LIFESTYLE

Seagate Barracuda Green 2TB

Rabu, 10 Agustus 2011 10:13

Seagate Barracuda Green 2TB
Seagate Barracuda Green 2TB





KapanLagi.com - Macworld Indonesia

Macworld IndonesiaMacworld Indonesia

Everything Goes Green, Including Hard Drives

Oleh Niko Radityo

Go Green adalah kampanye global yang merambah semua aspek, tidak terkecuali peralatan komputer yang diklaim sebagai salah satu yang paling menyedot daya listrik dibandingkan perangkat elektronik lain di rumah. Benarkah demikian? Tidak juga. Seagate mencoba untuk membuktikan bahwa Green itu bisa berlaku juga untuk komputer high-end, dengan memperkenalkan sebuah hard drive berukuran lega, yang mengusung teknologi Serial ATA terbaru, dan juga memiliki fitur lebih ramah lingkungan dibandingkan versi regulernya.

Rata-rata hard drive internal 3.5" memiliki kecepatan spindle (putaran piringan data) sekitar 7200 rpm, hard drive 3.5" internal performa tinggi (gaming/enterprise) memiliki 10.000 rpm, dan hard drive 2.5" (laptop/mobile) memiliki kecepatan putar 5400 rpm. Walau demikian, angka kecepatan putar ini bukanlah sebuah konvensi, melainkan sesuatu hal yang sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh produsen hard drive dalam menyeimbangkan rasio harga, performa, dan keandalan. Pengaruh kecepatan putar ini tentu saja pada kecepatan baca/ tulis data, panas yang dihasilkan, daya listrik yang dibutuhkan, dan juga harganya. Dengan Barracuda LP (disebut juga Barracuda Green), Seagate berusaha untuk mengoptimalkan rotasi spindle ini dengan performa dan harga.

SPESIFIKASI DAN PENGUJIAN
Dengan menggunakan kecepatan spindle 5900 rpm, Seagate mampu menekan konsumsi daya dan panas yang dihasilkan secara signifikan. Dalam pengujian, Seagate LP memiliki performa yang berada di atas hard disk tipe 'Green' lainnya, dengan 114MB/s untuk Sequential data transfer read/write rate (2MB) menggunakan IOMeter. Rata-rata hard disk lain berada pada 110MB/s, ini berkat kecepatan spindle yang cepat, dibanding kompetitornya yang rata-rata menggunakan 5400 rpm (standar).

Seagate Barracuda Green 2TBSeagate Barracuda Green 2TB

Untuk tes 500MB menggunakan CrystalDiskMark, Seagate lagi-lagi tercepat dengan 118MB/S, dibanding merek lain yang rata-rata mencapai maksimal 116MB/S, dan random read/ write mencatat 47MB/S, dibanding merek lain pada 42MB/s. Latensi juga baik, rata-rata 9.4ms pada pengujian 4K block, dibanding kompetitornya. Hanya saja, latensi Western Digital Caviar Green, ternyata bisa lebih cepat di 8.6ms. Tes daya listrik hanya memakan 4-6.6 Watt saja ketika random read. Dengan total daya 18.5 Watt ketika baru dinyalakan (startup). Ketika beroperasi, temperaturnya pun sangat baik, berkisar antara 30-36 derajat Celcius. Secara keseluruhan, kecepatan transfer data Seagate LP sangat baik, dan melebihi rata-rata hard disk lain di kelasnya.

HARD DISK DINGIN HEMAT DAYA
Diperuntukkan bagi siapakah hard disk ini sebenarnya? Bagi pengguna komputer yang menginginkan komputer yang hemat daya listrik dan tidak panas, biasanya untuk home theater, atau file server. Anda juga bisa menggunakannya untuk Mac Pro, dengan Apple Drive Module enclosure yang sesuai. Satu saja kelemahannya: Ketika Seagate 'Green' dimatikan, mata baca akan terdiam di atas piringan, atau disebut juga Contact Start-Stop (CSS). Ini berbeda dengan hard disk lain yang menggunakan sistem Ramp Loading, di mana mata baca akan di'parkir' di sisi ketika tidak beroperasi, dengan demikian mengurangi resiko ausnya piringan data.(Macworld/roc)

Spesifikasi

Rating:3,5
Model:ST32000542AS
Nama:Barracuda LP™
Interface:SATA 3Gb/s
Cache:32MB
Fitur:NCQ
Spindle:5900 rpm
Kapasitas:2TB
MTBF:750000 jam
Reliabilitas 24/7 (AFR):0.32%
Source: Macworld Indonesia, Juli 2011, halaman 27