LIFESTYLE

Parrot AR.Drone

Minggu, 14 Agustus 2011 18:13

Parrot AR.Drone
Parrot AR.Drone





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Kendalikan Radio-Control Drone Menggunakan iPhone dan iPad

Oleh Niko Radityo

Parrot AR Drone adalah helikopter berbaling-baling empat yang dikendalikan menggunakan iPhone, iPad bahkan iPod touch Anda. Ketika perangkat ini dinyalakan, ia akan membroadcast sebuah sinyal wi-fi di mana iPhone atau iPad Anda bisa terkoneksi. Semudah itu. Tapi ada satu aplikasi gratis yang digunakan, yang perlu Anda unduh dari Appstore, yaitu Free Flight. Yang membuatnya kompatibel dengan iPod touch adalah karena perangkat ini menggunakan Wifi dan bukan Bluetooth.

Lantas, bagaimana kalau ada orang lain yang masuk ke jaringan Wi-Fi tersebut? Tenang saja, AR.Drone hanya bisa dikoneksikan dengan satu perangkat iPhone/iPad/iPod touch pada satu waktu, di-pairing dengan aplikasi Free Flight tersebut.

Parrot AR.DroneParrot AR.Drone

PERANGKAT SIMULASI YANG PINTAR
Setelah Anda terkoneksi menggunakan aplikasi Free Flight, Anda langsung melihat apa yang dilihat oleh kamera AR.Drone. Perangkat ini memiliki dua buah kamera, depan dan bawah. Kamera depan menggunakan resolusi yang lebih tinggi yaitu 640x480 (VGA), cukup jelas dalam memperlihatkan pemandangan yang dilihat oleh AR.Drone. Kamera bawahnya hanya 176x144 pixel, tapi juga digunakan untuk pengukuran ketinggian secara internal oleh AR.Drone sendiri.

Pengendaliannya termasuk sederhana, walau agak janggal apabila Anda tidak terbiasa. Ada dua tombol analog di layar yang bisa digunakan untuk pengarahan, dan elevasi/ketinggian. Selain dua kontrol analog ini, Anda juga bisa mengatur setting lebih lanjut dari perangkat, yaitu seberapa cepat elevasinya, seberapa jauh batasan perputaran sumbunya, sampai hal-hal seperti sensitivitas kendali iPhone, dan SSID yang dibroadcast olehnya. Di bagian atas ada tombol Emergency, yang, silahkan tebak, berfungsi untuk memutuskan hubungan radio apabila AR.Drone berada di tempat yang berbahaya atau Anda ingin memindahkan kendali. Ketika Anda menghentikan kendali, AR.Drone tidak semerta-merta jatuh lunglai ke tanah, melainkan ia akan perlahan-lahan turun, memperlambat putaran rotor, dan berhenti, seaman mungkin. Dan ia juga cukup awas terhadap ketinggian. Lebih dari 7 meter pada pengujian kami, sinyalnya mulai terganggu, dan ia turun dengan otomatis ke ketinggian yang lebih rendah guna mendapatkan kembali sinyal kendali dari iPhone atau iPad Anda.

DURABILITAS SERTA TEKNOLOGI
Ada beberapa jenis shell/kerangka luar dari AR.Drone yang bisa digunakan pada berbagai situasi dan kondisi. Tentu saja menerbangkannya di dalam ruangan dan di luar ruangan membutuhkan shell yang berbeda, karena rentan terhadap rintangan maupun arus udara yang kencang. Shell dan rangka AR.Drone terbuat dari material jenis EPP (Expanded PolyPropylene) yang sangat ringan dan sering digunakan untuk RC Aircraft. Keandalannya dalam manuver cukup bagus, dan bisa menahan benturan ringan pada bodi perangkat. Anda bisa mengganti tiap-tiap part A R. Drone apabila dibutuhkan atau terjadi kecelakaan, dengan langsung memesannya ke toko penjual, atau bahkan meminta tolong mereka merakitkannya.

Parrot AR.DroneParrot AR.Drone

Baterai internal yang ada di AR.Drone bertahan sampai kurang lebih 12 menit, setelah itu Anda harus me-recharge ulang.

Secara keseluruhan, AR.Drone adalah sebuah perangkat yang unik, juga keren. Tidak bisa sepenuhnya dikategorikan sebagai mainan, karena fungsinya bisa cukup beragam, antara lain untuk mata-mata, atau survei, bila Anda mau. Selain itu. tampaknya AR.Drone juga bisa membawa benda yang ringan untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, yang bisa berguna pada kondisi daratan yang tidak mendukung. Anda juga bisa mengklasifikasikan AR.Drone ke dalam sebuah alat simulasi penerbangan yang canggih. Pada revisi-revisi API dan aplikasi serta hardware selanjutnya, pasti AR.Drone bisa menjadi alat yang lebih fungsional lagi dan lebih canggih. Apabila dilengkapi dengan senjata senapan mesin betulan, bisakah Anda membayangkan alat ini menjadi sebuah Drone yang berasal dari film Terminator?(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 34