LIFESTYLE

Gunakan Mac Anda tanpa Mouse

Minggu, 28 Agustus 2011 18:13

Gunakan Mac Anda tanpa Mouse
Gunakan Mac Anda Tanpa Mouse





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Hemat waktu dengan tips-tips ini untuk menjadi pakar keyboard

Oleh Lex Friedman

Berhubung jari-jari Anda hampir selalu berada di atas keyboard, mengendalikan komputer Anda tanpa bergerak ke mouse Anda dapat menempatkan Anda di jajaran atas pengguna-pengguna Mac yang efisien.

PELAJARI KEYBOARD SHORTCUT
Keyboard shortcut adalah pilihan paling jelas untuk mereka yang menghindari mouse. Pelajari dasar-dasarnya: Cmd-X, Cmd-C, dan Cmd-V untuk cut, copy, dan paste; Cmd- W untuk menutup sebuah jendela; dan Cmd-Tab untuk berpindah antar aplikasi.

Banyak pecinta Cmd-Tab melupakan Cmd-` (backtick). Shortcut ini memindahkan Anda dari jendela ke jendela dalam aplikasi yang sedang digunakan.

Dan siapa di antara kita yang belum pernah berakhir dengan terlalu banyak jendela yang dipenuhi terlalu banyak tab dalam peramban web favorit kita? Shortcut Cmd-` (dan saudaranya yang merotasi jendela-jendela yang terbuka dalam urutan sebaliknya, Cmd-Shift-`) adalah cara yang sangat baik melompat di antara kumpulan jendela seperti itu.

Ketika Anda sedang berada di jendela-jendela itu, Anda dapat beralih dari saru tab ke yang lain dengan Cmd-Shift-[ (kurung siku kiri) dan Cmd-Shift-] (kurung siku kanan). Shortcut tadi dapat digunakan di Safari dari Apple; efisiensi Anda akan berbeda di peramban lainnya.

CIPTAKAN SHORTCUT ANDA SENDIRI
Jika ada perintah menu tertentu yang sering Anda gunakan, dan tidak ada keyboard shortcut yang bersesuaian atau Anda tidak menyukai shortcut yang dipadankan dengan perintah tersebut, Anda dapat menetapkan kombinasi tombol Anda sendiri.

Jalankan System Preferences, buka jendela preferensi Keyboard, pilih tab Keyboard Shortcuts, dan klik Application Shortcuts. Klik tombol tanda plus (+), pilih aplikasi yang ingin Anda tambahi shortcut, ketikkan perintah menunya, kemudian pilih kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan.

Gunakan Mac Anda tanpa MouseGunakan Mac Anda tanpa Mouse

DAPATKAN AKSES PENUH
Masih di tab Keyboard Shortcuts, pastikan Anda mengaktifkan Full Keyboard Access, yang memungkinkan Anda menggunakan tombol Tab untuk mengalihkan fokus keyboard lintas kontrol. Sebagai contoh, sambil menyusuri laman-laman web, form, dan kotak dialog pada Mac Anda, Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk dengan cepat berpindah-pindah antar field, alih-alih mengklik mouse Anda pada setiap field satu persatu.

Setiap kali menggunakan Tab untuk maju dari satu field ke field berikutnya, Anda juga dapat menahan Shift ketika menekan Tab untuk memindahkan fokus ke arah sebaliknya. Tekan Escape untuk menutup kotak dialog.

Keyboard shortcut juga dapat menggantikan mouse ketika Anda mengedit teks. Menekan Cmd-Shift-Panah Kiri atau Cmd-Shift-Panah Kanan akan memilih seluruh teks, mulai dari posisi kursor Anda, ke arah yang diindikasikan. Option-Shift-Panah Kiri atau Option-Shift-Panah Kanan memilih satu kata demi satu kata.

MAKSIMALKAN KEMAMPUAN KEYBOARD
Setelah memaksimalkan keyboard, Anda dapat mulai meningkatkan kemampuan Spotlight, atau app-app pihak ketiga yang lebih mumpuni seperti Alfred yang disediakan bebas biaya oleh Running with Crayons dan Launch Bar seharga 24 dari Objective Development, untuk melakukan berbagai hal dengan keyboard Anda yang sebelumnya Anda anggap tidak mungkin, tanpa melibatkan mouse: menjalankan app, melakukan kalkulasi, membuka laman web, dan bahkan mengontrol iTunes.(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 70