LIFESTYLE

Cara Cepat (dan Mudah) untuk Mentransfer File

Sabtu, 13 Agustus 2011 18:13

Cara Cepat (dan Mudah) untuk Mentransfer File
Transfer File





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Pindahkan file-file Anda dan sini ke sana tanpa repot

Oleh Kirk Mcelhearn

Jika Anda memiliki dua Mac - misalnya, satu desktop dan satu laptop - Anda mungkin sering perlu mentransfer file dari yang satu ke yang lainnya sambil bersiap berangkat ke kantor atau kampus. Berikut adalah sembilan cara untuk mentransfer file dari satu Mac ke yang lainnya.

COBA GUNAKAN E-MAIL
Cara pertama, dan termudah, untuk mengirimkan file adalah melalui e-mail. Cara ini mungkin berlaku untuk sebagian besar file yang perlu Anda kirimkan ke orang lain, dan bahkan dapat berguna untuk mentransfer file ke Mac lain yang Anda miliki. Cukup tambahkan attachment pada pesan e-mail Anda kemudian kirimkan. Jika Anda memiliki akun IMAP, kirimkan file ke diri Anda sendiri, dan file itu akan muncul di inbox Anda pada kedua Mac.

Mentransfer FileMentransfer File
Mentransfer File

GUNAKAN FILE SHARING
Pada kedua Mac Anda, buka System Preferences, klik Sharing, kemudian pilih File Sharing di jendela kiri. Buka sebuah jendela Finder di salah satu Mac, dan seharusnya Mac yang satunya terlihat di bagian Shared di sidebar Finder. Klik pada nama komputer tersebut dan masukkan username beserta password-nya (jika Anda memiliki akun pada kedua Mac), atau masuklah sebagai guest. Kini Anda dapat menempatkan file-file di folder Drop Box di dalam folder Public salah satu pengguna. Tidak ada batasan ukuran, tetapi untuk file-file yang sangat besar, proses copy-nya mungkin akan memakan waktu tergantung kecepatan jaringan Anda.

GUNAKAN SEBUAH SHARED DISK
Jika Anda memiliki sebuah base station AirPort Extreme atau Time Capsule dari Apple, Anda dapat menghubungkan sebuah hard disk ke port USB perangkat-perangkat tersebut. Konfigurasikan Extreme atau Time Capsule Anda sebagai sebuah shared disk di AirPort Utility (di folder /Applications/ Utilities), dan Anda akan dapat melihatnya di bagian Shared pada sidebar Finder. Copy-kan file mana saja yang Anda inginkan ke disk tersebut - Anda sebaiknya membuat folder-folder yang berbeda untuk masing-masing pengguna, jika memiliki lebih dari satu akun - dan pengguna-pengguna lain dapat mengambil file-file tersebut kapan pun mereka mau; tidak seperti file sharing, tidak semua komputer terkait harus dalam keadaan menyala.

GUNAKAN ICHAT FILE TRANSFER
Jika kedua Mac dapat menggunakan iChat dari Apple, cari nama orang yang dituju di iChat Buddy List Anda, kemudian drag file atau folder yang diinginkan ke namanya. Orang yang dituju harus mengklik untuk menerima transfernya; file terkait akan segera terkirim ke Mac satunya. Jika Anda ingin mengirimkan sebuah file ke seseorang di rumah atau kantor Anda, dan pengguna atau Mac satunya itu tidak memiliki akun iChat, pastikan bahwa Bonjour diaktifkan di preferensi Accounts di iChat pada kedua Mac. Setelah diaktifkan, tampilkan daftar pengguna-pengguna yang tersedia dengan memilih Window > Bonjour List, kemudian drag sebuah file ke nama pengguna tersebut.

SINKRONISASI DENGAN DROPBOX
Jika Anda sering bekerja menggunakan dua Mac, dapatkan akun Dropbox gratis dan sinkronisasikan Dropbox Anda di antara kedua komputer tersebut. Tempatkan file-file yang akan Anda butuhkan di perjalanan pada folder Dropbox Anda di Mac desktop Anda, dan Anda akan menemukannya di folder Dropbox pada laptop Anda. Selain itu, Anda dapat mengakses file yang sama dari situs Web Dropbox jika dibutuhkan.

