LIFESTYLE

Put Images Inside Your Mail

Kamis, 11 Agustus 2011 10:13

Put Images Inside Your Mail
Put Images Inside Your Mail





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Tampilkan Gambar dalam E-mail, Bukan Sekedar Teks

Oleh Abdul Razak, Senior Technician iBox AASP

Salam sejahtera kepada pembaca setia Secrets Macworld Indonesia. Kali ini, kita akan membahas mengenai e-mail, tapi bukan aplikasi Mail-nya sendiri, melainkan kompatibilitas e-mail yang dikirim dengan e-mail client lainnya.

Seringkah Anda mengalami problem berikut ini? Ketika hendak mengirim e-mail menggunakan Mail dan melampirkan file image/gambar misalnya tanda tangan/cap perusahaan, rekan kerja yang menerimanya menggunakan e-mail client seperti Outlook atau e-mail BlackBerry akan melihat teks saja dan bukan gambar yang dimaksud atau tanda tangan yang diinginkan, seperti pada ilustrasi di atas.

FORMAT E-MAIL BESERTA GAMBAR
Hal ini disebabkan karena sebagian besar e-mail client di PC, push mail BlackBerry serta Internet Explorer/web browser pada umumnya hanya dapat melihat teks pada e-mail kecuali bila memang diformat khusus untuk menampilkan gambar (contohnya format mail HTML).

Untuk menghindari hal tersebut, pada menu Edit surat/Mail tersebut, ada submenu 'Lampiran/attachments.' Pilih opsi 'Selalu mengirim lampiran Windows-friendly' dan pilih 'Selalu masukkan lampiran pada akhir pesan.' Dengan demikian, surat akan diformat untuk kompatibel dengan e-mail client Windows atau BlackBerry, dan gambar akan ditampilkan tanpa kita harus memformatnya menjadi e-mail HTML terlebih dahulu.

Put Images Inside Your MailPut Images Inside Your Mail

TANDA TANGAN DIGITAL
Bila Anda hendak memasukkan tanda tangan pribadi berupa gambar, pertama-tama Anda bisa memindai/scan dahulu tanda tangan yang ditulis menggunakan tinta di atas kertas, atau menggunakan graphics tablet untuk menanda-tangan langsung di komputer, contohnya menggunakan graphics tablet merek Hanvon. Masukkan file tanda tangan digital Anda melalui menu Mail -Preferences - Signatures.

Yang perlu diingat adalah apabila Anda hendak menggunakan lampiran berupa gambar tanda tangan atau cap kantor pada bagian bawah e-mail, pastikan gambar tersebut mempunyai extension seperti .gif atau .jpeg. Hal ini penting karena gif dan jpeg adalah format yang paling kompatibel dan dikenali sebagai gambar oleh sebagian besar aplikasi baik Windows, Mac ataupun smartphone.

Supaya file tersebut bisa ditampilkan seperti keinginan pada mail client penerima, ikuti langkah kompatibilitas yang sudah dibahas sebelumnya.

Terima kasih, dan apabila ada pertanyaan, problem dengan Mac Anda atau sumbang saran, silahkan kirimkan ke macworld@megindo.net. Kami akan selalu menjawabnya melalui rubrik Feedback di edisi-edisi mendatang.(Macworld/roc)

Best Regards,
Abdul Razak ACMT (Apple Certified Macintosh Technician) Senior Technician iBox AASP

Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 77