LIFESTYLE

Membuat Jurnal Foto di iPhoto

Jum'at, 12 Agustus 2011 18:13

Membuat Jurnal Foto di iPhoto
Membuat Jurnal Foto di iPhoto





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Gunakan template pembuatan buku di iPhoto untuk membuat cerita dengan teks dan gambar

Oleh Ben Harvell

Dengan tool-tool kreasi buku iPhoto, Anda dapat dengan mudah menggabungkan bagian terbaik dari album foto, buku harian, dan buku tempel untuk menciptakan jurnal-jurnal foto yang menarik dan personal.

Tidak seperti buku dan album foto pada umumnya, sebuah jurnal foto menggunakan foto-foto Anda untuk membawakan sebuah cerita. Gambar-gambarnya disusun secara kronologis dan dikombinasikan dengan sejumlah besar teks untuk menciptakan narasi yang ekstensif dan koheren.

Jurnal-jurnal ini bisa menceritakan sejarah suatu periode dalam kehidupan Anda, atau bisa memuat sesuatu yang lebih kreatif. Anda dapat mendokumentasikan semua santapan yang Anda makan dalam sebulan, menjepret satu foto untuk setiap hari dalam setahun, atau merekam bulan-bulan pertama anak Anda di dunia ini.

KUMPULKAN FOTO-FOTO YANG TEPAT
Jika gambar-gambar yang ingin Anda gunakan terdapat dalam satu event atau album, memulai buku Anda semudah memilih koleksi tersebut, mengklik Create, dan memilih Book. Jika foto-foto Anda tersebar, beralihlah ke tampilan Photos utama dan pilih gambar-gambar yang Anda inginkan dengan menahan tombol Cmd dan menglik thumbnail-thumbnail-nya. Tekan Cmd-N untuk menciptakan album baru dari foto-foto yang dipilih. Atau, Anda dapat juga membuat bukunya terlebih dahulu, kemudian men-drag foto-foto ke dalam proyek tersebut.

Ketika memilih foto, jangan hanya menggunakan gambar-gambar yang indah - cari foto-foto yang memiliki cerita tersendiri. Anda dapat mengikutkan hasil scan potongan tiket atau benda-benda sejenis untuk menambahkan kesan buku tempel pada proyek Anda.

Jika Anda telah mengedit sebagian foto, aplikasikan penyesuaian yang sama pada foto-foto sejenis untuk mempertahankan gaya keseluruhan. Untuk melakukan hal ini, buka layar Edit untuk foto pertama Anda, pilih tab Adjust, kemudian lakukan perubahan. Selanjutnya, tahan tombol Control dan klik pada gambar Anda, kemudian pilih Copy Adjustments. Buka foto-foto berikutnya dan pilih Paste Adjustments untuk mengaplikasikan penyesuaiannya.

Semua foto yang Anda tambahkan ke dalam sebuah buku akan tersedia di panel Photos buku tersebut sambil Anda merancangnya. Anda dapat memindah-mindah gambar, zoom masuk atau keluar, atau mendobel-klik untuk membuka sebuah foto di editor gambar kapan pun selama proses desain.

PENYESUAIAN SUSUNAN HALAMAN
Memilih tema buku yang tepat adalah kunci pembuatan jurnal foto. Susunan halaman yang disediakan pada setiap tema berbeda-beda dan Anda membutuhkan opsi-opsi yang memungkinkan penambahan teks dalam jumlah besar. Kami rekomendasikan Photo Essay atau salah satu tema Travel. Tema Journal, anehnya, tidak memiliki banyak opsi yang sarat teks. Jangan mengubah tema setelah mengerjakan sebuah jurnal foto karena Anda mungkin akan kehilangan teks tersebut.

Setelah memilih tema, telusuri dan sesuaikan masing-masing susunan halaman untuk mendapatkan keseimbangan antara foto dan teks yang tepat. Klik pada outline sebuah halaman, kemudian klik pada tombol layout yang muncul di atasnya. Pilih jumlah foto yang Anda inginkan untuk ditempatkan pada halaman tersebut dari menu drop-down-nya dan pilih satu dari pilihan susunan yang ditampilkan.

Karena teks adalah elemen kunci sebuah jurnal foto, pilih Text Page di bagian bawah menu drop-down ini untuk sesekali menambahkan halaman murni teks di seluruh buku. Semua perubahan ini dapat dilakukan melalui panel Design.

Ketika susunan halamannya sudah ditetapkan, ganti gambar-gambar pada sebuah halaman dengan men-drag foto baru dari panel Photos.

BEKERJA DENGAN TEKS
Jika Anda sudah siap menambahkan kata-kata, tentukan font, ukuran teks dan warna teks untuk buku Anda. Meski memilih teks akan memunculkan menu pop-up dengan beberapa fitur teks, Anda sebaiknya mengklik tombol Design untuk mendapatkan daftar opsi font selengkapnya. Pilih atribut-atribut font Anda dari menu-menu tersebut. Jika Anda sudah puas dengan tampilan teks Anda, klik tombol Change Everywhere untuk mengaplikasikan gaya yang sama untuk semua kotak teks di buku Anda.

Untuk memberikan kesan yang lebih kasual dan personal, coba gunakan font script seperti Bradley Hand dan Papyrus. Untuk tampilan profesional, font seperti Georgia dan Helvetica adalah pilihan terbaik untuk teks.

TAMBAHKAN SESUATU
Efek gambar dapat ditambahkan pada foto-foto untuk mengilustrasikan sebuah cerita. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan efek sepia pada satu foto dan kemudian meningkatkan intensitas warna pada foto selanjutnya untuk kesan sebelum dan sesudah.

Satu lagi cara hebat untuk menjadikan jurnal foto Anda semakin menarik adalah dengan menambahkan halaman peta dari menu layout. Ada tujuh pilihan gaya peta, dan Anda bahkan dapat menandai lokasi-lokasi untuk menunjukkan tempat suatu foto diambil.

Jika Anda memiliki halaman-halaman murni teks tetapi Anda ingin menjadikannya lebih menarik, Anda dapat menambahkan gambar latar. Buka menu drop-down Background, atau menu yang sama di jendela Design, tetapi jangan memilih warna latar; sebaliknya klik pada kotak terakhir, yang menampilkan gambar jembatan berwarna abu-abu. Gambar manapun yang Anda drag ke halaman tersebut akan menjadi gambar latarnya.

Satu lagi opsi desain yang menyenangkan adalah menambahkan susunan Spread yang menampilkan satu gambar yang merentangi dua halaman. Dengan memilih Include Text, Anda bahkan dapat menambahkan sedikit teks pada halaman tersebut.(Macworld/roc)

Ben Harvell twitter.com/benharvell) adalah penulis lepas yang tinggal di Inggris.

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 82