LIFESTYLE

Aksi Video di iPad

Senin, 15 Agustus 2011 18:13

Aksi Video di iPad
Aksi Video di iPad





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

iMovie 1.2 untuk iOS menampilkan kemampuan edit baru untuk perangkat-perangkat mobile terbaru dari Apple

Oleh Jeff Carlson

Ketika Apple merilis iMovie untuk iPhone 4 tahun lalu, saya gembira sekali karena mendapatkan versi mobile dari iMovie. Tetap saja, sebuah app penyunting video terasa lebih cocok untuk layar iPad yang lebih lebar. Kini, iMovie 1.2 untuk iOS - yang adalah versi paling ramah-pengguna dari editor video besutan Apple ini - membawa penyuntingan video ke iPad 2.

iMovie untuk iOS mengubah fungsi penyuntingan video yang kompleks menjadi mudah dan dapat disentuh. Interaktivitas itu menjadikan proses pengeditan lebih menarik. Dengan menggunakan jari Anda alih-alih mouse yang terpisah, Anda memperoleh kesan yang lebih baik mengenai penyusunan film. Ketika saya dan putri saya yang berusia tiga tahun bersama-sama mengedit sebuah film pendek, dia memilih klip-klip dari jendela Video dengan cara men-tap-nya.

Update ini dapat dijalankan pada iPad 2 (tetapi tidak pada iPad pertama), iPhone 4, dan iPod touch generasi keempat (4G).

MENGEDIT VIDEO
Memang bukan kejutan - mengedit pada layar iPad yang lebih besar lebih baik daripada di layar iPhone yang kecil. Ketika iPad berada dalam orientasi landscape, jendela Video tampil di pojok kiri atas. Tap sebuah klip sumber untuk memilihnya, dan gunakan selection handle berwarna kuning untuk memilih bagian mana dari klip tersebut yang akan digunakan. Ketika Anda men-drag handle tersebut, area Viewer di sebelah kanan menampilkan frame yang terpilih, dan membantu Anda di mana titik sunting berada.

Anda dapat melihat tampilan awal dari sebuah klip dengan cara men-drag-nya ke atas jendela tersebut, tetapi kecepatan tampilannya tergantung pada gerakan jari, dan tidak ada audio. Saya mendapati diri menginginkan dapat melihat prapandang sebuah klip secara real time tanpa harus menambahkannya ke sebuah proyek - misalnya dengan tombol play khusus untuk jendela Video seleksi saat itu.

Mengedit klip-klip dalam timeline-nya sangat mudah dan intuitif: Ketika Anda men-tap sebuah klip, lingkaran selection handle yang berwarna kuning muncul, dan seakan meminta untuk di-drag. Ketika Anda perlu melakukan penyuntingan yang lebih spesifik, pinch ke arah luar secara vertikal pada sebuah ikon transisi untuk membuka Precision Editor, yang memanfaatkan area layar yang besar untuk menunjukkan klip-klip video di sekeliling transisi tersebut dan memungkinkan Anda melihat potongan film yang tidak terpakai dari masing-masing klip, sehingga membantu Anda memilih titik-titik sunting.

Saya cukup lega melihat bahwa Apple tidak menjejalkan antarmuka iMovie yang baru untuk iPad ke dalam versi iMovie 1.2 untuk iOS yang ditujukan untuk iPhone 4 dan iPod touch. Versi-versi tersebut mempertahankan antar muka minimal yang digunakan di versi pertama iMovie. Versi layar kecil ini tidak menawarkan Precision Editor, maupun gelombang audio, tetapi pengalaman penyuntingannya serupa dengan apa yang Anda temukan pada iPad.

MENGEDIT AUDIO
Tersedia tool-tool audio yang lebih ekstensif dalam versi iMovie untuk iOS ini. Kini Anda dapat melihat gelombang audio untuk klip video dan audio.

App ini kini juga memungkinkan beberapa track sekaligus: Satu untuk track video, satu untuk track musik latar, dan tiga track audio latar depan. Juga tersedia library efek suara terbatas. Dan, Anda dapat mengikutkan beberapa lagu latar belakang dengan mematikan opsi Loop Background Music di Project Settings.

Meski tambahan-tambahan ini sangat menggembirakan, saya menginginkan kontrol lebih. Ketika Anda memangkas sebuah klip audio, tidak ada cara untuk mem-fade out titik suntingnya. Anda hanya dapat menyesuaikan volume sebuah klip secara keseluruhan. Track musik latar secara otomatis di-duck (diperhalus) ketika ada audio dalam sebuah klip video, tetapi tidak ada kendali atas tingkat ducking-nya.

