LIFESTYLE

Sony S1 and S2 Tablets, Aiming to Create New Lifestyle

Selasa, 09 Agustus 2011 18:13

Sony S1 and S2 Tablets, Aiming to Create New Lifestyle
Sony S1 and S2 Tablets





KapanLagi.com - Gadget Indonesia

Gadget IndonesiaGadget Indonesia

Price: TBA

Satu tahun sudah iPad pertama diluncurkan, pihak Sony mengumumkan bahwa mereka juga akan terjun ke dalam market tablet computer dunia. Tahun ini, pihak Sony mengumumkan bahwa mereka akan merilis dua buah Tablet PC yang dioperasikan dengan mempergunakan OS Android. Kedua tablet tersebut mereka beri kode S1 dan S2. Baik dari bentuk maupun spesifikasi, kedua bentuk tablet yang akan dirilis Sony pada musim gugur nanti benar-benar berbeda.

Kedua tablet akan beroperasi dengan mempergunakan OS Google Android 3.0 Honeycomb. Sony S1 dan S2 tablet juga akan datang dengan fitur seperti Wi-Fi, WLAN (3G/4G). Sony ingin berusaha untuk mendominasi pasaran tablet, yang sudah didominasi terlebih dahulu oleh iPad. Sony sudah berencana untuk membuat dirinya sebagai pembuat nomor dua tablet setelah Apple pada tahun 2012 nanti.

Sony S1 Tablet features
Tahun ini, akhirnya Sony berhasil merilis tablet pertama mereka. Tablet Sony pertama S1 beroperasi dengan mempergunakan OS Google Android 3.0 Honeycomb di dalam 9.4-inci touchscreen display, yang dikatakan mampu menampilkan display dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Dikatakan bahwa Sony saat ini tengah berusaha menciptakan User Interface sendiri yang unik, mirip dengan yang dilakukan oleh Samsung yang mengembangkan User Interface sendiri bernama TouchWiz. Namun, sepertinya untuk saat ini, untuk Sony S1 masih akan dipergunakan User Interface dari Honeycomb terlebih dahulu.

Dari segi bentuk fisik. Bentuk Sony S1 mirip sekali dengan tablet-tablet lainnya namun desainnya dapat dikatakan cukup elegan. Bentuk curve-nya menyerupai majalah yang sedang dilipat. Menurut pengakuan dari pihak Sony-nya sendiri, S1 dirakit berdasarkan desain yang dibuat dengan pegangan mudah serta rasa stabilitas dan ringan sehingga Anda benar-benar nyaman untuk memakainya selama berjam-jam. Lagipula, S1 memang disediakan untuk mendukung beragam media entertainment.

Sony S1 Android tablet sudah dilengkapi dengan front & rear camera, Wi-Fi, DLNA, Bluetooth, IR port for AV controls, WAN (3G/4G), dan GPS connectivity. Selain itu, Sony S1 juga memiliki kelebihan dalam hal PlayStation-certified. Ini artinya gadget tersebut sudah kompatibel dengan seluruh PlayStation games yang tersedia di seluruh Android Market.

Di bagian dalamnya, Sony S1 tablet Android didukung oleh prosesor 1GHz nVidia Tegra 2, sehingga seharusnya sudah mampu menjalankan HD video playback. Kapasitas memori sebesar 512MB RAM, dan dengan kapasitas HDD sebesar 32GB, Anda pun dapat menyimpan beragam data penting di dalamnya. S1 barulah sebuah codename; nama resmi gadget-nya baru akan mendekati Sony umumkan tanggal peluncurannya. Sony belum mengumumkan ketersediaan atau rincian mengenai jadwal peluncuran, namun diperkirakan Sony S1 Android tablet akan dirilis sekitar akhir tahun 2011.

Sony S1 and S2 tabletsSony S1 and S2 tablets

Sony S2 Tablet Features and Specification
Tablet Android kini sedang menjadi trend serta terus berkembang dan berevolusi, namun dari segi bentuk, kebanyakan dari mereka terlihat sangat mirip. Sony pun telah berusaha untuk membedakan dirinya dengan tablet lain dengan merilis S2, sebuah tablet Android berbentuk clamshell dengan dual-screens.

Sony S2 tablet Android memiliki dua layar sentuh berukuran 5.5-inci dengan resolusi 1024x480. Tablet S2 memanfaatkan clamshell atau desain flip sehingga layar akan melipat satu dengan lainnya ketika tablet ditutup. Sony mengatakan tablet Android S2 dirancang untuk keperluan yang berbeda, yaitu 'mobile communication and entertainment'. S2 akan difokuskan pada memberikan media Qriocity kepada konsumen.

Seperti halnya dengan Sony S1, Sony S2 tablet juga beroperasi dengan mempergunakan Google Android 3.0 Honeycomb yang khusus dirancang untuk perangkat tablet, namun Sony tidak akan mempergunakan fitur User Interface yang dimiliki oleh Honeycomb. Pihak Sony telah mengubah fitur User Interface-nya, untuk mengambil keuntungan faktor bentuk layar ganda yang dimilikinya. Di antara penambahan yang Sony lakukan adalah munculnya sebuah aplikasi e-reader dengan split-screen UI, dan aplikasi email yang menunjukkan keyboard pada satu layar dan konten email di layar lainnya.

Desain split-screen yang dimiliki oleh S2 juga tampaknya sangat ideal untuk bermain game, di mana fungsi gaming control ditampilkan pada layar bagian bawah, sementara game-nya sendiri berjalan pada layar di atas. Seperti halnya pada S1, tablet Sony yang satu ini juga memiliki kelebihan dalam hal PlayStation certified, sehingga dapat memainkan seluruh game PlayStation yang tersedia di seluruh Android Market. Pada saat melihat gambar maupun menjalankan movie, S2 memiliki pilihan untuk menampilkan gambar atau konten movie secara keseluruhan, mempergunakan kedua layar atau menampilkan konten hanya dengan mempergunakan salah satu layar saja.

Sony S2 tablet Android dilengkapi dengan rear camera, Wi-Fi, DLNA, Bluetooth dan GPS connectivity. Sony S2 tablet Android ini didukung oleh prosesor 1GHz nVidia Tegra 2, namun spesifikasi lengkapnya masih belum dapat disampaikan secara lengkap.(Gadget/roc)

Source: Gadget Indonesia, Juli 2011, halaman 18