LIFESTYLE

HTC One X, Android Canggih Dengan Fitur 'Wah'

Sabtu, 21 April 2012 18:13

HTC One X, Android Canggih Dengan Fitur 'Wah'
HTC One X





KapanLagi.com -
Smartphone terbaru dari pabrik ponsel ternama dari Taiwan, HTC memang tak berlebihan kalau disebut monster. Dengan spec prosesor quad core 1,5 Ghz Tegra (atau 1,5 Ghz Snapdragon S4 Qualcom untuk LTE), 4,7 inch 720 Super LCD 2 dan * 8 MPx f 2.0 serta OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), merupakan spec smartphone mewah yang akan membuat fans Android jatuh cinta pada pandangan pertama. 
 
Seperti yang di ungkapkan oleh Djunadi Satrio, selaku Direktur Marketing, HTC Indonesia "Kami sangat berfokus pada menciptakan sebuah kamera yang sangat berharga dan pengalaman audio yang user-friendly, sehingga pelanggan akan suka menggunakannya dan kami percaya bahwa seri HTC One akan memberikan semuanya secara berbeda dengan sebelumnya." 
 
Entah HTC akan kembali seperti tahun lalu, jualan dengan banyak nama sekaligus, atau fokus dengan sedikit produk, yang jelas One X ini adalah permulaan yang baik bagi HTC di tahun ini. HTC One X lengkap memiliki branding yang kuat, desain cantik dan UI experience yang menawan. Untuk mengetahui apa dan bagaimana HTC One X ini, berikut review kami:
 
Hands On
Body HTC One X nampaknya seperti gabungan terbaik semua desain produk smartphone HTC, sekilas nampak seperti seri sensation, namun lebih cantik. Terbuat dari polycarbonate dan berpola unibody, Matte pada sisi belakang dan glossy pada sisi pinggir. Dengan menggunakan materi polycarbonate berarti sinyal ponsel tak akan terganggu oleh desain casing. Memiliki dimensi 8.9 mm dan 4.7 inch luas layar memang akan terasa 'mepet' ketika dipegang oleh rata-rata tangan orang asia, namun ukuran ini tak mendekati ke-lebai-an ukuran layar Galaxy Note. 

 
Dengan berat hanya 30 gram, HTC One X terasa ringan di tangan, meraba-raba tubuh HTC One X terasa simple dan pas, tak banyak tombol atau fitur tambahan yang membingungkan, semua sederhana, responsif dan nyaman digunakan, tombol on/of atau wake/sleep ada di sebelah atas, volume rocker ada di sebelah kanan dan socket untuk earphone ada di sebelah atas pula. Selain itu, HTC One X ini telah menggunakan micro SIM.
 
Untuk keperluan charging atau sync dengan PC/Mac, HTC One X memiliki 5 pin USB konektor pada sisi kanan tubuh HTC One X. Speaker HTC X One ini berbentuk 84 lubang kecil di sebelah belakang body, sehingga kalau Anda ingin memainkan musik perlu membalikkan ponsel ini. 
 
Di dalam body polycarbonate ini, HTC One X memiliki ruang simpan sebesar 32 GB, serta sisa 26 GB yang boleh dimasukin oleh pengguna. Satu hal   yang sangat menyejukkan hati, bagi pengguna HTC One X yang telah terdaftar, akan mendapat 25 Gb dropbox gratisan, dan Anda memiliki solusi mobile cloud computing yang mumpuni. Semua berjalan dengan dukungan prosessor Nvidia Tegra 1,5 GHz quad core (1,5 Ghz Snapdragon S4 untuk LTE) dan RAM sebesar 1 GB. HTC One X juga di lengkapi dengan chip NFC sehingga mampu menjalankan fungsi "Android Beam" dari apps Ice Cream Sandwich yang memiliki kemampuan ini. 

Layar
Layar 720p 4.7- Inch Super LCD 2 dan dengan materi Gorilla Glass benar-benar cantik, warna terlihat vibrant dan cerah, layaknya melihat majalah glossy mahal. Walau tak sekaya milik iPhone 4s, namun layar HTC One X bisa dibilang mewah. Kami belum melihat, apabila ponsel ini dilihat pada kondisi cahaya terang (beberapa tech blog menulis tampil sempurna), namun saat dilihat dari kemiringan, Apa yang ada pada layar HTC One X masih tetap bisa dilihat dengan sempurna. 

Kamera, adalah hal yang diunggulkan oleh HTC padaOne X, memiliki modal 8 Mpx kamera, tehnologi Backside Illuminated Sensor, aperture selebar f/2.0 dan GPU tambahan dengan nama ImageChip. 

Beberapa tech blog menulis, kamera One X merupakan kamera ponsel tercepat yang pernah ada, dengan 0.7 detik untuk memulai dan 0.2 detik antar jepretan. Walaupun memiliki Autofocus dan Flash yang mumpuni, nampaknya One X tak miliki tombol fisik untuk kamera, sehingga anda harus menjepret target anda dengan tombol di layar. Spec kamera One X hanyalah ujung cerita, yang memiliki peran penting untuk olah gambar si One X adalah Softwarenya, Image Sense. ImageSense memiliki fitur Jagoan yang bakal membuat pengguna HTC One X akan berlama-lama bermain dengan kamera, seperti aneka filter, HDR, Panorama, burst shot dan slow motion. Satu hal yang menarik adalah, tidak ada beda antara video mode dan photo still mode, jadi Anda akan mampu mengambil foto pada saat mengambil video. 
 
Untuk Software, HTC One X dikapalkan dengan OS Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich), dengan proprietary kulit terbaru HTC, Sense 4. Tak seperti Sense pada HTC- HTC sebelumnya (yang terus terang nyampah) dengan aneka gimmick apps aneh, Sense 4 tampil lebih sederhana dan sangat 'nyampur' dengan ICS serta cair dengan HTC One X. Mungkin Sense 4 ini UI Android pabrikan terbaik untuk saat ini.

Wrapped Up
Tak diragukan lagi HTC One x adalah produk HTC yang dibuat dengan hati yang tulus atau katakanlah 'cinta' oleh para designer dan enginernya, karya seni dengan jiwa Android di dalamnya. Kombinasi cerdas antara brand yang kuat, Industrial design yang menawan dan pengalaman pengguna yang memuaskan. Materi premium, Kamera super, serta layar yang cantik, mungkin tak akan menghentikan fans Android untuk merogoh kocek sebesar 6,6 juta rupiah untuk menenteng pulang HTC One X. 
 
HTC One X akan tersedia dalam pilihan warna White Polar dan Glamor Grey, dan dikapalkan ke gerai-gerai ponsel yang telah menjadi partner dagang HTC di Indonesia dalam waktu dekat.
(kpl/htc/roc)