SELEBRITIA

Berbagi Kisah Dengan Si Rumput Liar 'Melanie Subono'

Jum'at, 13 Agustus 2010 11:30  | 

Melanie Subono






KapanLagi.com -
Oleh: Puput Puji Lestari

Menyandang nama keluarga Subono, Melanie Subono, bisa jadi diasumsikan bisa mendapat kenyamanan dan fasilitas dari ayahnya Adrie Subono. Apalagi Melanie juga berkarir sebagai musisi yang sejalan dengan kegiatan ayahnya sebagai pemilik event organizer yang mendatangkan musisi luar negeri.

Tapi didikan kemandirian membuat Melanie jauh dari asumsi publik tersebut. Ketegarannya menghadapi cobaan hidup terus diuji dengan serangkaian sakit yang dideritanya bertahun-tahun. Melanie, seperti rumput liar, yang kuat mengikat tanah agar tak terkikis erosi. Demikian dirinya, tak menempatkan sebagai sosok istimewa dengan segala pencapaiannya. Fans atas karya lagunya dinisbikan, baginya Melovers adalah sahabat baiknya. Apresiasi mereka terhadap lagu karyanya adalah suntikan semangat.


Melanie Subono

Bertoleransi sejak dini, itu mungkin salah satu bekal Melanie dalam mengarungi hidupnya. Gaya rock and roll, semau diri sendiri membawa kehidupan sendiri namun pantang menyakiti orang lain. Bisa jadi karena dibesarkan dalam lingkungan beragam agama, Melanie menjadi arif menghadapi perbedaan. Simak perbincangan intim KapanLagi.com dengan Melanie, di Selasa siang, 10 Agustus di Coffe Bean Sarinah, Jakpus.

KARIR

  • Jarang nongol di TV, apa kabar?
    Aku memang bukan manusia on air. Tapi akhir-akhir ini banyak on air karena lagu duet gue sama Anda diterima masyarakat jadi seneng juga.
    Video klip Hei Wanita nggak boleh tayang di TV karena ada beberapa kata yang aku sebut seperti Marsinah. Aku sih nggak kecewa ya. Karena di luar permintaan lagu itu kenceng, aku bersyukur karena aku bukan manusia on air yang harus menilai keberhasilan dengan banyaknya tampil di TV.
    Market aku kan kalau boleh dibilang sangat tinggi dan banyak untuk Melovers. Apalagi setelah aku bergabung di dalam manajemen Slank, Potlot Manajemen. Slank belum pernah ngasih lagunya untuk direcycle, tapi kenapa aku yang dikasih aku juga nggak tahu. Alasannya mesti ditanyain ke Bimbim atau anak Slank lainnya. Aku bersyukur banget, hidup ngalir aja tapi banyak kejutan yang aku terima.
    Kalau mas Bimbim sendiri ditanya orang jawabnya karena Melanie secara attitude rock n roll sejalan dengan Slank. Aku juga nggak mengajukan diri untuk featuring.
  • Tapi orang lebih suka TV?
    Itu yang bikin gue nggak suka TV. Manusia kan biasa suka nge-judge. Kalau gue disuruh TV kenceng tapi off air turun gue milih off air.
  • Ada target album?
    Nggak ada target ya album mesti keluar kapan. Gue ngerjain semua lagu gue sendiri. Karena itu gue suka mengerjakan lagu-lagu gue baru mikirin kemasannya. Karena kan gue kerja di bidang seni, kalau dipaksa malah bakal nggak dapat kreativitasnya. Gue merasa gue orang yang beruntung karena gue bisa cari uang dengan hobi. Bisa nulis lagu kemudian nyanyi. Itu gue seneng banget, trus kalau ada yang bilang untuk memaksa aku berkarya pada waktu tertentu, nggak bisa. Gue tipikal yang kalau digencet akan semakin mental. Bisa sangat ekstrim dan berbalik.
    Kalau disuruh ngomong album gue bingung, ini album keberapa ya. Gue pernah keluarin solo yang khusus distribusi di luar. Lagu Hey Wanita yang akhirnya gabung di album bareng, bukan masuk album gue sendiri, gue pernah di Pas Band, Superman Is Dead, nah album baruku nanti rencananya ngumpulin lagu-lagu yang bercecer dijadikan satu. Biar yang mau beli CD nggak susah.
  • Pengalaman duet termanis?
    Semua artis gede yang pernah featuring bareng itu keren ya. Puji Tuhan gue sudah diberi kesempatan untuk duet dengan band yang gue suka. Kayak Pas Band, Slank, Superman Is Dead. Sekarang gue sama Anda. Di album besok itu banyak, ada Steven and The Coconut Treez, Ipang, gue orangnya ngalir.
    Cuma di album kemarin gue nyanyi bareng sama suami gue judulnya Time Alone With You. Itu kalau dikomunitas cukup kenceng. Itu lagu biasa kita nyanyikan sebelum menikah. Dan pas pernikahan, gue jalan di altar dengan lagu itu.

  • Karir nyanyi dan EO?
    Berjalan, gue sekarang jalan nyanyi, nerbitin buku, nulis beberapa kolom, MC, masih jadi duta sahabat peremepuan, masih jalan di Kontras. Sekarang udah canggih dengan BB. Jabatan gue di Java tidak mengharuskan gue ada di belakang meja 3-4 hari H. Jadi sambil jalan. (kpl/uji/nat)

Lihat Galeri Photo Melanie Subono:

Melanie SubonoMelanie Subono
Melanie SubonoMelanie Subono
Melanie SubonoMelanie Subono