Selain itu, iMovie mengasumsikan semua track audio dengan durasi di bawah satu menit adalah audio latar depan, bukan musik latar. Hal itu bisa menjadi masalah jika Anda ingin membuka sebuah video dengan lagu pendek dari library musik iTunes Anda, yang kemudian diikuti lagu yang lebih panjang. Berbeda dengan iMovie versi desktop, Anda tidak dapat menetapkan track musik latar sesuka Anda.

BERBAGI FILM
Di versi iMovie untuk iOS yang sebelumnya, Anda perlu mengirimkan film yang telah diselesaikan kembali ke Camera Roll pada perangkat Anda sebelum diekspor. Kini, Anda dapat mengekspor film langsung ke YouTube, Facebook, Vimeo, dan CNN iReport, selain ke Camera Roll iPad. (Aneh bahwa MobileMe tidak dalam daftar ini; Anda harus mengunggah ke MobileMe via app Photos.) Terdapat opsi untuk HD.

iMovie dapat memutar film pada perangkat-perangkat, seperti Apple TV, yang mendukung AirPlay. Ketika Anda mulai memutar dalam mode layar penuh dan men-tap ikon AirPlay, iMovie membuat sebuah versi dari film tersebut yang kompatibel dengan AirPlay.

Satu lagi opsi yang dimungkinkan oleh iPad 2 adalah penyajian langsung ke sebuah HDTV atau proyektor via HDMI, menggunakan Digital AV Adapter dari Apple. Setelah terhubung, TVnya akan menunjukkan tampilan yang sama seperti apa yang tampil di iPad. Tetapi, men-tap tombol Play Full Screen di halaman Projects tidak menggunakan seluruh TV seperti ketika memutar film dari app Videos. Untuk mendapatkan efek layar penuh, Anda harus men-share film terkait ke Camera Roll, dan memutarnya dari sana.

Satu lagi entri dalam daftar sharing adalah Send Project To iTunes. Hal ini memungkinkan Anda mengekspor sebuah versi dari proyek Anda yang dapat diedit, untuk kemudian dikopikan ke perangkat iOS lainnya - tetapi tidak ke iMovie '11 untuk Mac. Jika Anda melakukan penyuntingan dan ingin mengirimkan proyeknya kembali ke perangkat awalnya, Anda harus menjalankan sebuah proses rumit dan menolerir munculnya duplikat-duplikat dari klip sumbernya.

BERBAGAI KEJENGKELAN KECIL
Apple tidak berusaha mendukung berbagai variasi format video yang mungkin digunakan orang-orang untuk merekam. Rekaman diasumsikan datang dari iPad, iPhone 4, atau 4G iPod touch, (h.264 hingga 72op dan MPEG-4). Punya video AVCHF? Anda akan membutuhkan iMovie untuk Mac.

Setelah kini iMovie mendukung lebih dari satu track audio, saya ingin bisa mengekstrak audio dari sebuah klip video. Dan mengakses lagu dan foto perlu diorganisir lebih baik: Jika Anda menyinkronisasi foto dari iPhoto, misalnya, event, album, smart album, dan Faces akan ditumpuk dalam satu daftar alfabetis. Dan jendela Audio-nya, terutama daftar Songs, benar-benar memerlukan kontrol - untuk beralih dari satu library ke yang lain - dengan shortcut berdasarkan huruf seperti itu yang dijalankan berdampingan dengan daftar Contacts di app FaceTime.

SARAN PEMBELIAN MACWORLD
iMovie 1.2 untuk iOS besutan Apple adalah sebuah app yang ramah pengguna dan mudah digunakan untuk iPad 2, iPhone 4, dan 4G iPod touch, Aplikasi ini benar-benar memanfaatkan layar besar dan memperkuat nilai sebuah app yang memang sedari dulu menyenangkan untuk digunakan dan memungkinkan Anda mengubah klip-klip video menjadi film untuk dibagi-bagikan. Setelah kini app tersebut tersedia di iPad (sayangnya, hanya untuk tablet yang terbaru), saya ingin sesuatu yang lebih. Tetapi, dengan harga hanya $5 (gratis jika sebelumnya Anda pernah membeli versi orisinalnya), iMovie 1.2 untuk iOS adalah app hebat dengan harga menawan.(Macworld/roc)

Jeff Carlson adalah pengarang The iPad 2 Pocket Guide (Peachpit Press, 2011) dan seorang editor senior di TidBits

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 72