LIFESTYLE

Go Hollywood with iMovie '11 Trailers

Rabu, 03 Agustus 2011 10:13

Go Hollywood with iMovie '11 Trailers
iMovie '11 Trailers





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Dari Storyboard ke Credit, Fitur Baru Ini Menawarkan Template Yang Mudah Digunakan Untuk Berbagai Genre Film

Oleh Jeff Carlson

Jika Anda tahu betapa sulitnya membuat trailer film bikinan sendiri, Anda pasti akan kagum dengan fitur Trailer yang ada di iMovie '11. Dalam beberapa menit saja, Anda bisa membuat film pendek dengan kualitas yang sejajar dengan apa yang Anda lihat di layar perak.

Namun, hanya sebatas itu sajakah kemampuan trailer iMovie? Apakah kerja keras yang dilakukan Apple — misalnya, sebagian besar soundtrack direkam oleh London Symphony Orchestra - hanya untuk memberikan fitur ringan menyenangkan yang memungkinkan Anda, dalam beberapa menit, dapat membuat film dengan durasi satu atau dua menit?

Bagusnya, jawabannya adalah tidak. Movie Trailers menawarkan lebih banyak kekuatan dari penampilannya - Anda dapat mem-fine-tune edit, mengkustomisasi daftar pemain, dan bahkan menggunakan trailer sebagai titik awal untuk proyek yang lebih besar. Pembahasan berikut ini dibuat dengan asumsi Anda sudah tahu dasar-dasar cara membuat trailer film. Jika belum, pelajari dulu Help iMovie sebelum melahap project di bawah ini. Untuk memulai langkah pertama, Anda perlu membuat project terlebih dahulu dan memilih template trailer.

1. FINE-TUNE EDITS
Saat Anda memilih footage untuk sebuah adegan, jangan ragu untuk meng-highlight 1,3 detik (atau berapapun durasinya) dari adegan yang ingin Anda tampilkan; cukup pilih secara kasar jangkauan frame di dalam klip yang ingin Anda gunakan. Untuk mengganti frame yang disertakan, lakukan langkah berikut ini:

Pertama, pada tab Storyboard yang ada di peramban Project, posisikan pointer mouse Anda di atas klip yang ingin diedit.

Kemudian, tekan tombol biru yang muncul di sisi kiri bawah klip yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor mouse. Clip Trimmer akan muncul di atas Event Library dan peramban Event. (Dua tombol lain di atas klip juga akan muncul: Tombol yang di atas kiri berfungsi untuk menyalakan atau mematikan suara klip, dan panah melengkung yang ada di atas kanan mengganti footage dengan placeholder animatic.)

Selanjutnya, tarik area aktif ke posisi baru di dalam keseluruhan klip. Durasi adegan tidak akan berubah, jadi yang Anda lakukan hanyalah menggeser area ter-highlight di dalam klip. (Tip: Untuk mem-preview footage dengan cepat, tekan tombol forward-slash [/].) Klik Done untuk menyimpan perubahan.

2. APPLY CLIP ADJUSTMENTS
Klik-ganda sebuah klip dari antarmuka Storyboard untuk memanggil Inspector iMovie, yang memfasilitasi pengaturan klip seperti menyematkan efek audio dan video, mengaktifkan image stabilization, dan mengulik warna serta audio. Misalnya, Anda bisa mengatur agar semua klip menjadi hitam dan putih menggunakan Film Noir - tema movie trailer.

Mirip dengan cara di atas, pilih klip dari Storyboard dan klik tombol Crop di toolbar untuk memotongnya, memutar, atau menyematkan efek Ken Burns pada footage.

Sebuah trailer memperlihatkan apa yang dapat anda saksikan pada film mendatang, iMovie trailer melakukan hal yang sama.

3. MOVE OR DUPLICATE CLIPS
Mungkinkah sebuah klip yang sudah Anda letakkan di Storyboard bisa nampak lebih pas di lokasi lain? Cukup klik dan tarik klip tersebut ke lokasi lain. Jika area tujuan sudah terisi klip lain. klip yang baru akan menggantikannya. Jika Anda menahan tombol Option saat menarik, iMovie akan membuat duplikatnya - berguna jika Anda ingin menggunakan seksi lain dari adegan yang sama.

4. CHANGE CAST MEMBERS
Setiap app trailer film selalu menyertakan daftar pemain, namun hanya beberapa saja yang memungkinkan Anda mengurangi atau menambahkan karakter; kini iMovie menawarkan soundtrack multiple untuk mengakomodasi berbagai jumlah daftar pemain. Di trailer Blockbuster, Friendship, dan Travel, buka daftar Cast di tampilan Outline dan klik tombol tambah (+) atau kurang (-) yang ada di kanan bawah nama pemain. Anda dapat meng-input sedikitnya dua karakter hingga maksimal enam karakter.

Di trailer Pet, gunakan kolom Pet Type untuk menjelaskan binatang secara spesifik sebagai Dog, Cat, Horse, atau bahkan Monster. Jejak binatang yang muncul di layar teks akan merefleksikan pilihan Anda.

5. CONVERT TRAILER TO PROJECT
Trailer film biasanya menawarkan citarasa dari film sesungguhnya, dan trailer iMovie bisa berfungsi serupa. Untuk menggunakan trailer sebagai patokan untuk mengedit versi penuh dari film Anda, gunakan File > Convert To Project. Saya menyarankan untuk menduplikasi project terlebih dahulu - pilih File > Duplicate Project di Project Library—sehingga Anda tidak akan kehilangan trailer-nya.)

Trailer akan berubah menjadi project iMovie biasa, dengan semua edit muncul di peramban Project—seakan-akan Anda telah menghabiskan waktu membangunnya secara manual.(Macworld/roc)

Jeff Carlson adalah penulis The Movie '11 Project Book (Peachpit Press 2011) dan seorang editor senior di TidB'ts

Source: Macworld Indonesia, Juni 2011, halaman 70