SELEBRITIA

Diancam Drop Out, Trio Macan Pertahankan Karir Menyanyi

Selasa, 01 Juni 2010 10:08  | 

Trio Macan







KapanLagi.com -

Oleh: Budi Hermawan

Kamis (29/4), tepat sesuai jadwal pukul 18.55 flight menuju Sepinggan - Balikpapan tinggal landas. KapanLagi bersama rombongan Trio Macan menempuh perjalanan udara selama 1 jam 50 menit. Di bandara dua mobil telah disiapkan untuk menjemput kami. Tampak Lia akrab dengan salah satu penjemput. "Iya mas, Lia sudah sering ke sini," tutur Arif yang bertugas sebagai driver. Trio Macan memang sudah familiar buat masyarakat Kalimantan, khususnya di Kutai Timur.

Perjalanan menuju Kutai Timur, kami tempuh dengan selama 6 jam dengan kondisi jalan yang mulus, naik turun bukit. Rombongan sempat berhenti di tengah kaki Gunung Menangis di wilayah Tenggarong Kutai Kartanegara, melepas penat dan mengusir kantuk dengan minum kopi. Waktu telah menunjukkan pukul 02.45 WITA. Perjalanan masih jauh, Lia tetap terlelap di pangkuan Nano. Pukul 05.03 WITA rombongan sampai di rumah dinas Bupati Kutai Timur.

Tak ada protokeler di sini. Kami dipersilahkan masuk ke kamar yang telah disiapkan. Acara tidur pun dilanjut. Keesokan harinya waktu telah menunjukkan pukul 18.00 WITA (30/4), saat rombongan Trio Macan menuju Kecamatan Bengalon. Dapat dibilang ini pentas "pemanasan" sebelum mereka manggung sesungguhnya besok di Lapangan Sangata. Perjalanan dari rumah dinas bupati menuju ke Bengalon ditempuh selama 1 jam. Trio Macan disambut meriah di sana. Foto bareng fans menjadi agenda yang cukup melelahkan. Di Bengalon, Lia dkk membawakan 7 lagu. Usai tampil di Bengalon, Trio Macan langsung balik ke base camp di rumah dinas Bupati Kutai Timur.


Trio Macan

KapanLagi.com kembali dapat kesempatan berbincang. Kali ini kami membahas karir dan pendidikan. Ternnyata sebelum sepopuler sekarang ini, semua anggota Trio Macan punya tantangan tersendiri saat mereka meniti karir dengan sekolah. Ancaman drop out sempat mengintip mereka.

  • Bagaimana dengan sekolah kamu dulu?

    Ayu: Dulu aku sempat dikasih pilihan. Pilih sekolah atau nyanyi. Pihak sekolah tidak setuju kalau aku nyanyi. Akhrinya aku pindah dari SMA I Lamongan ke sekolah swasta. Akhirnya aku lulus kemarin dengan nilai tertinggi. Sebenarnya sekolah juga butuh duit, dan aku ditawarin masuk Trio Macan kenapa tidak, ini kesempatan, lulus sekolah juga susah cari kerjaan, banyak sarjana yang nganggur juga.

    Lia: Dulu sebelum ada Trio Macan, aku sudah nyanyi dangdut, sekolah tidak setuju kalau aku nyanyi dangdut, alasannya pakaiannya terbuka sementara sekolah dulu pakai kerudung. Aku adalah siswi yang sering dipanggil ke BP. Tapi aku orang tuaku nggak pernah aku kasih tahu, soalnya ibuku orangnya "nelongsoan", jadi aku selesain sendiri. Anehnya mereka juga sering minta aku ngisi acara sekolah seperti perpisahan. Kalau yang gratisan mereka mau.

  • Kalau Yeni bagaimana?

    Yeni: Kalau aku tidak ada masalah urusan sekolah, semuanya baik-baik saja.


Di album Trio Macan yang terbaru berisikan lagu-lagu recyle milik Ahmad Dhani yang diubah versinya menjadi lebih dangdut. Dan pada akhirnya, Trio Macan diisukan masuk ke RCM.

  • Kenapa Trio Macan masuk RCM?

    Lia: Oh, kita tidak masuk RCM. Itu hanya kerjasama album saja. Dari label meminta membawakan lagu-lagunya Dhani. Kita tidak masuk ke RCM. Kita lebih enak dengan manajemen yang sekarang ini, lebih bebas.

  • Nama lengkap personil?

    Lia: Kalau nama asli tidak usah, takut didukunin.
  • Ada hubungannya nggak Trio Macan dengan Pussycat Dolls?

    Lia: Tidak tahu, kita baru dengar saja sekarang, maklum orang kampung.

  • Asal personil?

    Lia: Lamongan (Lia dan Ayu) sama Surabaya (Yeni)

  • Hal 'gila' apa lagi yang ingin kalian lakukan selain goyang koprol macam itu?

    Ayu: Pingin foto gundul.

    Lia: Pingin nyanyi kayak balet sambil main bola, kayak sirkus.

    Yeni: Aku pingin nyanyi sambil main suling.

  • Selama ini Trio Macan terkenal dengan gerakan energiknya, pakai koreografer?

    Lia: Otodidak saja, kecuali kalau ada acara yang besar dan memang dibutuhkan koreografer.

  • Ada nggak keinginan kalian untuk go internasional?

    Lia: Semua penyanyi pasti pingin. Tapi kita coba jalani yang ada dulu secara baik, telateni aja yang ada di dalam. Tapi kita pernah main dua kali di luar negeri, di Taiwan dan Timor Leste, sambutannya bagus, di luar dugaan kita.

  • Ada satu keinginan featuring dengan artis lain?

    Yeni: Tidak ada. (kpl/wwn/uji/nat)


Lihat Galeri Photo Trio Macan:

Widi MuliaWidi Mulia
Widi MuliaWidi Mulia
Widi MuliaWidi Mulia