LIFESTYLE

AOC i2340Ve LED, Dengan panel IPS dan corak 'Batik'

Sabtu, 27 Agustus 2011 18:13

AOC i2340Ve LED, Dengan panel IPS dan corak 'Batik'
AOC i2340Ve LED





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Oleh Niko Radityo

Monitor komputer adalah produk yang diproduksi oleh AOC, perusahaan yang dahulu disebut Admiral Overseas Corporation. Dalam membuat monitor komputer, produk-produk AOC cukup berani dalam meracik model dan spesifikasi. Walau diproduksi di Cina, tapi produk-produknya sama sekali tidak bisa dikategorikan dalam kelas barang nomor dua. Kali ini, redaksi kedatangan sebuah monitor yang ditujukan untuk pengguna profesional, sama seperti seri iF yang dahulu pernah mampir, i234oVe adalah monitor yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching), jenis panel monitor yang memiliki akurasi warna, sudut pandang, serta kualitas keseluruhan yang lebih baik dibandingkan panel jenis TN (Twisted Nematic) atau PVA (Patterned Vertical Alignment) yang digunakan oleh sebagian besar monitor konsumer.

DESAIN DAN TAMPAK LUAR
Desain adalah faktor yang hendak ditonjolkan oleh AOC dengan mengimplementasikan corak 'batik' di bagian belakang monitor ini. Pola sulur-suluran yang menarik dibuat menjadi relief ke dalam cetakan plastik bodi belakang monitor, yang terlihat bagus dan elegan, dan dengan demikian memberi nilai tambah kepada produk ini, terutama bagi Anda yang menyukai elemen desain yang berukir untuk disesuaikan dengan interior ruang kerja atau kantor. Satu hal yang agak janggal adalah adanya 'lempeng' di sepanjang pinggiran bezel monitor ini yang terbuat dari plastik semi-transparan. Tidak jelek, hanya saja, tidak biasa dan sedikit menyulitkan ketika kami hendak mengangkat monitor ini dengan memegang bezelnya (khawatir akan patah/pecah). Bentuknya juga menjadi sedikit lebih 'besar' dari seharusnya, dan pada masa ini, sebagian besar orang justru mencari model monitor yang agak anoreksia contohnya seri Razor dari AOC yang tebal framenya hanya sekitar 1cm.

SPESIFIKASI DAN UJI
Seperti yang kami katakan, penggunaan panel IPS di monitor AOC bukanlah hal yang baru. Dahulu kami pernah menguji seri iF dan hasilnya sangat memuaskan. Demikian juga kali ini dengan seri i234oVe. Berkat penggunaan panel IPS, warna-warna dihasilkan dengan cerah sekali, akurasinya sangat baik, dan mudah dikalibrasi menggunakan aplikasi kalibrasi internal yang ada di Preferences > Display di Mac OS X. Satu hal yang menarik adalah bahwa warna dan kontrasnya tidak berlebihan, dan sebagian pengguna yang memiliki preferensi saturasi warna serta kontras tinggi mungkin akan memilih produk lain jika dibandingkan bersebelahan. Bagi pengguna profesional, tentu saja warna yang tidak dilebih-lebihkan menjadi pilihan karena akan berdampak pada desain produk yang mereka rancang.

Selain itu, tingkat kecerahan yang terkendali dan warna yang natural juga membuat mata tidak cepat lelah untuk pemakaian berjangka waktu lama. Desain yang mengimplementasikan layar matte, bukan glossy mengkilap juga mengeliminasi pantulan cahaya dari luar dan membuat gambar tampak jelas tanpa distorsi. Sudut pandang maksimum diklaim mencapai 178 derajat, dan pada pengujian kami hal itu terbukti.

Konsumsi daya walau tidak istimewa tapi lumayan baik, sekitar 33.6Watt pada operasional, dan ketika standby hanya memakan 0.3 Watt. Radiasi yang dihasilkan juga sangat rendah, terukur pada 1,97µt.

Kesimpulannya, bagi pengguna profesional dan mereka yang membutuhkan akurasi warna serta tampilan yang tidak memantulkan cahaya, i234oVe LED ini sangat cocok, dan modelnya lebih menarik dari seri iF terdahulu. Namun demikian, beberapa hal mengenai desainnya masih dipertanyakan, karena keseluruhan, ia masih lebih tebal daripada rata-rata LED di pasaran, kemudian frame pinggir transparan yang tipis juga sebenarnya bukan hal yang esensial.(Macworld/roc)

Spesifikasi

Rating:4
Ukuran Layar:23"
Pixel Pitch:0,265 (H) x 0,265 (V) mm
Brightness:250 cd / m2
Rasio Kontras (khas):20000000:1 (DCR)
Respon Waktu (khas):6ms
Viewing Angle:178/178 (CR ≥ 10)
Scan Frekuensi:H: 30K ~ 83KHZ | V: 56 ~ 75Hz
Pixel Frekuensi:148.5MHz
Fitur Resolusi:1920 x 1080 @ 60Hz
Sinyal Input:RGB Analog dan DVI-D
Konektor input:15-pin D-Sub, DVI 24-pin
Konsumsi Daya:Power On: <35W (umum), Standby: 1W <
Berat (Bersih/ Kotor):3.8Kg/6 6Kg
Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 28