LIFESTYLE

Transformers Ikut Upacara Bendera

Kamis, 18 Agustus 2011 10:52

Transformers Ikut Upacara Bendera
Robot-robot Sejenis Transformers Mengikuti Upacara Bendera





KapanLagi.com - Demam TRANSFORMERS rupanya belum berakhir. Memperingati kemerdekaan ke-66, Republik Indonesia, robot-robot sejenis Transformers mengikuti upacara bendera. Seru? Pastinya.

Upacara bendera unik oleh para robot itu diadakan oleh World Robotic Explorer atau Rumah Robot. Ada 45 robot yang mengikuti upacara di Thamrin City, Tanah Abang, Jakpus. Masing-masing robot memiliki tugas yang berbeda, persis seperti upacara biasa. "Semangatnya diambil dari tahun kemerdekaan kita. Kita ingin merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda dan pertama di dunia," ungkap Rizal Heryanto, Komisaris Rumah Robot, usai melakukan upacara bendera, Rabu, (17/08/2011).

Bertindak sebagai pemimpin upacara robot NAO, dari Perancis. Robot Bioloid dari Korea menjadi pemimpin pasukan. Komdo dan Manoi dari Jepang memang bendera. NXT asal Denmark menjadi kelompok paduan suara. RQ-5 menjadi pembaca acara. 17 robot Origami menjadi peserta upacara. Masih ada robot VEX dan R2P yang menjadi peserta upacara yang menjaga keamanan. "Seluruh robot ini kami program selama seminggu untuk upacara bendera," lanjut Rizal.

Keunikan ini mendapat sambutan meriah pengunjung rumah robot. Merekapun ikut menjadi peserta upacara. "Melihat antusiasme pengunjung mendorong kami untuk lebih inovatif. Tahun depan kami akan adakan lagi, dengan harapan robotnya sudah ada robot produksi dalam negeri," jelas Direktur Rumah Robot, Jully Tjindrawan.

Rumah robot adalah ruang bertemunya komunitas pecinta robot. "Kami berharap anak-anak bangsa yang selama ini memiliki bakat di bidang sains bisa menggunakan ruang ini untuk berinovasi," harapnya. Pada hari biasa, robot-robot tersebut memang disediakan untuk umum dengan dukungan ruang pamer dan eksplorasi. "Bahkan kita bisa belajar merangkai dan memprogram robot di sini," tandasnya. (kpl/uji/nat)