LIFESTYLE

Nokia E6, Kian Cerdas Berkat Anna

Kamis, 18 Agustus 2011 18:13

Nokia E6, Kian Cerdas Berkat Anna
Nokia E6





KapanLagi.com - Gadget Indonesia

Gadget IndonesiaGadget Indonesia

Rp. 3.500.000,-

Oleh Octa

Dalam menghadapi persaingan pangsa pasar smartphone yang kian memanas, Nokia meluncurkan senjata andalan terbarunya. Tak tanggung-tanggung, dua smartphone Nokia langsung diluncurkan dan salah satunya ialah Nokia E6. Seri E6 merupakan smartphone Nokia yang mengusung OS Symbian versi terbaru dengan beragam fitur unik di dalamnya.

Tak seperti halnya jajaran smartphone Nokia sebelumnya yang menggunakan OS Symbian^3, seri E6 justru menggunakan Symbian terbaru yang diberi nama Anna. Dikabarkan, ada dua varian smartphone terbaru yang menggunakan OS Symbian Anna, yakni seri E6 dan X7. Ingin tahu apa saja keistimewaan dari seri E6? Agar Anda tidak penasaran, simak ulasan berikut ini.

Nokia E6Nokia E6

Familiar Design
Begitu Anda melihat desain dari seri E6 ini, pasti Anda teringat akan tampilan monobloc seri E72 maupun E73 yang menggunakan keyboard full QWERTY. Nokia mengklaim, seri E6 merupakan generasi penyempurna dari kedua generasi tersebut. Dari segi dimensi, Nokia E6 memiliki ukuran yang minimalis dan ramping (115,5x59x10,5 mm), sehingga mudah untuk disimpan ke dalam saku pakaian maupun celana. Anda tak perlu khawatir bila layarnya retak karena dimasukkan ke dalam celana. Karena, seri E6 menggunakan layar yang terbuat dari material gorilla glass yang cukup tebal dan kuat.

Desainnya yang ergonomis membuat E6 sangat nyaman di genggaman tangan dalam jangka waktu yang lama. Ditambah lagi dengan bobotnya yang hanya 133 gram semakin membuat Nokia E6 menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Penggunaan bezel warna krom dengan penggunaan casing yang beraksen warna putih glossy yang menawan, semakin menambah nilai estetika smartphone keluaran vendor asal Finlandia ini. Sedangkan, di bagian belakangnya, battery door menggunakan material brushed aluminium yang semakin mempercantik penampilan depan-belakang smartphone ini.

New Symbian OS
Bila selama ini pemilik smartphone Nokia kerap kali merasa jenuh dengan tampilan antarmuka OS Symbian yang monoton, kini tidak lagi. Sistem operasi terbarunya ini menggunakan user interface yang baru, dan benar-benar berbeda dengan OS Symbian pendahulunya. Hal ini terasa sekali di bagian homescreen yang terlihat lebih catchy dibandingkan sebelumnya yang terkesan kaku. Selain itu, di dalamnya terdapat empat homescreen widgets yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, tampilan icon yang ada di Symbian Anna terlihat lebih fresh dan sangat berbeda bila dibandingkan pendahulunya. Kendati telah diubah, Anda tetap akan mengenali gambar-gambar icon baru tersebut. Di sisi lain, Nokia membenamkan browser terbaru yang lebih canggih dan mudah untuk digunakan. Di dalam browser terbarunya ini, Anda dapat melihat kolom URL yang terlihat di bagian atas dan bisa langsung diketik sesuai link yang dituju. Hal tersebut berbeda bila dibandingkan dengan Symbian lainnya yang menyembunyikan kolom URL. Masih banyak lagi dari sisi pembaharuan yang dilakukan Nokia di dalam Symbian Anna ini, seperti regenerasi fitur pada Ovi Maps, Ovi Suite, Ovi Store, hingga aplikasi Social.

High Resolution Camera
Di bagian belakang seri E6 telah dibekali dengan fitur kamera beresolusi besar, yakni 8MP (3264x2448 piksel). Beberapa fitur pendukung kameranya telah dipersiapkan dengan matang oleh Nokia untuk mengoptimalkan hasilnya, seperti dual LED flash, face detection, dan geo-tagging. Agar Anda tidak melewatkan momen tertentu, Nokia telah menyediakan tombol pintas untuk masuk ke dalam menu kamera yang berada di samping bodi smartphone ini. Hanya saja sangat disayangkan, kami tidak menemukan tombol shortcut untuk mengaktifkan fitur kamera dengan cepat.

Kendati seri E6 telah menggunakan ikon baru, kami tidak kesulitan untuk mengakses menu kameranya. Dari segi tampilan user interface fitur kameranya, tidak mengalami perubahan yang berarti. Semua menu pilihannya tak berbeda dengan smartphone Nokia lainnya. Dengan kata lain, kami tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk mengoperasikan kamera Nokia E6 ini. Semua fungsi kami ubah ke otomatis sehingga kami bisa melihat seberapa besar sensor otomatisnya dapat bekerja untuk menjepret objek gambarnya. Setelah semua siap, kini saatnya untuk mengambil gambar.

