LIFESTYLE

GUNNAR Phenom for Professionals

Rabu, 24 Agustus 2011 18:13

GUNNAR Phenom for Professionals
GUNNAR Phenom for Professionals





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Kacamata Untuk Profesional Digital

Oleh Niko Radityo

Gunnar adalah nama dari bahasa Norwegia yang berarti fighter, petarung, prajurit, dan penyerang. Berdasarkan arti tersebut, perusahaan Gunnar Optiks bukanlah produsen kacamata biasa. Mereka memproduksi kacamata yang dibuat untuk para fighter dan para profesional. Sekilas, kacamata ini terlihat seperti kacamata biasa, tapi kelebihannya terletak di lensa yang dibuat khusus untuk mengurangi dampak buruk tampilan digital ke mata Anda.

LENSA DAN TEKNOLOGI GUNNAR
Lensa kacamata yang digunakan Gunnar diklaim bisa mengurangi sindrom 'Digital Eye Fatigue' yang disebabkan oleh pancaran cahaya dari piksel layar LCD atau LED Anda. Apabila Anda perhatikan, layar monitor ataupun TV jaman sekarang semuanya berlomba-lomba meningkatkan kecerahan gambar agar warna tampil lebih 'pop' dan menarik. Tapi, di lain pihak, mata Anda terbombardir oleh lebih banyak sinar pancaran diode dari panel, dan dengan demikian, dampak buruknya bisa ringan, sampai dengan fatal, terutama untuk jangka panjang. Juga ada sindrom 'Computer Vision Syndrome' yang bisa dikurangi secara signifikan. Namun sebaik apakah kacamata ini bekerja tentu saja harus diuji terlebih dahulu.

Ketika digunakan, lensanya terlihat sedikit berwarna kuning, jadi bukan jenis lensa transparan bening sepenuhnya. Kami mengobservasi lingkungan sekitar dan terlihat bahwa warna-warna yang ada di sekitar 'terkoreksi' oleh lensa ini menjadi netral. Biasanya, terutama di siang hari, warna cahaya matahari akan memberikan sedikit nuansa kebiruan (halogen) yang biasanya diatasi oleh 'White Balance' di kamera digital. Lensa kacamata ini seperti pengaturan 'White Balance' terhadap mata kita, dan menetralkan warna, serta membatasi tingkat kecerahan maksimum yang dipancarkan dari layar monitor komputer atau TV digital.

GUNNAR Phenom for ProfessionalsGUNNAR Phenom for Professionals

PENGUJIAN
Ketika kami mencoba menjalankan aplikasi TextEdit di Mac OS X, di mana latar belakang program adalah warna putih terang, kami tidak merasa silau walaupun brightness diatur ke maksimum. Demikian juga ketika menjalankan games dan film, ketika ada pancaran cahaya terang, mata kami tidak 'kaget' dan lebih relaks dalam memandang layar. Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah hal ini akan mengurangi rasio kontras pada layar monitor atau TV? Tidak, karena warna hitam masih terlihat pekat, dan saturasi warna tetap cemerlang. Satu hal lagi yang kentara adalah ketajaman teks serta garis yang meningkat. Lensa kacamata ini benar-benar mengaksentuasi garis serta teks sehingga sama sekali tidak terlihat berbayang di layar.

Bentuknya yang lebih kurva dari kacamata biasa terasa janggal pertama kali digunakan, dan agak menjepit ke kepala, tapi setelah digunakan beberapa saat, mata kami mulai terbiasa, dan ternyata bocoran sinar dari luar lensa bisa diminimalisir dengan bentuknya itu.

Kalau ada satu kekurangan dari lensa kacamata ini, kami akan jujur dan berkata itu adalah faktor harga. Faktor ini diperparah bagi pengguna yang memiliki mata minus atau plus (miopi), karena koreksi lensa berarti Anda harus menambah lagi sekitar $100-150 lebih di atas harga retailnya (yang berkisar $99-189). Tapi bagi Anda yang masih ragu akan efeknya, setelah mencoba sendiri, efeknya akan terasa dengan sendirinya, atau jika Anda tergolong orang yang teliti membedakan warna dan ketajaman.(Macworld/roc)

Spesifikasi

Rating:4
Warna:Onyx, Mercury, Graphite, Mint, Earth
Materi:diAMIX lens
Tint warna:kekuningan, iONik
Coating:i-Fi lens coat, antigores
Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 31