LIFESTYLE

Cara Mudah Menggunakan Label di Pages

Kamis, 04 Agustus 2011 10:13

Cara Mudah Menggunakan Label di Pages
Pages '09





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Buat Template Anda Sendiri Untuk Ukuran Label Apa Pun Menggunakan Program Page Layout Dari Apple

Oleh Jeffery Battersby

Satu keluhan yang terkadang Anda dengar mengenai Pages '09, aplikasi pemroses kata dan penyusun halaman yang selebihnya sempurna itu, adalah bahwa tidak banyak dukungan untuk mencetak label. Tetapi meski benar bahwa Pages tidak disediakan dengan template label bawaan, menggunakan program tersebut untuk membuat dan menggunakan label-label standar sebenarnya cukup mudah.

Label di PagesLabel di Pages

LANGKAH 1. CARI TEMPLATE YANG SUDAH ADA
Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat mengunduh banyak sekali template Microsoft Word untuk tipe-tipe label paling umum langsung dari Avery Label Website. Anda kemudian dapat membuka sebuah template Word di Pages, tetapi Anda seringkali akan perlu menyesuaikan sedikit ukuran-ukurannya agar template tersebut dapat digunakan. (Jika Anda akan melakukan hal ini, lanjutkan ke langkah 6.)

Tetapi seringkali Anda akan menemukan bahwa tidak ada template yang dapat diunduh untuk label yang ingin Anda gunakan. Di saat seperti itu, Anda perlu membuat label dari nol.

LANGKAH 2. TETAPKAN UKURANNYA
Untuk keperluan latihan kali ini, kita akan menggunakan dimensi sisipan label untuk pembagi yang disediakan bersama folder-folder ber-tab merek Big Tabs 8 dari Staples, tetapi Anda dapat menggantinya dengan angka apapun yang Anda butuhkan untuk label-label yang ingin Anda gunakan.

Cari informasi ukuran di dalam paket tersebut. Umumnya, Anda akan melihat sesuatu yang mirip dengan apa yang kami temukan pada paket Big Tabs 8.

Label di PagesLabel di Pages

LANGKAH 3. BUKA DOKUMEN BARU
Untuk membuat template Anda sendiri, jalankan Pages dan buka sebuah dokumen pemrosesan kata kosong yang baru.

Setelah dokumen kosong itu muncul, buka dua inspector dengan memilih Show > Inspector dan kemudian View > New Inspector. Atur yang pertama agar menampilkan setting dokumen dan yang satunya lagi untuk menampilkan setting tabel.

LANGKAH 4. TETAPKAN MARGINNYA
Gunakan inspector dokumen untuk melakukan perubahan pada susunan dokumen menurut informasi dari ukuran yang Anda temukan. Pastikan bahwa Anda menghapus centang pada checkbox Headers dan Footers karena header maupun footer akan membatasi area yang bisa dicetak pada halaman terkait.

LANGKAH 5. BUAT SEBUAH TABEL
Berikutnya, tambahkan sebuah tabel baru pada dokumen itu dengan mengklik tombol Table pada toolbar. (atau Anda dapat menambahkan tabel dengan cara memilih Insert > Table.) Dalam konfigurasi standar, Pages akan menyisipkan sebuah tabel tiga baris tiga kolom, dengan satu baris header. Anda harus mengganti setting ini di inspector Table.

Pilih tabelnya dan kemudian, di dalam inspector, ganti baris dan kolom badan tabel untuk menyamai label yang kita gunakan - 20 baris dan 2 kolom. (Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari field Number Across dan Number Down pada paket Big Tabs 8.)

Selanjutnya, klik pada masing-masing tombol di bagian Header & Footer dan pilih nol. Berikutnya, Anda dapat mengubah tinggi baris menjadi 0,5 inci dan lebar kolom menjadi 1,5 inci. Tetapi, ketika Anda mencoba mengubah lebar kolom, field tersebut hanya akan mengizinkan Anda mengubah angkanya ke 1,49.

Label di PagesLabel di Pages

LANGKAH 6. BUAT PENYESUAIAN YANG DIPERLUKAN
Anda pasti memperhatikan bahwa meskipun kita memasukkan informasi dengan tepat seperti yang tertera pada ukuran label paket tersebut, label kita tidak pas menempati satu halaman.

Anda perlu mengubah margin bagian bawah menjadi 0,4 inci pada Document Inspector (bukan pada table inspector).

Berikutnya, print template dengan garis tabel masih terlihat dan menghadap sumber cahaya di belakang salah satu label anda agar dapat membandingkan garis pada template anda dengan garis yang terdapat pada label.

LANGKAH 7. BERSIHKAN TEMPLATE DAN CETAK LABEL ANDA
Saat penyesuaian selesai, gunakan Table Inspector untuk menghilangkan semua batas garis dari tabel Anda. Pertama-tama, pilih tabel Anda (salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan control-click pada tabel dan pilih select all). Lalu pilih None dari menu cell border pada Table Inspector.

Saat Anda telah puas, simpan dokumen Anda sebagai sebuah page template agar dapat Anda gunakan di masa yang akan datang (File > Save As Template). Sekarang Anda telah siap untuk mencetak label Anda sendiri untuk digunakan sehari-hari.(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juni 2011, halaman 64