LIFESTYLE

Nikmati Kepuasan Warna dan Desain Memukau dari Monitor LG

Rabu, 25 Juli 2012 18:13

Nikmati Kepuasan Warna dan Desain Memukau dari Monitor LG
Monitor LG





KapanLagi.com - Bagi para penggila monitor, bersiaplah untuk kehadiran sebuah monitor yang bakalan memberi reproduksi warna sempurna dengan desain memukau bagi kepuasan visual. PT. LG Electronics Indonesia baru saja mengumumkan kesiapan pemasaran LG IPS7L. Tak hanya hadir dengan teknologi layar In-Plane Switching (IPS) yang menawarkan tayangan dengan warna-warni cemerlang, dikatakan monitor LED ini memiliki konektivitas luas untuk meningkatkan kepuasan pengggunanya dalam berbagi konten dengan perangkat lainnya.

"Monitor ini mewakili bagaimana sebuah teknologi dan desain terbaik dapat saling berpadu dalam sebuah perangkat monitor. Dengan reproduksi warna mendekati aslinya dan desain tubuh elok yang ditampilkan olehnya, diyakini monitor ini dapat memberi-kan kepuasan juara bagi penggunanya," ujar Susanto, Product Manager IT Product - PT. LG Electronics Indonesia.

Dengan dukungan resolusi 1920x1080, LG IPS7L memiliki kemampuan optimal dalam menayangkan konten dengan kualitas Full High Definition. Kecemerlangan warna pun telah disiapkan dalam LG IPS7L ini untuk memanjakan para penggunanya. Dengan skala rasio mega yaitu 5,000,000:1 yang ditawarkan, dipastikan pengguna dapat menikmati kaya warna juara dalam monitor LED ini.

Sementara tingkat kelajuannya, monitor LED ini hadir dengan kecepatan response time 5ms (mili second). Tingkat kecepatan inilah yang memastikan tayangan gambar dinamis akan sangat nyaman ditangkap mata secara halus tanpa adanya distorsi seperti gambar tampak kabur. Hasilnya, menyaksikan aksi balapan MotoGP ataupun film penuh adegan laga semacam BATMAN RETURN: THE DARK KNIGHT RISES melalui LG IPS7L, menjadi semakin menyenangkan dengan tampilan detail gambar akurat.

Keseruan monitor besutan LG ini sebagai media hiburan tak semata sampai di situ. Kenyamanannya pun kian terasa saat menikmati tayangan pada layar LG IPS7L bersama kerabat dengan benaman teknologi IPS pada layar monitor ini. Pasalnya, monitor LG ini menawarkan sudut pandang yang luas mencapai 178. Akibatnya, pengguna tak perlu lagi diribetkan dengan pengaturan posisi monitor untuk mendapatkan gambar memukau dari tayangan monitor. Pengguna dapat leluasa menonton film atau menikmati konten lainnya pada monitor ini dalam segala posisi, saat duduk, berdiri hingga dalam posisi berbaring.

Selain asyik sebagai media hiburan, LG IPS7L ini juga tepat menjadi kawan sepadan pendukung pekerjaan. Dengan memanfaatkan keunggulan pada kesempurnaan tampilan warna dan detail cemerlang yang berpadu dengan keluasan sudut pandang miliknya, monitor ini sangat pas sebagai media penampil yang menunjang presentasi kepada kolega. Hal ini sangat berlawanan dengan monitor LED lain yang mempunyai sapuan sudut pandang lebih sempit.

Kecemerlangan warna gambar pun tak perlu diragukan lagi. Menjadi bagian dari keluarga monitor LED IPS, LG IPS7L ini siap menghadirkan kualitas warna yang juara. "Kami yakini bahwa pengguna dapat menikmati tayangan dalam monitor ini dengan leluasa tanpa mengurangi kualitas warna pada gambar," ujar Susanto.

Keunggulan pada layar LG IPS7L tak berhenti sampai di situ. Menambahkan kesenangan pengguna saat menikmati tayangan pada layar LG IPS7L, monitor LED ini hadir dengan desain mutakhir yang terlihat dari ketipisan bingkai (bezel) miliknya. Perkuat posisinya sebagai produsen elektronik nomor satu di Indonesia, LG menghadirkan inovasi pada layar monitornya. Bernama Cinema Screen, monitor besutan LG ini tampil menawan dengan menawarkan ketipisan bezel mencapai 1,2 milimeter saat monitor dalam keadaan tidak menyala.

Tak hanya tampil mempesona, lahir dengan tampilan layar yang hampir tak berbingkai ini, LG siap memberikan sensasi baru menikmati tayangan dalam LG IPS7L layaknya menonton pada layar bioskop. Keelokan pada bingkai layarnya ini pun membuat LG IPS7L tercatat sebagai monitor berbingkai tertipis di dunia.

Selain mengutamakan kecanggihan pada layarnya, beranjak ke sisi kepintarannya, LG IPS7L ini juga telah menyiapkan amunisi lain pada fitur-fiturnya yang unggul untuk menambah kepuasan penggunanya. Berbekal teknologi MHL (Mobile High Definition Link) di dalamnya, LG IPS7L menawarkan kemudahan pengguna dalam berbagi konten. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan dan menikmati konten HD dalam ponsel pintarnya ke layar monitor dengan kabel micro HDMI. Alhasil, bermain game android berkualitas HD seperti permainan adu balap Asphalt 6 atau permainan The Adventures of Tintin tampak semakin nyata dan seru dimainkan di layar yang lebih besar.

