LIFESTYLE

ACER Iconia Tab A500, Acer Entering the Tablets Fray

Kamis, 11 Agustus 2011 18:13

ACER Iconia Tab A500, Acer Entering the Tablets Fray
ACER Iconia Tab A500





KapanLagi.com - Gadget Indonesia

Gadget IndonesiaGadget Indonesia

Oleh Niko Radityo

Froyo? Cupcake? Itu semua sudah ketinggalan jaman. Sekarang zamannya tablet berukuran lega dengan sistem operasi Honeycomb, a.k.a. Android 3.x dari Google. Seluruh vendor berlomba-lomba menelurkan tablet terbaru mereka menggunakan Honeycomb, tidak ketinggalan Acer, produsen yang kita kenal dengan laptop-laptopnya yang populer, antara lain seri Ferrari. Mereka sangat gesit dan tidak mau ketinggalan momentum dengan merilis Iconia A500, sebuah tablet berdesain futuristik, layar 10.1 inci LED backlight, dan kamera di depan-belakangnya.

ACER Iconia Tab A500ACER Iconia Tab A500

Desain dan Layar
Iconia A500 mengambil bentuk yang cenderung lebih futuristik dibanding produk pesaingnya di pasaran. Bentuknya streamlined, tanpa ujung-ujung yang runcing, dengan backplate yang dibuat dari brushed metal (alumunium), dengan dihiasi sirip-sirip mirip lubang exhaust pada kokpit kapal tempur modern. Dengan bobot 730 gram, Iconia Tab ini cukup ringan untuk dipegang oleh satu tangan, tapi sedikit lebih tebal dari iPad 2 pada 1.3cm. Lubang yang berada di kanan-kiri panel belakangnya tidak lain adalah tempat diletakkannya dua buah speaker yang disertifikasi dengan Dolby. Acer dikenal dengan produk-produknya yang bersegmentasi value atau 'terjangkau', tapi Iconia benar-benar didesain untuk terlihat sebagai benda yang solid, canggih, dan premium. Satu-satunya elemen yang mungkin perlu ditangani dengan hati-hati ketika dibuka adalah penutup slot microSD yang merupakan latch kecil terbuat dari plastik.

Layar Iconia terlihat jelas dan terang. Walau demikian, di luar ruangan, Iconia agak kesulitan mengimbangi pantulan cahaya matahari karena permukaannya yang glossy dan terlebih lagi, panelnya bukan merupakan jenis IPS sehingga sudut pandang dan tingkat kontras pun masih kalah dibandingkan dengan beberapa tablet lain yang sudah menggunakan IPS. Tapi, untuk di dalam ruangan, serta berbagi hiburan film dengan teman atau anggota keluarga, Iconia A500 mampu menghadirkan gambar yang cukup memuaskan dan reproduksi warna yang baik berkat LED backlight. Kamera yang ada berkemampuan 5 Megapiksel (belakang) plus LED Flash, dan 2 Megapiksel (depan) untuk webcam. Kualitas gambarnya cukup jelas, sehingga sangat bagus di outdoor, dan ada sedikit noise di kondisi pencahayaan temaram.

Multimedia dan Performa
Hal yang paling menonjol dari Acer Iconia adalah suara. Sepasang speaker yang memiliki teknologi Dolby ini cukup bertenaga untuk mendengarkan film dan musik, tanpa membutuhkan speaker eksternal. Biasanya, speaker yang ada pada perangkat mobile memiliki kualitas suara yang terbatas, namun tidak dengan Iconia, karena efek-efek suara yang ada pada trailer HD I AM NUMBER FOUR yang kami ujikan, terdengar jernih dan bassnya terasa, walau tidak sampai berdentum. Ketika Anda mendengarkan melalui headphone, efek surround-nya pun jelas terdengar.

Karena memiliki port mini HDMI, Acer Iconia Tab A500 bisa mengalirkan data video dan suara ke perangkat HD TV Anda di rumah. Selain itu, ada port USB host, yang bisa digunakan layaknya port USB pada laptop, di mana Anda bisa menancapkan flash disk atau hard drive eksternal ke sini, dan file bisa langsung diakses oleh Android. File-file tertentu seperti .doc, .avi, atau beberapa yang lainnya pun dapat langsung dimainkan atau disunting di perangkat ini tanpa membutuhkan bantuan dari komputer lagi.

Performa chip Nvidia Tegra 2 dual-core di dalamnya tentu saja setara dengan chip yang dimiliki oleh Motorola Xoom ataupun juga ASUS eeePad, tapi perbedaannya, Iconia Tab A500 menggunakan 1GB DDR3, bukan DDR2. Hal ini membuat benchmark Quadrant test melambung ke 2300 point, di mana pesaingnya mendapatkan 1850 point maksimal. Sangat memuaskan. Seluruh operasional terasa mulus dan cepat, terutama untuk game sehingga Acer juga menyertakan Tegra Zone, aplikasi di mana Anda bisa membeli game-game HD untuk Tab Anda, yang memaksimalkan penggunaan grafis chip Nvidia dan tampilan HD. Tentu saja, game-game tersebut juga bisa di-streaming ke TV layar 55 inci Anda via HDMI kalau mau. Acer Clear.Fi adalah aplikasi untuk multimedia, foto, dan video, sehingga Anda bisa berbagi dan mengatur media serta dokumen secara nirkabel di jaringan kantor atau rumah. Kalau sudah begini, siapa yang butuh portable game console dan DVD player tambahan?(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS

Wireless:Wi-Fi 802.1 1 b/g/n
Dimensions:260 x 177 x 13.3 mm
Weight:730 grams
Display:LCD Capacitive 10.1 inch 16M colors
Resolution:1024 x 1280 pixels
Input/ User Interface:Multi-Touch, Acer User Interface 4.5, Light Sensor, Gyro Sensor, Accelerometer, Proximity Sensor
System:OS Android 3.0 'Honeycomb', CPU NVIDIA Tegra 2 Dual Core 1 GHz, NVIDIA GeForce GPU, 1GB RAM DDR3
Storage Capacity:Internal Memory 16GB, External Memory micro-SD up to 32GB
Camera:Still - 5 Megapixels - 2592 x 1944 pixels, LED Flash, Auto Focus, Video Recording, Secondary - 2 Megapixels - 1600 x 1200 pixels
Verdict
PlusPlus
:

  • Memory DDR3

  • Dolby Mobile

  • Desain Futuristik


MinusMinus
:

  • Layar non-IPS

  • Ketersediaan versi 3G masih tanda tanya


ACER Iconia Tab A500ACER Iconia Tab A500

"Iconia Tab A500 membawa Android Honeycomb terbaru ke Indonesia dengan harga yang masuk akal dan performa yang sangat baik. Kemampuan multimedianya bisa diandalkan, bahkan kabarnya, network yang didukung sudah termasuk LTE. Tapi, entah mengapa yang masuk ke Indonesia saat ini baru versi Wi-Fi saja sehingga Anda yang menginginkan konektivitas 3G harus bersabar."

Source: Gadget Indonesia, Juli 2011, halaman 54