LIFESTYLE

Dari PDF ke iBooks

Sabtu, 20 Agustus 2011 18:13

Dari PDF ke iBooks
Dari PDF ke iBooks





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Gunakan workflow Automator ini untuk dengan mudah memindahkan PDF ke iPhone atau iPad Anda

Oleh Lex Friedman

Dengan workflow Automator yang mudah disusun ini, Anda dapat memindahkan PDF langsung ke Preview besutan Apple ke iPad, iPhone, atau i Pod touch tersambung.

KONFIGURASI
Jalankan versi Automator yang ada pada Snow Leopard (di folder/Applications/Utilities), dan di lembar template yang ditampilkan, pilih Print Plugin kemudian Choose. Di workflow yang dihasilkan, tambahkan urutan aksi berikut: Rename Finder Items dan Open Finder Items, dan kemudian Update iPod.

Pada aksi Rename Finder Items, pilih Name Single Item dari menu popup yang pertama, klik tombol Options, masukkan untitled di field Name, dan aktifkan opsi Show This Action When The Workflow Runs. Nama aksi ini akan berubah menjadi Name Single Item In Finder Item Names. Pada aksi Open Finder Items, klik pada menu pop-up Open With kemudian pilih iTunes dari daftar aplikasi. Simpan (File > Save) dan beri nama pada workflow Anda.

COBA
Kini, hubungkan perangkat iOS Anda ke Mac Anda dan jalankan iTunes. Pilih perangkatnya di daftar Source pada iTunes kemudian klik tab Books di bagian atas jendela itu. Pastikan bahwa Sync Books diaktifkan dan bahwa opsi All Books juga aktif. (Jika Anda memilih Selected Books, workflow ini tidak dapat dijalankan.)

Buka sebuah file PDF di Preview kemudian pilih File > Print. Di kotak dialog Print yang muncul, klik pada menu pop-up PDF di bagian bawah. Dari menu tersebut pilih workflow yang baru saja Anda buat. Akan muncul sebuah jendela Rename Finder Items, di mana Anda akan diminta mengisi nama untuk PDF tersebut. Setelah memasukkan sebuah nama di field Name, klik tombol Continue. Workflow tadi akan menjalankan iTunes, jika belum, kemudian menambahkan file PDF terkait ke area Books pada iTunes. Kemudian akan dilakukan sinkronisasi terhadap perangkat iOS Anda yang terhubung dan peng-copy-an PDF tadi ke perangkat tersebut.

PERINGATAN DAN CATATAN
Jika Anda menghapus sebuah e-book atau file PDF langsung pada perangkat iOS Anda kemudian menyinkronkannya, opsi Sync Books pada tab Books di iTunes akan berubah dari All Books ke Selected Books. Jika hal ini terjadi workflow Anda tidak dapat dijalankan lagi karena file PDF yang telah Anda 'kirimkan' dari Preview tidak termasuk di antara buku-buku yang Anda pilih di iTunes. Agar dapat dijalankan lagi, Anda harus mengaktifkan opsi All Books dan mengklik tombol Apply di bagian bawah jendela iTunes.

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 71 (Macworld/roc)