Percobaan pertama kami mengambil gambar di ruang terbuka. Ketika mengambil gambar di sekitar wilayah Sarinah dengan cuaca yang terik, hasilnya patut diacungi jempol. Kameranya mampu mengabadikan objek gambar yang bergerak dengan cepat, tajam, dan tidak blur. Setelah asyik mengambil gambar di outdoor, kami turut mencoba kemampuan kamera Nokia E6 ini untuk mengambil gambar di dalam ruangan. Ketika kami mengambil gambar, dual LED Flash yang dibenamkan sebagai piranti pendukung kamera dapat bekerja dengan baik. Kilatan lampu flash yang ada di Nokia E6 hanya mampu menerangi objek dengan jarak sekitar 5 m bila lebih dari itu objek akan sedikit gelap.

Sedangkan, untuk merekam gambar bergerak, Nokia telah membekali diri E6 dengan kemampuan merekam video berkualitas HD, 720p. Ketika kami mencoba untuk merekam video di outdoor, hasil rekamannya cukup tajam dan terang. Hanya saja, rekamannya tidak terlalu smooth, dan masih lag. Sedangkan, pada ruangan tertutup atau indoor, kualitasnya dirasakan terlihat cukup tajam.

High Performance
Meskipun dari segi penampilan, seri E6 mirip dengan E71 namun kemampuan keduanya sangatlah berbeda. Selain dibekali dengan keyboard QWERTY, seri E6 turut dibekali dengan layar sentuh. Ya, Anda dapat mengoperasikan smartphone ini baik dengan menggunakan layar sentuh maupun menekan berbagai macam tombol menu yang tersedia. Fitur layar sentuhnya terasa cukup responsif dan mudah digunakan. Begitu pula ketika menguji keyboard QWERTY yang tersedia. Tombol keyboard-nya dirasa mampu memenuhi kebutuhan untuk mengetik dengan cepat berkat penambahan berbagai tombol fungsi di dalamnya.

Kendati telah menggunakan sistem operasi terbaru, kami masih merasakan loading time pada smartphone ini masih memakan waktu beberapa detik. Akan tetapi, kami melihat Symbian Anna cukup powerful untuk digunakan berbagai kebutuhan tak terkecuali kebutuhan pendukung Mobile Office. Bahkan, Anda dapat meng-upload dengan cepat foto koleksi Anda di dalam E6, langsung ke akun jejaring sosial yang Anda miliki, seperti Facebook dan Twitter.

Di sisi lain, ketika kami mencoba untuk masuk ke dalam menu musik terlihat sekali tampilan antarmukanya turut diperbaharui. Bahkan, kami cenderung lebih menyukai tampilan menu musiknya yang dilengkapi dengan list lagu beserta album artwork yang tersusun rapi bila dibandingkan dengan smartphone Nokia Symbian^3. Hanya saja ketika kami coba memutar berbagai musik dari perangkat smartphone ini, suara speaker-nya kurang optimal hal ini lantaran seri E6 hanya menggunakan single speaker. Hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan jack audio 3,5 mm yang dihubungkan ke speaker stereo maupun headset kesayangan Anda.

Connectivity
Nokia telah membenamkan beragam kebutuhan konektivitas di dalam E6, agar user dapat terus terhubung ke dunia maya. Kemampuan berjalan di lebar pita 3G dengan kecepatan unduh hingga 2Mbps menjadi salah satu andalan seri E6. Selain itu, Nokia telah membenamkan jaringan nirkabel WiFi 802.11 b/g/n untuk menghemat penggunaan data. Sehingga Anda dapat browsing ke dunia maya cukup dengan memanfaatkan hotspot yang sudah tersebar di beberapa tempat. Selain itu, untuk memudahkan transfer data secara nirkabel dengan cepat, Nokia membenamkan fitur Bluetooth 3.0 yang dilengkapi dengan kemampuan A2DP.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS

Network:GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 2100; HSUPA 2Mbps
Display:TFT capacitive touchscreen 2,46 inci (640x480), 16M warna
Dimensions:115.5x59x 10.5 mm
Weight:133gr
Memory:8 GB storage, 256MB RAM, 1 GB ROM (internal); microSD up to 32GB (eksternal)
Connectivity:Bluetooth v3.0 A2DP, SMS, MMS, Email, Push Email, IM, Micro USB, WiFi 802.11 b/g/n, WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds, etc.
Camera:8 MP (3264x2448 pixels), Fixed focus, dual LED flash, Face Detection, Geo-tagging
Features:OS Symbian Anna, ARM 11 600 MHZ processor, 2D/3D Graphics HW Accelerator with OpenVGl .1 and OpenGL ES 2.0, TV-out, Flash Lite v4.0, QuickOffice Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), etc
Battery:Li Ion 1500 mAh; Standby: 681 h; Talk time: 14 h 48 min
Verdict
PlusPlus
:

  • Sistem operasi yang powerful
  • Layar sentuh yang responsif
  • Kualitas gambar dan video berkualitas HD
  • Suara speaker stereo
  • Fiturnya cukup lengkap
Nokia E6Nokia E6

Editor Says

"Walaupun Nokia E6 memiliki penampilan dan desain monobloc yang menyerupai dengan seri pendahulunya, E71 namun kemampuannya jauh lebih baik. Terlebih lagi, Symbian Anna yang disematkan ke dalamnya, seakan memberi angin segar bagi jajaran smartphone Nokia terbaru. Kebutuhan multimedia hingga mobile office bisa Anda lakukan cukup dari E6. Terlebih lagi dengan kebutuhan konektivitas yang lengkap, membuat E6 patut diacungi dua jempol."

Source: Gadget Indonesia, Juli 2011, halaman 58