"Menabalkan kenikmatannya, kami pastikan pengguna tidak akan menemukan kejenuhan konten dalam monitor ini. Ketersediaan MHL dalam LG IPS7L kami hadirkan untuk membuat pengguna tak pernah kehabisan konten untuk dinikmati dalam monitor kami ini," tambah Susanto.

Apalagi, sebagai penunjang bekerja LG IPS7L hadir lebih efisien lantaran LG membekalinya dengan fitur Dual Smart Solution dengan tiga keistimewaan. Pertama, fungsi dual monitor yang memungkinkan bekerja melalui satu PC yang tersambung dengan dukungan dua monitor. Dengan mode ini, tak tiap monitor akan menampilkan program yang berbeda di mana memungkinkan pengguna untuk memantau atau menyelesaikan pekerjaan dalam waktu relatif lebih cepat.

Fungsi ini sebenarnya dapat ditemui pada monitor konvensional. Namun, pengembangan LG dalam LG IPS7L membebaskan pengguna dari rumitnya melakukan pengaturan dual monitor. Dengan bantuan perangkat lunak khusus dalam paketnya, LG IPS7L dapat menampilkan program dari satu monitor ke monitor lainnya hanya dengan satu sentuhan pada shortcut yang disebut Dual Package Hotkey.

Keistimewaan berikutnya dari dual package, ada pada kemampuan monitor LED LG IPS7L untuk menampilkan lebih dari satu program pada saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua. Hal ini berbeda dengan monitor konvensional yang hanya dapat menampilkan satu program saja saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua.

Efisiensi kerja juga dapat dirasakan dengan adanya fasilitas Dual Web. Dengan fasilitas ini, pengguna dapat menayangkan dua situs bersamaan dalam satu layar pada saat berbarengan. Kerja perangkat lunak dual package, membuat tiap situs tetap tertampil proporsional meskipun dalam format setengah layar. "Efisiensi seharusnya menjadi kunci utama pengembangan monitor sebagai perangkat pendukung kerja. Berpijak pada hasrat tersebutlah, LG mengembangkan IPS7L. Sebuah monitor yang mendukung untuk mempersingkat dan memperlancar segala pekerjaan Anda," ujar Susanto pula.

Berlama-lama menyelesaikan pekerjaan, berselancar di internet, menikmati film, atau sekedar bermain game bersama rekan dengan monitor LG IPS7L jadi makin nyaman tanpa risau dengan tagihan listrik yang melambung tinggi. Meskipun kaya inovasi teknologi di dalamnya, monitor keluaran LG ini dipastikan tetap hemat listrik dan ramah lingkungan tanpa mengurangi kualitas kinerjanya.

Dengan benaman fitur hemat listrik Super Energy Saving di dalamnya, monitor ini berkemampuan dapat menghemat listrik 30% lebih rendah berbanding monitor lain di pasar. Proses kerja monitor dalam memangkas konsumsi listrik biasanya dilakukan dengan mengurangi pendar cahaya (luminance). Meskipun jadi hemat dari sisi konsumsi daya listrik, namun hal ini juga membuat pencahayaan layar monitor menjadi lebih redup. Akibatnya, layar cenderung lebih gelap dan menjadi tak nyaman digunakan. Persoalan inilah yang membuat kesenangan pengguna akan monitornya jadi melorot.

Namun hal ini tak perlu dirisaukan lagi dalam LG IPS7L. Melalui lima tahapan unik dalam kerja fitur hemat listrik di dalamnya, memastikan tayangan gambar monitor LG IPS7L tetap tampil dengan kualitas mengesankan. Pertama kali, monitor ini akan bekerja menganalisis gambar yang akan ditayangkan pada layar untuk menentukan tingkat kecerahan (brightness) yang dibutuhkan.

Analisis ini akan dikirim sebagai perintah untuk meredupkan pencahayaan lampu LED pendukungnya, yang secara otomatis akan pula mengurangi daya yang dibutuhkan. Proses yang sama seperti yang terjadi pada LED monitor konvensional.

Perbedaannya, setelah itu kerja fitur ini akan melakukan peningkatan untuk mendapatkan data pewarnaan yang dibutuhkan dalam membuat tayangan gambar pada monitor akan sesuai dengan kualitas pewarnaan pada gambar aslinya. Hasil proses ini mendorong lapisan berisi celah bukaan (aperture) yang terdapat tepat di depan jajaran lampu LED membuka lebih besar untuk menghasilkan pencahayaan lebih tinggi.

Usai proses ini berlangsung, tinggalah kerja kepingan chip hasil inovasi LG, F-engine, menyempurnakan tayangan gambar dengan menjaga pewarnaan tetap sesuai dengan gambar aslinya melalui fungsi Real Color Management. F-engine ini juga bertugas meningkatkan pewarnaan untuk dapat beradaptasi dengan tingkat kecerahan yang nyaman bagi mata melalui teknologi Adaptive Color Enhancer yang terdapat di dalamnya. "Hasilnya, hemat dalam penggunaan listrik dengan tetap menjaga kualitas tayangan gambar sesuai dengan aslinya yang mengagumkan," ujar Susanto lagi.

Siap merambah pasar Indonesia pada awal September ini, monitor seri IPS terbaru ini hadir dengan dimensi layar 23 inchi. Bertajuk LG IPS237L, monitor ini tampil dengan kesan elegan yang muncul kuat dari baluran warna hitam pekat pada sekujur tubuhnya dengan permainan aksen garis bernuansa metal gelap. (kpl/roc)