LIFESTYLE

SonicGear Sonic Space DA-220i, Docking Bernuansa Elegan

Senin, 15 Agustus 2011 18:13

SonicGear Sonic Space DA-220i, Docking Bernuansa Elegan
SonicGear Sonic Space DA-220i





KapanLagi.com - Gadget Indonesia

Gadget IndonesiaGadget Indonesia

Rp 1.254.000,-

Oleh Octa

Perangkat pemutar musik digital keluaran Apple rupanya masih menjadi gadget yang digemari hingga saat ini. Tak heran bila berbagai macam vendor berlomba-lomba untuk menghasilkan docking yang dapat digunakan untuk menyangkutkan perangkat pemutar musik keluaran Apple tersebut dengan produk buatan mereka, mulai dari iPod, maupun iPod Touch. SonicGear memperkenalkan sebuah speaker docking yang diberi nama Sonic Space DA-220i dan diperuntukkan untuk perangkat iPod maupun iPod Touch.

Stylish Design
Pertama kali kami membongkar docking ini, tidak ada kesulitan yang berarti dalam memahami sistem pemasangan DA-220i. Semua aksesoris mulai dari docking pad, kabel konektor power supply, hingga remote control sudah tersedia di dalam paket dan bisa langsung Anda gunakan untuk mengoperasikan docking ini dengan cepat dan mudah. Sedangkan, dari segi dimensi, perangkat speaker docking ini terbilang cukup minimalis, ukurannya sekitar 500 x 152 x 173,5mm sehingga bisa ditempatkan di mana saja di ruang manapun di rumah Anda. Selain itu, untuk bobotnya, SonicGear merancang speaker docking ini dengan ukuran yang ringan (1,9 kg) agar bisa dipindahkan ke mana saja.

Tak membutuhkan waktu lama bagi kami untuk menghidupkan perangkat ini. Ketika kami hidupkan tombol ON yang berada di bagian sebelah kiri atas, tampilan lampu LED warna biru terpancar apik dari rongga-rongga tombol pengaturan maupun di bagian list yang berada di bagian bawah tombol pengaturan. Perpaduan menarik antara brushed aluminium yang berada di bagian depan dengan pancaran lampu LED biru yang berada di atasnya menjadikan speaker docking ini kian terlihat menawan bila ditaruh di atas meja kerja Anda. Karena hal tersebut, Anda dapat memfungsikan speaker ini sebagai sebuah properti dekorasi yang bisa memperkuat desain interior yang Anda inginkan pada ruangan tersebut.

Features
Sonicspace DA-220i kaya akan fitur-fitur yang menarik untuk mengoptimalkan kepuasan para penggunanya. Di perangkat speaker docking ini, ada lima pilihan sebagai sumber input, mulai dari perangkat iPod, tuner, Aux, USB 2.0, dan SD card. Dengan demikian, speaker docking ini cocok digunakan untuk memenuhi hasrat Anda mendengarkan musik dari berbagai macam perangkat pemutar musik digital. Apalagi Anda yang tidak merasa lengkap jika tidak bersantai di rumah sambil mendengarkan musik favorit, maupun Anda yang terbiasa terbangun di pagi hari lalu menyalakan musik penyemangat.

Speaker ini dilengkapi oleh amplifier yang memiliki output 2x5W+12W dan impedansi pada speaker sebelah kiri/kanan sebesar 6 Ohm, sedangkan pada subwoofer sebesar 12 Ohm. Ideal bagi sebuah speaker dengan ukuran sebesar ini. Untuk input audio terdapat stereo headphone jack 3.5mm, sedangkan untuk output anda dapat menemukan Subwoofer signal output RCA jack, dan 3.5 Aux in jack. Daya listrik yang dikonsumsi oleh DA-220i adalah tegangan AC 110-240V, dan DC 15V/3A. Anda pun akan mendapatkan 1 set perangkat iPod dock adaptor.

Agar Anda tidak perlu repot-repot menekan tombol operasional yang diinginkan, SonicGear telah melengkapi Sonic Space DA 220i dengan sebuah remote control. Bentuk remote control yang telah disediakan terbilang cukup unik. Dengan bentuknya yang khas, dijamin tak akan membuat Anda lupa di mana telah meletakkannya. Selain itu, semua tombol fungsi-fungsi untuk mengoperasikan docking ini terbilang lengkap sehingga apabila Anda menekan tombol tertentu bisa dilakukan dari jauh. Anda yang meletakkan speaker ini pada tempat yang agak jauh dari jangkauan akan segera menggunakan kepraktisan yang ditawarkan oleh fitur remote control ini. Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai aktivitas di sekitar rumah tanpa kehilangan kontrol penuh terhadap Sonic Space DA-220i.

