LIFESTYLE

Membubuhkan Cap Anda Pada Label Dan Amplop

Selasa, 16 Agustus 2011 18:13

Membubuhkan Cap Anda Pada Label Dan Amplop
Membubuhkan Cap Anda Pada Label Dan Amplop





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Oleh Jay J. Nelson

Pencetakan label adalah proses desain yang dapat Anda tingkatkan hasilnya dengan sedikit pemikiran ke depan. Berikut adalah beberapa tips yang bermanfaat untuk menciptakan dan mencetak label di program manapun.

PROGRAM DESAIN
Dari kubu program gratis ada Avery DesignPro, sebuah aplikasi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak pada berbagai varian label dari Avery. Program ini memungkinkan Anda menggabungkan kontak-kontak dari Address Book dan mengimpor foto dan playlist dari iPhoto dan iTunes untuk dicetak pada label. Program ini juga memiliki sejumlah kemampuan grafis yang cerdik, seperti penempatan teks pada kurva, dan dilengkapi koleksi clip art yang cukup besar.

Jika Anda tidak keberatan mengeluarkan investasi $40 sampai $50 untuk tool yang menyenangkan dan menawarkan banyak kelebihan, pertimbangkan program-program seperti Chronos SOHO Labels 5 atau BeLight Labels & Addresses.

Chronos SOHO Labels 5 seharga $5 adalah program dengan kinerja mulus yang memanfaatkan sejumlah kemampuan tingkat tinggi Mac OS X. Sebagai contoh, program ini dilengkapi fitur Cover Flow yang memungkinkan Anda melihat-lihat lebih dari 650 desain label, kartu, kop surat, amplop, dan sebagainya.

Labels & Addresses seharga $50 dari BeLight memiliki fitur-fitur yang serupa dengan SOHO Labels. Tetapi program ini juga memiliki engine kapabel yang dirancang untuk pengiriman surat internasional dengan volume tinggi. Plug-in Art Text-nya memungkinkan Anda menciptakan efek-efek teks tingkat lanjut dan dilengkapi ribuan ilustrasi dan lebih dari 100 font yang berguna.

MENCETAK LABEL KREATIF
Untuk memberikan nuansa yang benar-benar pribadi pada pesan-pesan Anda, buatlah sebuah font dari tulisan tangan Anda. Beberapa situs web, antara lain YourFonts.com dan Fonrifier.com, akan mengonversi tulisan tangan Anda menjadi font dengan biaya di bawah $10, dengan proses sederhana.

Untuk menciptakan kesan terbaik ketika membuat label-label Anda, ingat tips berikut:
> Jangan menggunakan ALL CAPS. Font teks standar all caps terkesan tidak ramah. Dan dengan font tipe script, all caps terlihat tidak indah dan sulit dibaca.
> Gunakan alamat terpanjang yang Anda miliki untuk menentukan ukuran tipe maksimum yang akan pas pada label.
> Lembaran label bukan barang murah. Untungnya, ketiga program yang saya sebut tadi memungkinkan Anda mulai mencetak alamat-alamat baru di lokasi manapun di sebuah lembaran label.
> Pastikan bahwa alamat-alamatnya akan dicetak di dalam batasan label sebelum mulai mencetak pada lembaran label. Biasakan untuk selalu mencetak halaman pertama dari daftar alamat Anda pada kertas biasa dan kemudian memegang lembar tersebut di belakang sebuah lembaran label kosong.
> Pertimbangkan penggunaan label bening atau berwarna. Label bening praktis menghilang di atas amplop Anda, sementara label berwarna dapat menambahkan elemen desain yang baru pada proyek-proyek Anda. Superior Labels, Uline, Online Labels, World Label, dan peritel-peritel lainnya menawarkan label-label dengan lapisan clear gloss, clear matte, foil perak dan emas, pastel, berwarna cerah, serta berpendar. Label-label bermerek Avery tersedia di banyak peritel dalam pilihan warna bening, emas, perak, dan putih matte.
> Untuk tampilan yang terkesan lebih profesional, coba gunakan label dengan ukuran lebih kecil untuk alamat pengirim, atau buat cap karet menggunakan desain Anda sendiri.
> Pertimbangkan untuk menggunakan label dengan ukuran lebih besar yang menyediakan tempat untuk membubuhkan alamat pengirim dan elemen-elemen desain lainnya—seperti misalnya foto, logo, atau monogram.

Meski Address Book dari Apple berfungsi cukup baik dalam mencetak teks dalam beberapa format, dan meski banyak orang menggunakan Pages besutan Apple atau Microsoft Word untuk membuat label, program-program murah yang dibahas di sini memiliki kemampuan tambahan yang ampuh dan berharga. Penggunaan ketiganya juga jauh lebih menyenangkan!(Macworld/roc)

Jay J. Nelson adalah editor dan penerbit Design Tools Monthly, sebuah ringkasan eksekutif berita desain grafis.

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 74