LIFESTYLE

Innovation & Creativity 2 Hal Yang Bisa Diterapkan di Bidang Apa pun

Rabu, 18 Juli 2012 18:38

Innovation & Creativity 2 Hal Yang Bisa Diterapkan di Bidang Apa pun
Steve Wozniak





KapanLagi.com - Tanggal 17 Juli 2012, Jakarta kedatangan tamu istimewa. Seorang laki-laki yang sangat berjasa di balik nama besar Apple ini merupakan karyawan pertama Apple yang kini menjadi pemerhati teknologi. Ya, dialah Steve Wozniak yang menjadi salah satu pembicara dalam seminar "Innovation & Creativity."

Event yang dilaksanakan di Balai Kartini, tepatnya di Nusa Indah Theater ini diselenggarakan oleh 3 Ocean Act. Dimulai pada pukul 13.00 pembicara pertama adalah Daniel Tumiwa, selaku Country Manager untuk Multiply yang dikenal sebagai sarana online marketplace di Indonesia. Terobosan baru yang diciptakan oleh Daniel bersama Multiply adalah menggelar virtual shopfair, di mana masyarakat bisa melakukan window shopping dan transaksi secara online.

Setelah Daniel Tumiwa, hadir pula 3 tokoh lainnya yang memang expert di bidang masing-masing, yaitu Yoris Sebastian, Rene Suhardono, dan Ligwina Hananto.

Yoris yang baru berumur 26 tahun, saat ini telah memimpin perusahaan yang ia bangun sendiri. "Setiap orang itu kreatif dari kecil, jadi siapa pun bisa jadi kreatif. Kita bisa meng-adapt, tapi jangan copy paste" ucap Yoris.

Renee Suhardono yang menyebut dirinya sebagai career coach dan telah meluncurkan buku yang berjudul Your Job Is Not Your Career ini juga mengatakan bahwa Innovators are made, not born! Renee juga menambahkan, "Sebagai manusia kita harus memiliki kreativitas dan inovasi untuk terus tumbuh dan berkembang."

Nah, hal lain yang juga membutuhkan kreativitas adalah memecahkan masalah finansial. Ligwina Hananto yang telah mendirikan perusahaannya sendiri yang dinamakan QM Financial ini memiliki tujuan mulia untuk menciptakan golongan middle class yang lebih kuat. "When we are stronger. We can be stronger for others, for Longer period of time" ucap wanita yang memiliki akun twitter @mrshananto ini.

Sebelum mendengarkan penuturan dari Steve Wozniak. Peter F. Gontha diundang ke panggung untuk menjadi pembicara. Sosok yang sukses menjadi penyelenggara dari beberapa event musik berskala internasional ini mengeluarkan 6 gadgets dari tasnya. Sebagai pecinta teknologi Peter F. Gontha mengatakan "If we charge too much for the internet, it's against human right."

Pukul 17.00, moderator seminar Innovation & Creativity, yaitu Farhan akhirnya memanggilkan guest speaker pada hari itu, and that person is no other than Steve Wozniak. Dia menceritakan tentang perjalanannya selama bekerja di Apple.

Sebelum mengakhiri sesi tanya jawab yang berlangsung selama 45 menit, Steve mengatakan "Jangan takut idemu lebih baik dari ide orang lain dan jangan takut untuk menjadi diri sendiri." (kpl/bin)