LIFESTYLE

Menggunakan Layanan Find My iOS Device dari Apple

Jum'at, 26 Agustus 2011 18:13

Menggunakan Layanan Find My iOS Device dari Apple
My iOS Device





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Oleh Dan Moren

Sadar bahwa Anda kehilangan iPhone atau iPad Anda adalah momen yang benar-benar membuat jantung copot. Untungnya, koleksi trik pada keajaiban-keajaiban teknologi ini mencakup kemampuan untuk mengetahui lokasi di mana mereka berada. Yang perlu Anda lakukan hanyalah sedikit perencanaan dan layanan Find My iPhone (atau iPad, atau iPod touch) yang disediakan gratis untuk pengguna iPhone 4, iPod touch generasi keempat, dan iPad.

MENGAKTIFKAN LAYANANNYA
Begitu akun Anda sudah disiapkan di bagian Mail, Contacts dan Calendars dari app Settings, tiba waktunya untuk mengaktifkan layanan pencari perangkat ini. Buka Settings > Mail, Contacts, Calendar, kemudian tap pada akun MobileMe Anda, di mana Anda akan menemukan slide Find My Device (Bagian akhir nama slider ini disesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan). Ketika Anda mengaktifkannya, akan muncul pemberitahuan bahwa fitur ini memungkinkan perangkat Anda ditunjukkan pada sebuah peta; tap Allow, kemudian tap tombol Done di pojok kanan atas (pada iPad) atau panah Mail di kiri atas (pada iPhone dan iPod touch).

UJI LAYANANNYA
Setelah perangkat Anda selesai dikonfigurasi, lakukan pengujian via MovileMe Website (www.me.com) dari Apple. Setelah melakukan sign in, Anda akan melihat peta dunia, berikut daftar perangkat-perangkat milik Anda di sisi kiri halaman tersebut. Sebuah titik hijau di samping sebuah perangkat berarti bahwa perangkat tersebut diketahui lokasinya; sebuah titik merah berarti perangkat tersebut tidak dapat ditemukan (biasanya karena perangkat tersebut dimatikan atau berada dalam Airplane Mode). Mengklik perangkat manapun akan menampilkan lokasinya pada peta, di mana ketepatannya bergantung pada perangkat Anda dilengkapi chip GPS.

Mengklik panah biru di samping sebuah perangkat menampilkan opsi-opsi untuk mengendalikannya dari jarak jauh. Jika perangkat iOS Anda hilang, dan Anda ingin menawarkan imbalan atau menyediakan info kontak, Anda dapat memilih opsi untuk menampilkan pesan diiringi suara. Jika Anda meninggalkan iPhone Anda yang tak terlindung - misalnya di sebuah restoran atau ruang praktek dokter - Anda dapat mengamankannya dengan mengirimkan perintah remote lock. Dalam skenario terburuk - jika Anda sudah tidak lagi berharap bisa mendapatkan perangkat Anda kembali - Anda dapat memastikan bahwa tidak ada yang akan dapat mengakses Anda dengan menghapus seluruh data Anda. Langsung saja klik Wipe, dan pilih check box-nya untuk mengonfirmasikan bahwa Anda sadar keputusan ini tidak dapat dibatalkan.

MENGINSTAL APP FIND MY IPHONE
Jika Anda dapat menggunakan sebuah perangkat iOS lainnya ketika perangkat Anda sendiri hilang, gunakan app Find My iPhone. Masukkan Apple id Anda beserta password-nya, dan app tersebut akan menampilkan daftar perangkat-perangkat iOS yang terkait dengan akun tersebut. Setelah itu, Anda dapat menggunakan app ini untuk melakukan apa saja yang bisa dilakukan melalui antarmuka web-nya, termasuk menghapus isi perangkat Anda dari jarak jauh.(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 76