LIFESTYLE

AXIOO Neon HNM, Superfast Processor Inside, Affordable Outside

Jum'at, 05 Agustus 2011 18:13

AXIOO Neon HNM, Superfast Processor Inside, Affordable Outside
AXIOO Neon HNM





KapanLagi.com - Gadget Indonesia

Gadget IndonesiaGadget Indonesia

Oleh Niko Radityo

Berbicara mengenai merek AXIOO, produsen dalam negeri ini cukup piawai dalam mengolah hardware menjadi laptop yang apik dan berkinerja baik. Faktor yang biasanya disematkan kepada produk AXIOO adalah 'value' yang artinya mengedepankan faktor terjangkau dibandingkan kinerja ekstrim.

Kali ini, AXIOO menanamkan prosesor terbaru generasi Sandy Bridge dari Intel, yaitu Core i7 2630QM, berkecepatan 2.0GHz, empat core dengan Hyper-Threading, yang bisa memproses total delapan (8) thread sekaligus, dan bisa memanfaatkan TurboBoost 2.0, sehingga kecepatan yang bisa dicapai ketika TurboBoost aktif adalah 2.2Ghz. Model yang kami terima untuk uji dilengkapi dengan DDR3 berkapasitas 4GB (dua keping), dan bisa ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan. Prosesor i7 seri QM sendiri biasanya digunakan pada laptop profesional dan gaming, dengan harga yang mencapai angka belasan juta rupiah, sedangkan Neon HNM hanya berada di kisaran Rp. 7 jutaan saja. Apakah tingkat kinerja yang diberikan sesuai dengan harganya? Kita coba lihat lebih mendetail.

Performa Quad-Core
Tidak bisa disangkal, Sandy Bridge adalah generasi prosesor Intel yang berlari jauh di atas generasi sebelumnya. Dengan digunakannya Intel i7 2630QM, performa Windows 7 Ultimate 64-bit yang ter-install di dalam laptop ini terasa gesit, dan tidak ada waktu tunda/ delay ketika kami menjalankan aplikasi demi aplikasi. Waktu untuk boot-up hanya memerlukan kurang dari 25 detik! Bagaimana dengan kinerja grafis dan 3D nya? Sandy Bridge memiliki chip grafis yang disertakan dalam prosesornya, disebut Intel HD Graphics 3000. Chip ini diatur melalui BIOS pada memori minimal 128MB, maksimal 1,2GB, dan akan mengambil sebagian memori RAM. Walau berupa grafis onboard, kinerjanya tidak memalukan. Karena sudah mendukung fitur-fitur DirectX 10.1, AXIOO HNM bisa melampaui tes-tes 3Dmark06 dan 3Dmark Vantage dengan sukses.

Multimedia Dan Kesimpulan
Dibalut warna hitam glossy dan bentuk yang konvensional, sebagian orang tidak akan menyangka bahwa otaknya adalah Core i7 2630QM. Ada USB 2.0 port sebanyak 2 buah, USB 2.0+eSATA hybrid 1 buah di kanan, ada port VGA display dan HDMI 1.3, dan drive optik DVDRW. Dari semua kelebihannya itu, yang disayangkan adalah tidak adanya USB 3.0, dan kualitas suara yang dihasilkan pun tidak menonjol.

Lantas siapa pasar yang dituju oleh AXIOO? Anda yang menggunakan software grafis serta rendering yang high-end, multitasker, serta pengkoleksi media HD pun akan cukup puas dengan hardware yang ada di Neon HNM ini.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS

Prosesor:Intel Core 17 2630QM, 2.0GHz, 6MB Cache
Chipset:Intel HM65 Express Chipset, Intel HD Graphics 3000
RAM:4GB DDR3
HDD:750GB SATA II
Screen:4", 1366x768 piksel
Output:USB 2.0, Gigabit Ethernet, eSATA Combo, HDMI, card reader, HD audio
Fitur:SRS Audio enhancement, Wi-Fi, DVDRW Super Multi, Bluetooth 3.0 + EDR, Webcam 1.3Mpix
Baterai:6 cells, 417 menit standby
Verdict
PlusPlus
:

  • Core i7 2630QM

  • HDD lega 750GB

  • Terjangkau


MinusMinus
:

  • Kinerja game seadanya

  • Model 'biasa' saja


AXIOO Neon HNMAXIOO Neon HNM

Editor Says
"Laptop Neon HNM ini unggul untuk kinerja yang 'raw power-centric', artinya fokus ke prosesor dan RAM, misal untuk rendering, multitasking, dan lain sebagainya. Anda yang membutuhkan laptop untuk kerja profesional, laptop ini cocok karena harganya yang sangat bersaing. Tapi sebagai bahan pertimbangan untuk pengguna enthusiast, hardware pendukung lain seperti chip grafis dan konektivitasnya agak membatasi kemampuan multimedia serta gaming."

Source: Gadget Indonesia, Juli 2011, halaman 62