LIFESTYLE

Demi Kenyamanan Pelanggan, Indosat Gelar Drive Test Berkala

Selasa, 24 April 2012 10:08

Demi Kenyamanan Pelanggan, Indosat Gelar Drive Test Berkala
Indosat Drive Test Foto: Binta Nadhila





KapanLagi.com - Komunikasi adalah kebutuhan setiap manusia. Namun, di jaman yang serba canggih ini komunikasi tidak melulu dilakukan secara langsung, tapi juga dapat dilakukan melalui beberapa media. Salah satunya adalah, handphone. Handphone sebagai electronic device tidak akan bisa digunakan secara optimal tanpa adanya simcard. Di sinilah peran provider menjadi sangat penting.

Indosat sebagai salah satu provider yang memiliki market yang sangat luas di Indonesia, terus menerus melakukan terobosan dan tindakan agar pelayanannya semakin memuaskan. Salah satu tindakan nyata yang dilakukan Indosat adalah melakukan drive test secara berkala di wilayah operasionalnya.

Senin, 23 April 2012 tim Indosat dan beberapa pelanggan yang terpilih melakukan “Drive test” atau pengetesan secara statis atau bergerak. Pelaksanaan dilakukan dengan mengetes kualitas layanan suara, sms dan data, di lokasi-lokasi utama, seperti sentra ponsel, perkantoran dan area perbelanjaan. Dimulai pada pukul 09.00 pagi dan start di Gedung Indosat, lalu bergerak ke arah Plaza Senayan (pusat perbelanjaan), Gedung BNI, dan berakhir di Sentra ponsel Roxy.

Adapun, beberapa indikator pelayanan yang dites saat proses berlangsung, adalah sebagai berikut :

  • Tingkat keberhasilan panggilan atau Succesful Call Rate (SCR) – 96 % (standar 90%)
  • Tingkat kegagalan panggilan atau Call Drop Rate  (CDR) – 2.15% (standar maksimal 5%)
  • Tingkat kesuksesan pengiriman SMS – 98 % (standar 95%)
  • Web browsing – waktu akses10 detik
  • Video streaming - 450kbps
  • Speed test atau pengukuran kecepatan 470 kbps – 5900 kbps

Dari indikator-indikator di atas terbukti bahwa Indosat memiliki kualitas layanan di atas rata-rata. Dengan hasil ini, diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan seluler Indosat dengan nyaman, akses mudah, dan sinyal stabil tanpa distorsi yang berarti.

Bapak Sonny Adiwidjaya selaku head of region Jabodetabek & West Java commercial operation memastikan bahwa kegiatan drive test ini akan dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas layanan seluler di lapangan yang dapat menjadi masukan untuk pihak Indosat sendiri agar tetap dapat memuaskan pelanggan.

Perlu diketahui bahwa di tahun 2011, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk layanan suara, sms dan data, masing-masing sebesar 16% menjadi 14 juta Erlang/hari , 48% menjadi 1.2 Milyar SMS/hari dan 75% menjadi 100 Terabyte/hari. Khususnya layanan data, di 10 wilayah operasional Indosat, telah dilakukan perluasan cakupan layanan data 3G ke beberapa kota/kecamatan baru seperti di Bali (Denpasar, Badung), wilayah Sulampapua (Manado, Makassar, Pare-pare, Sindrap, Pinrang, Bulukumpa, Selayar), Sumbagsel (Desa Sukajadi OKU Timur, kota Baturaja dan kota Lubuk Linggau). (kpl/mae)