KIRIMKAN FILE KE ORANG LAIN VIA DROPBOX
Dropbox memudahkan sinkronisasi file antar-Mac Anda, tetapi menggunakan layanan tersebut untuk mentransfer file ke teman atau kolega Anda sama mudahnya. Lihatlah ke dalam folder Dropbox Anda dan temukan folder Public. Masukkan sebuah file ke dalam folder tersebut, kemudian Control-klik (atau klik-kanan) pada file tersebut dan pilih Dropbox > Copy Public Link. Setelah file tersebut disinkronisasikan ke server Dropbox, Anda dapat mengirimkan tautan yang Anda copy ke siapa saja agar mereka dapat men-download salinan file tersebut.

GUNAKAN SHARING MOBILEME
Jika Anda memiliki akun MobileMe (www.me.com), Anda dapat menempatkan file-file pada iDisk Anda, baik melalui Finder atau via antarmuka Web. Kemudian, akses iDisk tersebut dengan memilih Finder > Go > iDisk. Dari menu ini, pilih My iDisk jika Anda mengakses iDisk Anda sendiri pada sebuah Mac lain, atau pilih Other User's Public Folder jika Anda mengakses file pada iDisk milik pengguna lain.

Atau, Anda dapat menggunakan situs Web Mobile Me. Lakukan sign in kemudian tambahkan file-file atau cari file yang sudah Anda tempatkan di folder Public Anda. Klik pada sebuah file untuk memilihnya, kemudian klik pada Share File. Anda dapat mengirimkan e-mail langsung atau mendapatkan tautan publik untuk dikirim. MobileMe memberlakukan batasan lGB per file.

Mentransfer FileMentransfer File
Mentransfer File

Tips bonus jika Anda tidak memiliki MobileMe - atau jika Anda harus mengirimkan file yang melampaui batasan MobileMe - Anda dapat menggunakan layanan web lainnya seperti YouSendlt (www.yousendit.com). Akun YouSendlt gratis memungkinkan Anda berbagi file dengan ukuran hingga 100MB. Anda dapat meng-upload file-nya via antarmuka web YouSendlt, dan kemudian mengirimkan pesan-pesan e-mail berisi tautan ke penerimanya, yang akan dapat men-download file-file tersebut.

MEMBAKAR CD ATAU DVD
Ada banyak file? Mengirimkannya dengan cara kuno mungkin adalah pilihan terbaik. Bakar sebuah CD atau DVD dengan file-file tersebut kemudian kirimkan via pos atau serahkan langsung ke orang-orang yang membutuhkannya, Di Finder, pilih File > New Burn Folder.

Drag file-file Anda ke dalam folder tersebut kemudian klik Burn. Metode ini tidak berguna dalam hal meng-copy file ke Mac lain yang Anda miliki, tetapi bisa menjadi opsi yang baik untuk memberikan file-file yang sama ke beberapa orang sekaligus; Anda tinggal membakar lebih dari satu salinan.

GUNAKAN SNEAKERNET
Jika semua metode lainnya gagal, atau jika Anda memiliki teramat banyak file yang harus ditransfer, metode sneakernet - menggunakan hard disk eksternal, atau thumb drive - mungkin adalah solusi terbaik. Hubungkan disk-nya ke salah satu Mac, copy-kan file-file ke dalamnya, kemudian lepaskan dan hubungkan ke Mac satunya. Jika Anda hendak meng-copy, katakanlah, file-file musik atau video berukuran puluhan gigabyte dari satu Mac ke yang lainnya, cara ini mungkin adalah yang tercepat.(Macworld/roc)

Kontributor Senior Kirk McElhearn tidak sekedar menulis mengenai Mac di blog-nya, Kirkville (www.mcelhearn.com)

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 68