Melihat ke bagian belakang, Anda akan menemukan beragam port yang telah disediakan, mulai dari port kabel power, headset, aux, iPod video output, antena radio, hingga subwoofer output. Semua port tersebut terbilang multifungsi untuk kebutuhan mendengarkan musik yang beragam maupun video. Meski terbilang lengkap, Anda perlu menambah beberapa kabel yang tidak termasuk ke dalam paket awal speaker ini. Anda pun perlu memperhitungkan panjang kabel serta bagaimana mengatur kabel tersebut dengan sedemikian rupa agar tidak mengganggu fungsi dari speaker ini secara keseluruhan, baik Anda mengambil sumber suara dari iPod, SD card, maupun sumber suara digital lainnya. Lalu bagaimana dengan kemampuan dari docking ini?

Digital Audio
Saatnya kami menguji coba kemampuan dari docking. Kami mencoba untuk menancapkan iPod touch ke docking yang telah tersedia. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa SonicGear telah memberikan docking pad yang dapat dimanfaatkan sebagai penyangga iPod touchnya agar tidak goyang saat digunakan. Ketika pertama kali iPod touch ini ditancapkan, perangkat ini langsung mengenalinya dengan otomatis. Dengan demikian, Anda dapat langsung memutar lagu-lagu yang ada di dalam list perangkat iPod touch tanpa perlu bersusah payah melakukan sinkronisasi terhadap kedua perangkat tersebut terlebih dahulu.

Suara yang dihasilkan oleh speaker yang ada di docking ini, tergantung dari kualitas rekaman yang Anda simpan di dalam iPod touch. Saat Anda menggunakan format dengan kompresi standar seperti mp3, Anda akan mendengar perbedaan yang cukup jelas dibandingkan dengan format lossless seperti FLAC atau Apple lossless. Terdengar dengan jelas, suara yang keluar dari speaker-nya berkualitas digital, sehingga suaranya terdengar cukup empuk di telinga kami. Kualitas speaker ini pun terbukti bagus dan mampu memainkan berbagai format dengan baik.

Kendati di bagian depan docking tertera tulisan 2.1 High Power System, rupanya kami tidak dapat menikmati suara rendah atau bass dari berbagai jenis musik yang kami mainkan. Kami teringat akan subwoofer output yang ada di bagian belakangnya. Rupanya dengan menggunakan port tersebut, Anda dapat menikmati dentuman suara bass dengan bantuan perangkat speaker subwoofer tambahan. Inovasi yang menurut kami sangat membantu dalam menambah frekuensi rendah yang penting bagi sebagian penikmat audio.

Setelah puas memutar lagu dari perangkat iPod touch, kami mencoba untuk memutar lagu dari medium flash disk. Perangkat docking ini dapat mengenali dengan cepat file lagu berformat MP3 yang tersimpan di dalam flash disk tersebut. Tentu saja, hal ini didukung juga oleh koneksi USB yang terbilang cepat dalam menghubungkan file multimedia yang tersimpan. Dan, kami pun dapat menikmati semua lagu yang tersimpan di dalam perangkat flash disk dengan mudah dan cepat.(Gadget/roc)

SPECIFICATIONS

Amplifier power output in RMS:2x5W+l2W
Speaker impedance:L/R speaker 6 Ohm + Subwoofer 120hm
Speaker playback frequency range:70Hz - 18kHz
Audio input/output:Built-in 3.5mm stereo headphone jack, DC in jack, Subwoofer signal output RCA jack, and 3.5mm Aux in jack
Voltage:AC 110-240V, DC 15V/3A (wall type switching power adaptor)
Unit size:500x152x173,5mm (WxHxD)
Unit net weight:1,9 kgs
Accesories included:Wireless remote control with battery and iPod dock adaptor (set)
Verdict
PlusPlus
:

  • Desainnya terbilang elegan dan mewah

  • Kualitas suaranya terasa empuk di telinga

  • Mudah digunakan

  • Fitur-fiturnya cukup lengkap


SonicGear Sonic Space DA-220iSonicGear Sonic Space DA-220i

Editor Says
"SonicGear menghadirkan sebuah mahakarya terbaru untuk segmen docking iPod. Tidak hanya desainnya yang menarik perhatian, namun fitur-fitur yang diusungnya cukup lengkap dan multifungsi. Sehingga Anda dapat menikmati lagu-lagu kesayangan tidak hanya dari iPod semata, melainkan bisa dari flash disk, memory card SD, Aux In, hingga radio FM. Jadi, apabila Anda berniat untuk membeli sebuah docking iPod Anda, Sonic Space DA-220i bisa dijadikan pilihan utama."

Source: Gadget Indonesia, Juli 2011, halaman 60