LIFESTYLE

Imation GMS-830 Gaming Mouse, BlueTrack Gaming Bliss From Imation

Kamis, 25 Agustus 2011 18:13

Imation GMS-830 Gaming Mouse, BlueTrack Gaming Bliss From Imation
Imation GMS-830





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Oleh Niko Radityo

Teknologi sensor tetikus (mouse) sudah berkembang, mulai dari sensor analog (roda dua arah), sampai bola (semua arah), kemudian berkembang ke optical (infra merah), laser, dan yang paling modern adalah BlueTrack technology. Teknologi sinar biru ini awalnya dikembangkan oleh Microsoft, kemudian mulai digunakan oleh berbagai vendor lain karena berbagai keunggulan yang ditawarkan melebihi optical/infra merah. Kali ini Imation membawa teknologi Blue Trace (perhatikan 'e'-Red.) ke mouse mereka yang terbaru, didesain untuk keperluan yang paling populer yaitu gaming. Seperti yang kita ketahui, para pemain game atau 'gamers', sangat memerlukan akurasi serta kecepatan tracking mouse yang baik untuk performa game mereka. Dengan adanya mouse Blue Trace yang sejenis ini, tentu saja gamers akan sangat terbantu.

TEKNOLOGI INTI
Bentuk mouse ini bukan full sized, tapi mobile-sized, artinya lebih kecil daripada mouse normal, dan ditujukan untuk pengguna yang akan membawa-bawa mouse ini. Bobotnya sangat ringan, dan materialnya tidak selip di tangan. Ketika digenggam, mouse terasa pas di jemari, dan tombol-tombolnya mudah diraih. Bentuknya cocok untuk pengguna mouse jenis claw (menekan dengan ujung jari), dan kurang pas untuk pengguna grip (menekan dengan permukaan dalam jari). Di sebelah kirinya, terdapat bantalan karet untuk landasan ibu jari, dan juga ada tombol yang bisa digunakan untuk back/forward atau diarahkan ke perintah lain dalam game.

Mouse ini nirkabel, menggunakan standar Wireless 2.4GHz, dan sebuah dongle USB kecil menghubungkan mouse ini ke komputer Anda. Dongle tersebut berukuran mungil, dan ketika tidak digunakan bisa disematkan ke mouse untuk dibawa serta. Karena menggunakan teknologi bebas kabel, tentu saja mouse ini membutuhkan sumber daya listrik, yaitu dua buah baterai AAA yang disertakan dalam paket penjualannya. Anda juga bisa menggunakan baterai jenis rechargeable.

Imation GMS-830Imation GMS-830

PENGUJIAN PERFORMA
Performanya sangat baik, dan untuk kelas mouse wireless, kami tidak mendapati adanya lag/ delay yang berarti ketika dioperasikan. Kendali game berjalan dengan lancar, dan kami bisa menggunakan mouse ini di permukaan yang tidak lazim sekalipun (misal, karpet, celana atau dinding kayu). Akurasinya sangat baik, dan ada tombol untuk mengatur sensitivitas/ DPI, yang bisa diset ke 1000 atau 1600 DPI (maksimal). Di Windows 7, resolusi 1600 DPI terasa sangat cepat untuk pemakaian sehari-hari. Tombol-tombolnya ketika ditekan terasa empuk dan responsif.

Sebagai seorang gamer, saya merasakan bahwa mouse ini memang tidak didesain untuk digunakan terus menerus, melainkan penggunaan khusus, antara lain, bila Anda memiliki HTPC atau gaming PC yang ditaruh jauh dari HDTV, atau apabila Anda membutuhkan mouse menemani laptop, dan tidak mau ribet oleh kabel. Bobotnya terlalu ringan sehingga pergerakan menjadi kurang terkontrol, namun pegangan tidak selip berkat material yang berkualitas baik.(Macworld/roc)

Spesifikasi

Rating:4
Teknologi:Blue Trace Lenses
Sensitivitas:1000-1600 DPI
Nirkabel:2.4GHz, USB dongle
Baterai:5V, 2 x AAA battery
Kompatibilitas:Windows 7/ Vista/ 2000/ XP, Mac OS X 10.X+
Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 30