LIFESTYLE

Home Sharing and iOS 4.3: Happy Together

Kamis, 18 Agustus 2011 18:13

Home Sharing and iOS 4.3: Happy Together
Home Sharing and iOS 4.3





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Bagaimana Cara Streaming Audio dan Video dari Mac ke iPhone Atau iPad?

Salah satu fitur unggulan iOS 4 adalah ekstensi dari fitur Home Sharing iTunes. Diperkenalkan sejak iTunes 9, Home Sharing didesain agar Anda dapat berbagi musik dan menyalin file antara beberapa komputer yang berbeda lewat jaringan lokal. Namun, dengan rilisnya iOS 4.3 dan iTunes 10.2, Anda bisa menggunakan Home Sharing pada perangkat iOS juga. Berikut adalah cara kerjanya.

ITUNES SETUP
Sebelumnya, Anda butuh mengaktifkan Home Sharing di iTunes pada setiap Mac (atau PC) yang library-nya ingin Anda bagi. Untuk melakukan ini, pergi ke menu Advanced di iTunes dan pilih Turn On Home Sharing. Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan password. Di sinilah letak keterbatasan fitur Home Sharing; hanya komputer yang memiliki akun iTunes sama yang bisa menggunakan Home Sharing. Jika semua anggota keluarga punya akun yang berbeda, Anda hanya perlu memilih satu untuk Home Sharing.

Setiap copy iTunes perlu di-authorize (untuk akun yang sama) agar Home Sharing bisa bekerja. Jika iTunes belum di-authorize, ini akan mengambil tempat saat Anda menyalakan Home Sharing. Ini berarti Home Sharing berkaitan dengan batasan lima-komputer per akun iTunes. Juga, jika Anda mematikan Home Sharing secara permanen di salah satu komputer - dan Anda tidak menggunakan komputer itu untuk mendengarkan material DRM - jangan lupa untuk men-deauthorize-nya dari menu Store iTunes. (Perlu diingat, Anda tidak bisa berbagi file Audibles via Home Sharing.)

Setelah Anda mengaktifkan Home Sharing di setiap salinan iTunes yang berbeda, setiap salinan iTunes akan ditampilkan di library iTunes komputer lain, dan setiap pengguna dapat mendengarkan atau melihat konten yang ada di library pengguna lain. Sebagai tambahan, Anda dapat menyalin item dari library lain; cukup pilih item, kemudian klik tombol Import untuk menambahkannya ke library Anda. (Catatan: Anda juga dapat mengimpor library dari komputer lain dengan cara ini.) Terakhir, lewat jendela Settings, Anda dapat memerintah iTunes untuk menyalin lima jenis konten yang telah dibeli dari library lain secara otomatis. Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan fungsi otomatis tersebut untuk menyalin konten yang bukan berasal dari iTunes Store (misalnnya CD rip-an), yang berarti fitur tersebut tidak dapat membantu Anda menyinkronisasikan sejumlah library iTunes sekaligus.

Fitur baru di iTunes 10.2 membuat Home Sharing sedikit lebih mudah digunakan. Jika Anda membuka preferensi sistem Energy Saver, dan mencentang opsi Wake For Network Access atau Wake For AirPort Network (penulisannya berbeda, tergantung Mac jenis apa yang Anda gunakan), library iTunes yang dibagi akan terlihat di sidebar iTunes, walau Mac yang menjadi host dalam modus sleep. Jika Anda mengeklik library tersebut, Mac akan terbangun dan Anda bisa mengakses kontennya.

Home Sharing and iOS 43Home Sharing and iOS 43

IOS 4.3 SETUP
Dengan iOS 4.3, Anda bisa melakukan lebih jauh lagi. Home Sharing sekarang tersedia di iPhone, iPod touch, dan iPad yang menggunakan sistem operasi mobile Apple terbaru. Untuk mengaturnya, pergi ke Settings > iPod di perangkat iOS Anda. Anda akan melihat seksi Home Sharing - masukkan Apple ID dan password dari akun yang Anda gunakan untuk Home Sharing komputer dan kembali ke antarmuka utama.

Langkah selanjutnya bergantung pada tipe konten yang ingin Anda stream ke perangkat iOS (Apple butuh sedikit lebih banyak konsistensi di area ini). Untuk streaming musik di iPhone, luncurkan app iPod untuk mengakses musik. Di iPod, luncurkan app Music, dan di iPad, luncurkan app iPod. Di iPhone atau iPod touch, tap More, dan kemudian Shared. Anda akan melihat shared library yang tersedia. Tap salah satu untuk memilihnya; Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum library ter-load jika ukurannya besar - butuh beberapa menit untuk me-load library saya yang berikan lebih dari 60.000 item, yang membuat fitur ini terasa lambat jika Anda berharap ingin mendengar lagu dengan cepat. Untuk streaming musik di iPad, pergi ke layar utama app iPod, tap Library yang ada di sidebar, dan pilih library dari menu pop up.

Dalam kasus lain, Anda akan melihat beberapa library (Music, Podcasts, Audiobooks, dan lainnya), termasuk juga playlist yang tersedia. Anda bisa men-tap Songs, Artists, Albums, Genres, atau Composer untuk menyortirnya berdasarkan kriteria tersebut, untuk membantu mempersempit seleksi. Tap salah satu kategori tersebut untuk melihat kontennya, dan tap item yang ingin Anda dengarkan.

Sama seperti streaming musik, metode untuk streaming video bergantung dengan tipe perangkat iOS yang Anda gunakan. Di iPhone, app iPod menangani konten audio dan video, sehingga prosesnya sama seperti musik. Namun di iPad dan iPod touch, Anda perlu meluncurkan app Videos. Di iPad, Anda akan melihat library yang tersedia; di iPhone atau iPod touch, Anda perlu men-tap Shared untuk melihat daftar library. Tap satu library untuk melihat kontennya, kemudian tap ikon untuk melihat film atau episode acara TV yang tersedia. Anda dapat melihat video apa saja di perangkat iOS seakan-akan file-nya ada di perangkat itu sendiri, asalkan jaringan Anda kuat menanganinya.

THE LAST WORD
Fitur Home Sharing yang baru ada di perangkat iOS ini cukup berguna. Anda dapat meninggalkan semua konten di komputer dan mengaksesnya dari perangkat yang ada di jaringan. Meski ini berarti Anda tidak bisa membawa kontennya saat bepergian, setidaknya Anda bisa mendengarkan atau menonton konten di library saat berada dalam jangkauan jaringan nirkabel.

Waktu yang dibutuhkan untuk me-load library besar membatasi kegunaan fitur ini untuk mereka yang punya koleksi konten banyak. Semoga Apple segera mengatasi masalah ini agar prosesnya bisa lebih gegas.(Macworld/roc)

Kontributor Senior Kirk McElhearn menulis lebih dan sekedar Mac di blog-nya, Kirkville (www.mcelhearn.com). Buku terbaru Kirk adalah Take Control of iTunes 10: The FAQ (www.takecontrolbooks com).

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 78