LIFESTYLE

Yang Baru dan Keren Dari Apple

Jum'at, 03 September 2010 23:13  | 

Steve Jobs







KapanLagi.com -
Oleh: Djoko Poerwanto

Adalah keahlian Apple membuat gadget baru dan membuat gadget Apple yang sebelumnya terlihat usang. 1 September 2010 lewat acara yang bertajuk Apple Music Event, Steve Jobs, boss Apple, kembali unjuk gigi dengan deretan gadget terbaru nan keren, dengan gaya khas teatrikal dan beberapa line-line yang sedikit menyinggung kompetitornya. Berikut beberapa update gadget terbaru Apple.

iPod Nano MultiTouch

iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch

Isu seputar iPod Nano dengan ukuran perangko gede ini sudah berhembus beberapa bulan yang lalu. Ide dasarnya, menurut Steve Jobs, adalah menghilangkan click wheel, feature khas iPod Classic selama ini, sehingga dibuatlah iPod Shuffle dengan feature MultiTouch.

Touchscreen 1,54 inci iPod Nano ini 46% lebih kecil dari iPod Nano sebelumnya plus 42% lebih ringan. Meskipun begitu ia tetap lebih besar dari iPod Shuffle terbaru keluaran Apple. iPod Nano MultiTouch ini tetap memiliki tombol pengatur suara, voice over (dengan 29 bahasa), Radio FM, Nike+ Support, Pedometer, dan Apple berani mengklaim memiliki kekuatan baterai selama 24 jam. Seperti iPod Shuffle, iPod Nano MultiTouch ini memiliki clip yang bisa diselipkan di armband, baju atau yang lain. Ada yang menggelitik, ketika Steve Jobs menunjukkan fitur ini. Ia berkomentar, "Pasang (iPod Nano MultiTouch) ini di gelang tangan Anda, jadilah ia jam tangan." Sepertinya ini bakal jadi ancaman buat produsen jam digital!

iPod Nano MultiTouch ini dilengkapi dengan OS hasil permakan OS Nano sebelumnya, dan bukan merupakan bagian dari keluarga iOS. Apple menyatakan tidak banyak fitur baru dan radikal yang ditawarkan, karena memang fokusnya adalah pada streamline control, layaknya control di iPhone dan iPod Touch. Pada iPod Nano MultiTouch ini control click wheel digantikan dengan gesture MultiTouch.

Fitur yang agak disesalkan hilang dari iPod Nano baru ini adalah, fitur video camera dan kemampuan memutar video, dan sepertinya Apple memfokuskan fitur ini hanya untuk iPod Touch. Meski begitu Nano MultiTouch ini tetap memiliki kemampuan menampilkan album foto.(kpl/djk/roc)

iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch
iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch
iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch
iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch
iPod Nano MultiTouchiPod Nano MultiTouch

Halaman berikutnya