.

Cermat dalam Menyaring Udara dan Aman Bagi Lingkungan
Fokus utama LG dalam merancang AC Terminator Inverter ini tak hanya terpaku pada menghemat penggunaan listrik. Lebih dari itu, LG telah pula membenamkan sistem penyaringan yang cermat dalam menyaring udara dalam ruangan.

Secara keseluruhan ada tiga tahapan filterisasi yang terdapat pada sistem penyaringan AC Terminator Inverter yaitu: Pre Filter, Filter Anti Virus dan Plasma Filter.

Pada tahapan awal Pre Filter, udara mulai mengalami penyaringan awal yang meliputi debu dan jamur penyebab bau tak sedap. LG sengaja merancang saringan Pre Filter ini dengan desain yang sederhana untuk memudahkan perawatan dan pembersihan, di mana calon konsumen dapat membersihkannya sendiri di rumah.

Setelah melewati tahapan Pre Filter, udara langsung disaring oleh Filter Anti Virus yang bertugas untuk menon-aktifkan virus berbahaya, termasuk virus H1N1. Sebagai proses akhir, udara akan diurai lebih bersih dengan Plasma Air Purifying System yang ampuh menghilangkan debu mikroskopis, serbuk sari dan bulu binatang yang menyebabkan alergi. Ketiga tahapan penyaringan yang tergabung pada sistem filterisasi AC Terminator Inverter ini menjamin calon konsumen untuk mendapatkan udara yang sejuk sekaligus bersih dan sehat di dalam rumah.

Meski menaruh perhatian lebih pada penjagaan kebersihan udara dan konsumsi listrik yang lebih irit, tak membuat perusahaan lantas mengesampingkan nilai-nilai pelestarian lingkungan. Sebagai bukti nyata, LG telah mengaplikasikan zat pendingin terbaru yang aman bagi lingkungan pada AC Terminator Inverter. Zat pendingin (refrigerant) jenis R410A ini dipilih karena gas jenis ini terbukti tidak mengandung CFC (Cloro Fluoro Carbon) yang menjadi pemicu utama penyebab kebocoran pada lapisan ozon. ”Kami selalu berupaya untuk menciptakan inovasi handal yang memberikan keuntungan lebih bagi para penggunanya sekaligus aman bagi lingkungan,” tambah Andry Siswandi.

Berbagai keunggulan pada AC Terminator Inverter ini tak dipungkiri menjadi bagian dari upaya berkelanjutan vendor asal Korea Selatan ini untuk selalu memuaskan para konsumen setianya dalam menggunakan produk pendingin udara keluaran LG. "Ini bukanlah akhir dari upaya kami untuk terus menelurkan inovasi terkini perangkat pendingin ruangan yang lebih hemat listrik dan memberikan penjagaan yang optimal bagi kesehatan konsumen," tutup Andry Siswandi. (kpl/lge/roc)