SELEBRITIA

Curhat Kerispatih: Ini Bukan Ketepurukan, Tapi Penundaan

Rabu, 12 Mei 2010 10:27  | 

Kerispatih







KapanLagi.com - Oleh: Yunita Rachmawati

Frontman alias vokalis terkadang identik dengan nyawa sebuah band. Ketika sang vokalis hengkang atau cabut dari grup musik miliknya, tak jarang band yang dinaunginya pun seperti kehilangan jati diri. Tapi hal itu tidak berlaku untuk Kerispatih. Sejak kepergian Sammy Simorangkir lantaran positif menggunakan narkoba, band yang berdiri pada 21 April 2003 ini tetap eksis. Bahkan sekarang bisa dibilang makin fresh.

Adalah Fandy Santoso, cowok asal Jember yang begitu beruntung bisa memenuhi impiannya untuk menjadi vokalis Kerispatih. Tampil perdana di atas panggung lewat acara INBOX SCTV yang digelar di Malang, Senin (10/05/10) pagi, ia langsung mendapat sambutan meriah dari ribuan Mahapati - sebutan untuk penggemar Kerispatih.

Dan tak mau ketinggalan moment ini, KapanLagi.comô pun tak sabar untuk menemui mereka. Lengkap dengan semua formasi baru untuk pertama kalinya di depan publik. Setelah janjian ketemu di backstage, kelima personel yakni Badai, Anton, Arief, Andika, dan tentu saja Fandy menyambut dengan ramah. Setelah sedikit berbasa-basi akhirnya kita mulai duduk berkelompok, terpisah dengan musisi lainnya. Badai selaku sang dedengkot lebih banyak menjawab pertanyaan.


Kerispatih

  • So, bagaimana nih tanggapannya punya vokalis baru? Apa ikutan baru juga semua personilnya nih, makin fresh aja?
    (Sambil tersenyum, keboardist ini buka suara)....yah, vokalis baru mewakili lah lagu-lagu Kerispatih yang sudah pernah ada, dan karakter vokalnya memang kita cari yang nggak keluar dari jalur pop. Yang kita butuhkan adalah vokalis yang bisa membantu performance Kerispatih juga, membantu membuat lagu-lagu Kerispatih jadi lebih fresh. Fandy ini buat Kerispatih first impression-nya luar biasa. Semoga nanti diselanjutnya dia lebih bisa memperbaiki lagi, terus terus dan terus.
    Wah berarti istilahnya Fandy lebih punya karakter yang lebih kuat dengan peserta audisi yang lain yang sudah digelar beberapa waktu lalu?
    Kalau dibanding peserta audisi yang lain, iya. Bagi Kerispatih, salah satu karakter yang mungkin lebih...mmm...apa ya, menarik lah (kata Badai seraya tersenyum setelah menemukan kata yang pas untuk Fandy)
  • Dengan hadirnya Fandy, ada nggak sih indikasi bagi keempat personil tersisa untuk mengubah konten milik Kerispatih yang sudah terlanjur melekat di fansnya?
    Indikasi mengubah sebenarnya nggak, karena Kerispatih sudah begini, lagu-lagunya sudah gini, bandnya sudah seperti ini. Yang jelas Sammy punya karakter sendiri karena dia sudah melegenda di telinga mahapati, di Kerispatih-nya juga sudah seperti itu. Cuma dengan kehadiran Fandy, kita berharap ada suatu pencerahan baru. Artinya musik itu tidak bisa statis. Kita pengen musik yang dinamis, dengan kehadiran Fandy kita berharap musiknya Kerispatih bisa lebih luas lagi untuk menciptakan karya-karya baru
  • Mmmm... dalam arti kata, dengan adanya Fandy, Kerispatih agak berubah sedikit gitu?
    Kalau karakter vokal memang berubah. Kita harus mengaku ada perbedaan antara karakter Sammy dengan Fandy itu beda. Tapi kalau untuk musik, untuk aransemen, untuk lagu, Kerispatih ya seperti ini.
  • Mantap kalau gitu bro... terus kapan nih ada album baru dengan format baru seperti ini nih?
    (Buru-buru menjawab dengan semangat, Badai pun menjelaskan) Nanti ada repackage album, nanti akan ada 3 lagu baru, dan memang lagu-lagunya masih Kerispatih banget. Tapi nanti di next album kita akan berunding lagi, yang jelas di album Kerispatih 1, 2, 3, 4 itu akan ada formula-formula yang baru dari lagu-lagunya, aransemennya terutama. Apalagi kalau kita live kita selalu mengubah, dalam artian mengacak-acak aransemen gitu biar orang nggak bosen. Tapi kalau mengubah esensi Kerispatih ya nggak, karena memang popnya Kerispatih ya seperti ini, melankolis, true story dan ada unsur black popnya.
  • Berarti ada misi baru nih dari Kerispatih sendiri. Ngomong-ngomong apa sih misi baru Kerispatih?
    Pertama, bangkit lagi dari penundaan yang kemarin. Kita nggak bilang itu ketepurukan, tapi itu penundaan. Nah yang kedua, ya kita nggak muluk-muluk, kita berharap Fandy ini sebagai member baru bisa diterima teman-teman mahapati, dan berharap Kerispatih bisa mewarnai lagi lah acara-acara musik di Indonesia ini karena kita kangen maen lagi, kangen performance lagi. Kita berharap media pun memblow-up Kerispatih secara positif. (kpl/boo/rit)

Lihat Galeri Foto Kerispatih:

KerispatihKerispatih
KerispatihKerispatih
KerispatihKerispatih