LIFESTYLE

Rip a DVD with HandBrake

Kamis, 04 Agustus 2011 18:13

Rip a DVD with HandBrake
HandBrake





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Gunakan Software Gratis Untuk Me-rip Film

Oleh Jonathan Seff

Catatan Editor: MPAA (Motion Picture Association of America) dan sebagian besar perusahaan media lainnya bersikeras kalau Anda tidak bisa menyalin atau mengkonversi DVD komersial secara legal untuk alasan apa pun. Kami (dan lainnya) berpendapat, jika Anda memiliki sebuah DVD, Anda bisa mengambil alih proteksi copy-nya untuk membuat salinan backup atau mengkonversi kontennya untuk ditonton di perangkat lain. Saat ini, belum ada hukum yang berpihak pada kedua pandangan ini. Saran kami: jika Anda tidak memilikinya, jangan lakukan. Jika Anda memilikinya, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum me-rip-nya.

STEP 1: INSTALL THE SOFTWARE
Untuk me-rip DVD menggunakan HandBrake, Anda perlu mengunduh software gratisnya (handbrake.fr). Jika Anda menggunakan Mac dengan prosesor Core 2 Duo atau lebih baik, pastikan Anda mengunduh versi 64-nya untuk mempergegas waktu ripping (versi 32-bit lebih lambat).

Dan karena HandBrake tidak lagi menyertakan library yang diperlukan untuk men-decrypt DVD komersial (Anda sebaiknya hanya me-rip DVD yang telah Anda beli), Anda juga perlu meng-install VLC media player (www.videolan.ord).

STEP 2: PICK WHAT TO RIP
Sekarang, masukkan DVD ke Mac dan luncurkan HandBrake. Secara default, app akan meminta Anda untuk memilih DVD tersebut - pilihlah dan klik Open. HandBrake akan memindai DVD untuk title yang ada di dalamnya. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.

Setelah scan selesai, klik kotak di sebelah Title dan, dari menu pop-up yang muncul, pilih judul dengan durasi paling panjang.

Jika Anda menemukan DVD yang berisi 99 judul, berarti Anda menghadapi skema copyprotection yang ditujukan untuk menangkal ripping. Jika ini terjadi, luncurkan app DVD Player Apple, masuk ke fitur utama, pilih Go > Title dari bar menu, dan temukan judul dengan tanda centang. Pilih judul tersebut di HandBrake dan lanjutkan.

Jika ada beberapa item yang ingin Anda konversi—misalnya semua episode dalam DVD serial TV - Anda dapat memilih satu, berikan nama unik di area File, klik tombol Add To Queue, dan ulangi langkah ini untuk semua item hingga semuanya masuk di daftar antrian encoding.

Ingat kalau HandBrake mungkin tidak bekerja untuk semua DVD. Anda mungkin butuh membeli app DVD-ripping lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

STEP 3: CHOOSE A PRESET
Walaupun Anda dapat men-tweak setiap aspek dari encoding, HandBrake menyertakan preset yang akan membuat proses ini menjadi lebih mudah. Jika Preset Drawer belum terbuka, klik tombol Toggle Presets yang ada di atas jendela HandBrake (atau tekan Cmd-T). Di Drawer, Anda akan melihat seksi Apple. Di sana, Anda akan menemukan Universal, iPod, iPhone dan iPod Touch, iPhone 4, iPad, AppleTv, dan AppleTV 2.

Jika Anda ingin menonton film di iPhone 4 misalnya, pilih setting dengan kualitas terbaik untuk perangkat tersebut. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lain. Preset Universal berguna jika Anda ingin file yang bisa digunakan di semua perangkat Apple. Jika Anda me-rip episode serial TV, Anda bisa memilih setting untuk setiap file sebelum menambahkannya ke daftar antri.

HandBrakeHandBrake

STEP 4: TWEAK YOUR SETTINGS
Sekarang, ada beberapa setting yang mungkin perlu Anda perhatikan.

Deinterlacing
Kebanyakan acara TV yang Anda temukan di DVD hadir interlaced—artinya, konten direkam dengan format half frame, atau bahkan even line dan odd line, yang dampaknya akan menghasilkan jagged video jika dilihat di komputer maupun perangkat bergerak. Untuk mengatasi masalah ini, HandBrake dapat men-deinterlaced sembari me-rip untuk memperhalus video. Untuk melakukannya, klik tombol Picture Settings, klik tab Filters, dan pastikan slider yang berada di antara Decomb dan Deinterlace berada di sisi kanan. Di menu drop-down yang ada di sebelah Deinterlace, pilih Fast (biasanya cukup untuk mengatasi masalah tersebut).

Audio
Mengganti atau menghilangkan track audio adalah cara yang ampuh untuk mengurangi ukuran file. Klik tab Audio dan lihat track audio yang dipilih oleh preset. Misalnya, jika Apple TV Anda tidak tersambung ke sistem tata suara surround, Anda mungkin perlu menghapus track audio 5.1-channel.

Subtitles
Jika film Anda menggunakan bahasa asing, atau Anda punya masalah pendengaran yang mengharuskan untuk membaca closed-captioning, tab Subtitles HandBrake adalah solusinya. Di sana, Anda dapat memilih subtitle atau captioning data yang terdapat di dalam DVD untuk memutuskan mana yang akan disertakan di file ripping. Subtitle akan tersemat permanen di file hasil rip dan tidak bisa dihapus, sementara data captioning adalah file terpisah yang bisa Anda pilih saat menyaksikannya di media player, seperti QuickTime ataupun VLC.

Setelah semuanya siap, klik tombol Start dan tinggalkan hingga proses selesai - tergantung dari durasi DVD dan kekuatan komputer Anda, proses transcoding video dapat memakan waktu yang cukup lama.

STEP 5: ADD METADATA
Meski langkah terakhir ini tergolong optional, menambahkan cover art, cast, summaries, dan lainnnya akan membuat film dan acara TV terlihat seperti dibeli dari iTunes Store.

Ada beberapa app yang dapat mencari metadata secara online dan menambahkannya ke file Anda. MetaX gratisan dari Rodney Kerstetter (www.kerstetter.net) didesain untuk keperluan tersebut, namun Video Monkey gratis dari Marrin (videomonkey.sourceforge.net) dan iFlicks seharga $25 dari iFlicks adalah app video-encoding yang bisa Anda gunakan hanya untuk menambahkan metadata. Setelah metadata tersemat, Anda bisa segera menambahkan film tersebut ke library iTunes untuk segera menikmatinya.(Macworld/roc)

Source: Macworld Indonesia, Juni 2011, halaman 76