LIFESTYLE

Flare Photo Editor

Selasa, 23 Agustus 2011 18:13

Flare Photo Editor
Flare Photo Editor





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Program yang indah dan simpel ini menambahkan efek film retro pada gambar-gambar Anda

Oleh Ben Long

Tak peduli berapa hebat kemampuan penggunaan kamera serta fotografi Anda, akan ada saat-saat di mana foto-foto Anda membutuhkan gaya ekstra. Itulah yang ingin ditawarkan oleh Flare (flareapp.com), editor gambar yang baru dari Iconfactory dan Artis Software, dengan antarmuka sederhana yang terinspirasi oleh iPhone yang memudahkan editor-editor foto yang masih pemula menambahkan efek-efek warna serta bingkai yang menyenangkan dan bergaya.

PENYUNTINGAN GAMBAR SUPER-SIMPEL
Untuk mulai bereksperimentasi dengan sebuah foto dalam Flare, drag dan drop gambar tersebut ke jendela utama Flare. Untuk mengedit sebuah foto dari library iPhoto atau Aperture Anda, buka File > Open dan telusuri ke Media > Photos di sebelah kiri panel navigasinya.

Setelah Anda mengimpor sebuah gambar, Anda dapat memutarnya (90 derajat per langkah) atau meng-crop-nya. Anda dapat melihat gambar orisinalnya kapan pun dibutuhkan dengan mengklik toggle di bagian bawah layar. Jika Anda sudah siap untuk mulai mengubah gaya foto Anda, ada tiga jendela penyuntingan yang dapat Anda pilih: Presets, Edit, dan Snapshots. Pada jendela Presets terdapat 12 tampilan prebuilt di sebelah kanan foto Anda, masing-masing dengan preview kecil dari efeknya pada foto yang Anda pilih. Preset-preset tambahan dapat diunduh dari situs web Flare dengan memilih Flare > More Presets di bar menu.

COBALAH TWEAKS TINGKAT LANJUT
Jika Anda ingin mengubah sebuah preset, atau jika tidak ada preset yang sesuai dengan keinginan Anda, beralihlah ke jendela berikutnya: Edit. Jendela Edit memuat semua efek individual yang dikelompokkan menjadi kategori Color, Lens, dan Creative, dan efek-efek ini dapat menyesuaikan apa saja mulai dari warna dan kontras hingga tekstur, vignet, bingkai, distorsi, kebocoran cahaya, pijaran, dan masih banyak lagi. Untuk setiap efek yang Anda aplikasikan pada foto Anda, ada slider sederhana untuk menyesuaikan intensitas kontrol tersebut pada foto Anda. Mengklik segi tiga disclosure menampilkan opsi-opsi tingkat lanjut untuk efek terkait.

Jika Anda berhasil menemukan resep kombinasi efek yang mantap di panel Edit, Anda dapat menyimpannya sebagai custom preset dan mengaplikasikannya ke gambar-gambar lain di waktu lain. Masing-masing opsi edit mencakup sebuah kontrol Blending Mode, yang memungkinkan Anda mengubah bagaimana efek tersebut diaplikasikan pada gambar AndaŚ sesuatu yang tidak dimungkinkan bahkan pada Photoshop.

KESAN UMUM
Kebanyakan efek dalam Flare diimplementasikan dengan baik dan menghasilkan hasil yang menarik. Kontrol-kontrol tekstur, bingkai, dan vignet sangat baik, demikian pula sebagian besar kontrol warnanya. Tetapi, koreksi ekspose dan tone secara umum agak lemah. Sebagai contoh, sangat sulit untuk mencerahkan hanya midtones dalam sebuah gambar tanpa memudarkan bayangan. Jadi jika gambar Anda membutuhkan pencerahan yang mendasar, Anda mungkin akan bisa melakukannya di aplikasi lain seperti iPhoto sebelum membawanya ke Flare. Tetapi biasanya, keunggulan Flare adalah bahwa Anda tidak membutuhkan program host yang rumit agar dapat mengakses efek-efek yang Anda butuhkan.

SARAN PEMBELIAN MACWORLD
Nilai yang ditawarkan Flare sebanding dengan harganya. Pengguna-pengguna yang masih pemula akan dengan mudah menciptakan efek-efek keren, sementara pengguna-pengguna berpengalaman akan mengapresiasi kemudahan penggunaannya, meski mereka mungkin akan frustrasi menghadapi kurangnya penyesuaian-penyesuaian yang mendasar. Flare dapat dioperasikan pada Mac-Mac dengan prosesor Intel yang menjalankan Mac OS X 10.6.6 atau yang lebih baru.(Macworld/roc)

Rating: 4 | $20 | Iconfactory dan Artis Software | www.flareapp.com

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 84