LIFESTYLE

Steve Wozniak: Internet Adalah Hak Semua Manusia

Rabu, 18 Juli 2012 20:13

Steve Wozniak: Internet Adalah Hak Semua Manusia
Steve Wozniak





KapanLagi.com - Promotor 3 Ocean Act menggelar seminar Innovation & Creativity pada hari Selasa, 17 Juli 2012 lalu. Menghadirkan pembicara dari Indonesia, di antaranya Peter F. Gontha, Daniel Tumiwa, Renee Suhardono, Yoris Sebastian, dan Ligwina Hananto, serta international guest speaker, yaitu Steve Wozniak.

Wozniak yang dikenal sebagai co-founder Apple bersama Steve Jobs ini membagikan cerita dan pengalamannya selama bekerja di Apple. Meskipun dirinya tidak lagi terkait bekerja di Apple, Wozniak adalah salah satu pemegang saham Apple.

Wozniak yang juga dikenal eksentrik ini mengatakan bahwa cara terbaik untuk membuat sebuah produk adalah dengan menciptakan sesuatu yang merepresentasikan diri kita dan dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia.

Saat memasuki sesi tanya jawab, salah satu peserta bertanya kepada Wozniak "Steve Jobs dan Bill Gates drop out dari kuliah. Mengapa Anda menyelesaikan kuliah Anda?" Berbeda dengan perkataan orang tentang kepribadian Wozniak yang katanya introvert, Wozniak menjawab "Saya kuliah karena orangtua saya juga kuliah, dan saya ingin mengatakan kepada anak-anak saya bahwa ayah mereka dulunya mampu menyelesaikan kuliah." Jawaban ini kontan membuat peserta tertawa.

Apple Product yang saat ini merupakan must have untuk masyarakat dunia memang merupakan sebuah produk yang sukses besar. Perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti ini membuat Wozniak berpikir bahwa "The Internet is the human right," yang artinya "Internet adalah hak semua manusia." Mengapa? Karena lewat internet manusia lebih mudah berkomunikasi, di mana pun, kapan pun, dengan siapa pun" ucap Wozniak.

Beliau kemudian menambahkan "People should be thankful for today's technology. With technologies we are able to do a lot of things."

Ketika salah satu peserta bertanya tentang cara Wozniak bekerja sama dengan Steve Jobs, Wozniak menjawab "Simple. I made the product. Steve Jobs found ways to sell it."

Farhan selaku moderator mengakhiri sesi tanya jawab pada pukul 18.15. Sebelum menutup seminar Innovation & Creativity, Wozniak meng-encourage generasi muda untuk menggunakan waktu dengan baik dan tidak menyia-nyiakan masa muda. Well noted, sir! (kpl/bin)