LIFESTYLE

BENQ DC E1260, Kamera Untuk Keindahan

Minggu, 21 Agustus 2011 18:13

BENQ DC E1260, Kamera Untuk Keindahan
BENQ DC E1260





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Oleh Andy Octa

Bagi Anda pecinta segala macam bentuk keindahan, tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikannya dengan menggunakan perangkat kamera yang dimiliki. Namun apa daya bila ukuran kamera yang dimiliki terbilang cukup besar sehingga kerap kali menyulitkan Anda untuk bergerak dengan lincah. Kenapa Anda tidak menggunakan kamera saku saja?

Ketika mendengar kata 'kamera saku' pasti yang ada di benak Anda ialah minimnya fitur yang ada di dalamnya ataupun kurang puas terhadap hasil fotonya. Namun percayakah Anda Benq telah mengeluarkan kamera saku digital yang memiliki beragam fitur canggih di dalamnya. Adalah seri DC E1260 yang merupakan kamera saku yang dibekali dengan teknologi tinggi, dan salah satunya adalah HDR. Pasti Anda heran,s karena pada umumnya HDR 'hanya' bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi gambar, seperti Photoshop. Agar semakin tidak penasaran, berikut adalah ulasan lebih lengkapnya.

LIGHT AND STYLISH
Ketika dipegang untuk pertama kalinya, kami terkesima dengan bobot kamera ini. Kamera DC E1260 terasa cukup ringan (100gr) meskipun baterainya sudah terpasang. Hal ini yang membuat kamera ini mudah untuk dibawa ke mana saja. Terlebih lagi dengan dimensinya yang cukup kecil (91,6 X57.8 x16,6 mm), semakin memudahkan kamera ini untuk disimpan di mana saja, termasuk di dalam saku pakaian Anda.

Dari segi pemilihan materialnya, Benq memilih untuk menggunakan bahan brushed aluminium untuk menambah nilai estetikanya. Ditambah lagi dengan aksen krom yang berada di bagian sampingnya, semakin menambah kesan elegan pada kamera ini sehingga penampilannya jauh dari kesan kamera murahan. Penempatan tombol pengaturannya terbilang cukup terjangkau oleh para penggunanya, dan mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

GREAT PERFORMANCE
Meskipun DC E1260 termasuk kamera saku digital, namun Benq menyematkan beragam fitur menarik di dalamnya. Kami pun dibuat penasaran dengan kemampuan kamera ini. Ketika pertama kali dinyalakan, kamera ini memiliki loading time yang cukup cepat. Kami mulai menjelajahi menu-menu yang ada di dalam kamera ini. Begitu membuka tombol Menu, kami dihadapkan dengan berbagai menu yang ada di dalamnya. Shooting mode adalah menu pertama yang dicoba. Ada 32 mode yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keadaan lingkungan di sekitar, seperti auto mode, smart scene, program, manual, smile catch, blink detector, backlight, night portrait, self portrait, HDR, fireworks, beauty enhancer, dan masih banyak lagi.

Saatnya untuk mencoba berbagai macam shooting mode yang ada di dalamnya. Mode smile catch tampaknya menjadi andalan semua kamera saku maupun kamera ponsel lainnya. Ketika fitur ini kami aktifkan, mode smile catch terlihat di layar, begitu kami membidik objek orang yang sedang tersenyum sensornya dapat langsung bekerja dan menjepret seketika tanpa harus menekan tombol shutter.

Selain itu, kami tertarik untuk menjajal fitur self portrait. Rupanya fitur ini menggunakan timer sehingga Anda dapat berpose terlebih dahulu sebelum mengambil gambar. Lampu LED yang ada di bagian depan akan berkedip-kedip ketika timer telah berjalan, dan tunggu beberapa saat kamera akan langsung mengambil gambar. Puas menjalankan fitur self portrait, kami tertarik untuk menggunakan mode manual. Bagi Anda yang pernah menggunakan kamera DSLR, pasti sudah tidak asing lagi dengan pengaturan aperture, diafragma, maupun ISO yang ada di mode ini.

Fitur HDR (High Dynamic Range) memang kurang lazim ditemukan pada kamera digital pada umumnya. Namun pada kenyataannya Benq membenamkan fitur HDR ke dalam DC E1260. HDR biasa digunakan untuk mencerahkan warna serta mendapatkan detil yang jelas pada foreground dan background foto. Kini, fitur tersebut dapat digunakan cukup dengan memilih menu mode yang ada di dalam kamera ini. Tidak hanya itu saja, kamera ini bisa digunakan untuk merekam gambar bergerak atau video dengan resolusi yang cukup tinggi, yakni 720p.

FEATURES
Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan, kamera ini masih memiliki keunggulan lainnya, seperti smart file management. Melalui smart file management, Anda dapat mengatur semua hasil foto yang tersimpan di dalam kartu memori berdasarkan urutan tanggalnya. Sehingga Anda dapat mencari foto dengan mudah dan cepat. Tidak berhenti sampai di situ saja, karena Benq membenamkan G-Sensor yang memungkinkan Anda untuk melihat foto dalam kondisi landscape maupun portrait dengan mengubah kamera ke posisi vertikal maupun horisontal. Bahkan Anda cukup men-shake kamera untuk menggeser-geser foto.(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 33