SELEBRITIA

Arti Kartini Bagi Selebriti!

Kamis, 15 April 2010 23:46  | 

Julia Perez







KapanLagi.com - Siapa sih yang tak kenal Raden Adjeng Kartini? Semuanya pasti tahu. Pasalnya, sudah sejak duduk di bangku SD, sosok wanita luar biasa ini sudah dikenal oleh seantero negeri. Kiprahnya memperjuangkan hak wanita yang begitu dahsyat menjadikan hari lahirnya diperingati sebagai salah satu hari nasional di setiap tanggal 21 April.

Walaupun telah tutup usia pada 17 September 1904, saat usianya 25 tahun, nama Kartini dianggap menjadi tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor kebangkitan perempuan di negeri ini. Ia menjadi tokoh paling inspiratif bagi jutaan perempuan Indonesia, yang akhirnya melahirkan berbagai Kartini-Kartini Modern yang hidup di masa kini.

Seperti apa sih para Kartini Modern itu, dan apa pendapat mereka mengenai Kartini? Yuk kita simak jawaban para selebriti berikut ini:

1. Tantri

Sebagai rocker muda, sosok Tantri memang sudah patut dibilang Kartini Modern. Baginya, seni itu bisa dipelajari, dan dengan belajar maka para wanita juga bisa menyamakan derajat dengan pria. Mau usaha di bidang apa saja, vokalis band Kotak ini yakin wanita Indonesia pasti bisa.

"Kartini adalah sosok wanita yang tangguh, beliau menunjukan bahwa wanita bisa juga melakukan pekerjaan pria. Wanita tidak hanya menjadi seorang ibu yg mengurus anak dan membersihkan rumah walaupun memang itu kodrat wanita, tapi wanita bisa juga menjadi pemimpin negeri."

"Kita pernah di pimpin oleh sosok wanita yaitu ibu Megawati. Jadi mari para wanita-wanita Indonesia kita warnai Indonesia dengan tangan kita layaknya Kartini memperjuangkan hak wanita.

2. Laura Basuki

Gadis kelahiran Jakarta, 9 Januari 1988 ini lebih menitikberatkan perjuangan Kartini di bidang pendidikan. Menurutnya, usaha para wanita yang memperjuangkan hak orang lain adalah sosok Kartini sejati.

"Semangat Kartini modern adalah semangat belajar. Jika ada wanita yang tidak sekolah, kita bisa mengupayakan pendididikan untuknya, itu baru Kartini. Karena pendidikan sangat penting. Selain pendidikan, budaya juga harus kita perjuangkan. Meskipun kecil kita harus menjaga budaya, itu semangat Kartini juga. Misalnya dengan mencintai dan menggunakan kebaya atau batik."

3. Melanie Ricardo

Wanita yang mengidolakan Rosiana Silalahi ini menuturkan bahwa wanita modern yang bisa memberikan pengaruh baik kepada masyarakat dan juga konsisten dengan apa yang dijalani merupakan sosok Kartini di masa kini.

Selain itu, semangat Kartini juga bisa diterapkan dalam berumah tangga. Wanita harus bisa menjadi equal partner suami, di mana susah dan senang bisa dijalani bersama.

"Buat aku Kartini Modern adalah wanita yang passionate ama kerjaannya, tahu passionnya, dan bisa beri influence yang baik buat lingkungan dan masyarakat."

4. Julia Perez

Boleh jadi, sosok Jupe dianggap sebagai Kartini Modern. Wanita seksi ini memang tak pernah mundur dengan apa yang dihadapinya. Ia pun mengaku semangat untuk tetap maju yang dimilikinya juga terinspirasi oleh RA Kartini.

"Beliau tidak bisa disamakan dengan wanita Indonesia manapun, tapi beliau menginspirasi wanita Indonesia termasuk saya, terutama dalam memperjuangkan harkat dan martabat untuk keluar dari keterbelakangan. Mungkin beliau dengan saya tidaklah sama. Tapi spirit untuk survive dan terus maju sangat terinspirasi dari beliau."

5. Olivia Lubis Jensen

Menjadi wanita blasteran yang punya darah Indonesia membuat Olivia bangga. Dengan darah campuran yang dimilikinya, ia beranggapan bahwa hal tersebut adalah suatu keuntungan karena lebih menguasai banyak kultur. Kartini juga jadi motivasinya untuk terus berkembang.

"Buat saya, Kartini melambangkan sosok wanita tangguh, jadinya wanita-wanita termotivasi dengan adanya Kartini. Jadinya seorang wanita ingin lebih sukses dibandingkan laki-laki."

6. Oxcel Paryana

Makna 21 April untuk seorang Oxcel adalah salah satu tanggal yang paling bersejarah, spesialnya bagi bangsa Indonesia terutama kaum wanita. Tanggal ini bermakna yang dalam, yang mengingatkan kita akan seorang pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, yakni RA Kartini.

"Semenjak itulah muncul pernyataan kesetaraan gender. Kata itu jadi motivasi besar bagi kaum wanita untuk bisa sejajar dengan kaum pria, jadi bikin perempuan nggak manja dan terus berjuang keras, memiliki mental yang kuat seperti pria, biar wanita itu nggak merasa ditindas. (Wanita) bukan hanya diagung-agungkan karena tidak akan membuat wanita jadi lebih tinggi derajatnya, tapi yang bisa membuat kita bangga ialah dengan nunjukin usaha keras kita untuk bisa melakukan hal-hal yang bisa dilakukan pria."

Bagi kebanyakan selebriti, menjadi Kartini Modern merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Berkarya lewat musik, akting, sampai menjadi public figure yang menjadi panutan bagi masyarakat adalah value yang tak ternilai harganya. Maju terus Kartini-Kartini Modern. Hidupkan terus semangat Kartini sampai kapanpun! (kpl/boo)