LIFESTYLE

Online Backup Options for Photographers

Rabu, 03 Agustus 2011 18:13

Online Backup Options for Photographers
Online Backup





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Selamatkan Foto Anda Dari Bencana Dengan Melakukan Online Backup

Oleh Glenn Fleishman

Semakin canggihnya dunia fotografi digital membuat Anda dengan mudah melindungi foto dengan aktivitas backup, baik itu dari komputer rumah maupun kantor, ke hard-drive eksternal. Namun, jika Anda seorang fotografer yang lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan, mengombinasikan setup tersebut dengan layanan online adalah hal yang penting, sehingga Anda bisa mem-backup foto kapan saja dari lapangan.

SEND IT HOME WITH THE EYE-FI
Risiko kehilangan foto langsung muncul sesaat setelah Anda menjepretnya sehingga ada baiknya Anda segera mentransfernya ke lokasi lain. Jika Anda tidak bisa segera memindahkan foto ke media backup, Anda punya alternatif untuk sistem unggah nirkabel seperti Eye-Fi (www.eye.fi).

Dengan beragam model mulai dari harga $50 hingga $150, Eye-Fi adalah SD card dengan fitur built-in Wi-Fi radio. Setelah Anda menjepret foto, kartu tersebut akan menggunakan jaringan Wi-Fi aman yang telah Anda prakonfigurasi sebelumnya, atau lewat salah satu hotspot gratis Eye-Fi, untuk mengunggah foto. Anda bisa mengunggah foto ke 25 situs berbagi-gambar—termasuk Facebook (www.facebook.com), MobileMe (www.me.com), dan Flickr (www.flickr.com) - atau ke sebuah komputer, tergantung bagaimana setup Anda. Setiap model Eye-Fi dapat mentransfer JPEG dan sejumlah file video, dan beberapa kartu yang paling mahal - seperti Pro X - dapat menangani file RAW.

Jika Anda ingin mengunggah secara selektif, Anda dapat mengkonfigurasi swoftware-nya untuk hanya mentransfer foto dan video yang telah ditandai.

Cara mengakses foto dari web, untuk berbagi atau mem-backup secara online, dapat dilakukan via layanan Eye-Fi View. Jika Anda memiliki kartu Eye-Fi, history unggah Anda selama tujuh hari dapat dilihat tanpa biaya, sementara penyimpanan unlimited selama setahun serta foto dan video dibanderol $50.

SYNC TO THE CLOUD
Layanan sinkronisasi cloud - yang memungkinkan Anda mentransfer dan menyimpan data online secara nirkabel - telah menjadi semakin murah dan populer selama beberapa tahun belakangan ini. Dengan Dropbox (www.dropbox.com) atau SugarSync (www.sugarsync.com), Anda dapat menyimpan salinan library foto, menduplikasi foto, atau bahkan mengunggah foto dari perangkat iOS.

Dropbox menawarkan storage gratis sebesar 2GB, dan mematok biaya $10 per bulan untuk 50GB dan $20 per bulan untuk 100GB. Secara default, Dropbox mem-backup versi lama dan menghapus file setelah 30 hari. Jika Anda pengguna berbayar, Anda dapat mengaktifkan opsi Pack-Rat di Preferences agar file tidak terhapus selamanya.

SugarSync menawarkan free-trial selama 30 hari dengan free storage sebesar 5GB atau plan 50GB. Plan berbayar dapat digunakan dengan biaya $5 per bulan untuk 30GB hingga $50 per tahun untuk kapasitas 500GB. File yang dihapus juga masih dapat di-restore.

SHARE AND ARCHIVE
Meski layanan berbagi foto bukanlah metode backup yang bisa diandalkan, ia memberikan alternatif yang bisa dimanfaatkan kapan saja.

Akun gratis dari Flickr bukanlah opsi backup yang ideal karena ia hanya bisa menampilkan 200 foto terakhir yang Anda unggah. Biaya $25 per tahun untuk Flickr Pro memberikan Anda akses yang lengkap ke semua koleksi foto Anda, dan menyediakan unggah unlimited baik itu untuk foto maupun video HD. Flickr menyimpan file asli dalam format GIF, JPEG, atau PNG; jenis file lain akan otomatis dikonversi ke format JPEG.

Kecuali Anda meminta mereka untuk menghapus akun, Flickr Pro tetap menyimpan foto-foto Anda—meskipun Anda tidak memperbarui keanggotaan.

Jika Anda berpindah layanan, semua yang Anda simpan di Flickr bisa diekstraksi, bersamaan dengan metadata-nya. Layanan cetak third-party Qoop (www.qoop.com) dapat membuat backup DVD dari data Flickr Anda seharga $15 per CD atau $20 per DVD; koleksi pribadi saya yang terdiri dari 9000 foto secara teoritis akan muat tertampung dalam 5 DVD.

SmugMug (www.smugmug.com) menawarkan tiga opsi berbayar: Basic ($5 per bulan), Power ($8 per bulan), dan Pro ($20 per bulan). Semua akun mengizinkan unggah unlimited file JPEG, PNG, dan GIF; akun Power dan Pro didukung dengan unggah file video HD dengan durasi di bawah 10 menit.

Anda dapat mengunduh setiap gallery yang terunggah secara penuh dengan mengeklik opsi Download All dari tautan e-mail. Untuk file nonstandar yang didukung, SmugMug hanya mem-backupfile RAW, PSD, dan video.

SmugMug mematok harga $1 per tahun untuk tambahan storage terpisah dan biaya transfer data. Setiap gigabyte storage memiliki biaya 22 sen; untuk memindahkan foto ke storage, Anda akan dikenakan biaya 30 sen per gigabyte; untuk menyalinnya, Anda harus membayar lagi 51 sen per gigabyte.

DOUBLE THE BACKUP, DOUBLE THE FUN
Jika Anda ingin memastikan foto dan file Anda aman sepenuhnya, Anda bisa menggunakan Crashplan dari Code 42 Software (www.crashplan.com) untuk mem-backup komputer Anda secara lokal dan online.

Software CrashPlan gratis untuk mem-backup foto secara lokal ke hard-drive eksternal; namun mereka juga menawarkan layanan berbayar, CrashPlan+, yang menambahkan fitur ke software-nya - seperti opsi penjadwalan dan enkripsi yang lebih baik - termasuk juga storage berbasis internet.

Menyimpan file hingga 10GB secara online dari satu komputer bisa didapatkan dengan harga $2.50 per bulan, sementara storage unlimited untuk satu komputer dihargai $5 per bulan, dan storage unlimited untuk dua hingga 10 komputer dihargai $12 per bulan. Jika Anda mendaftar dengan kontrak empat tahun, maka akan ada diskon biaya bulanan.

Opsi Backup Sets bisa menyimpan kloningan penuh komputer Anda ke hard-drive eksternal dan hanya menyimpan data penting saja via internet untuk menghemat biaya. Jika Anda ingin mengkloning semua drive Anda secara online, Anda bisa membayar $125 hingga $165 agar Code 42 mengirimkan Anda drive 1TB untuk memulai backup (biayanya bervariasi, tergantung pengapalan). Setelah mengisi drive, kirimkan kembali, dan mereka akan mengunggah arsip Anda dengan file tersebut.

Jika Anda ingin me-restore file dari layanan backup online, Anda bisa menggunakan software CrashPlan untuk mengembalikannya ke komputer; biaya untuk hard copy penuh file Anda adalah sekitar $125 hingga $165, tergantung ongkos pengapalan hard-drive 1TB dari Code 42 yang berisi file milik Anda yang sudah terkompresi.

BACKUP BEFORE IT'S TOO LATE
Ada kemungkinan Anda akan mengakumulasi hingga puluhan gigabyte foto dan video per bulan jika menjepret dan merekam secara reguler. Bahkan, jika Anda rutin menghapus file jelek, sisa koleksi Anda masih butuh proteksi.

Kecelakaan bisa terjadi. Jika Anda tidak segera melindunginya, Anda mungkin akan kehilangan memori digital tersebut.(Macworld/roc)

Senior Contributor Glenn Fleishman menulis secara berkala untuk Macworld. Ia juga adalah editor teknis di TidBits dan penulis beberapa buku, termasuk Take Control of iPhone and iPod Touch Networking and Security, edisi iOS 4 (TidBits Publishing, 2011)

Source: Macworld Indonesia, Juni 2011, halaman 80