SELEBRITIA

Lirik Indonesia Paling Dicari di 2009

Senin, 28 Desember 2009 20:52  | 

Vidi Aldiano







KapanLagi.com - Jika diperhatikan sepanjang 2009, lirik-lirik lagu musisi tanah air banyak yang bernuansa mellow dan patah hati ditambah dengan irama yang monoton. Pun demikian lirik-lirik yang semangat jadi tak laku. Malah lirik dengan tempo upbeat masih disukai dan lirik penyemangat malah menjadi favorit.

Dari sepuluh lirik lagu yang paling dicari selama tahun 2009, masih didominasi oleh lirik cinta. Tapi cinta tak melulu harus mellow, inilah yang ingin disampaikan sebagai musisi yang berani menawarkan irama cinta yang tak hanya mellow.

1. Nuansa Bening - Vidi Aldiano

Di urutan pertama, ada lagu lama milik Keenan Nasution yang kemudian diaransemen ulang dengan sentuhan RnB dan dibawakan secara apik oleh Vidi Aldiano, Nuansa Bening. Hit single pertama yang diambil dari album PELANGI DI MALAM HARI ini menjadi lirik lagu yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2009 ini.


2. Masih Cinta - Kotak

Di posisi kedua ada lagu milik band pemenang festival DREAM BAND, Kotak. Masih Cinta, merupakan single kedua dari album KOTAK KEDUA. Meski lirik terkesan mellow, tapi tak lantas membuat lagu ini mendayu-dayu, dengan ciri khas Kotak sebagai band modern rock, single ini masih terlihat sisi rock-nya.


3. Buka Semangat Baru - Ello, Ipang, Berry (Saint Loco), Lala

Single baru yang merupakan hasil 'keroyokan' dari Ello, Ipang, Berry dari Saint Loco serta Lala ini memang bukan single melankolis. Melainkan single yang mengajak para pendengarnya untuk selalu bersemangat menjalani keseharian hidup. Didukung irama yang ceria dan dengan theme song sebuah iklan minuman, membuat Buka Semangat Baru menjadi salah lagu yang dicari di KapanLagi.com.


4. Masih Ada - Ello

Cukup lama vakum, kini Ello kembali dengan album REALISTIS/IDEALIS di tahun 2009. Seperti khas Ello di album-album sebelumnya, meski menceritakan tentang kesendirian, tapi tempo lagu ini jauh dari mendayu-dayu. Dengan tempo yang upbeat dan lirik yang kekuatan cinta pada Masih Ada, Ello berhasil merengkuh kembali kesuksesannya di panggung musik.


5. Online - Saykoji

Demam situs jejaring sosial di media online, seperti Facebook dan Twitter dimanfaatkan oleh Ignatius Rosoinaya Penyami alias Saykoji untuk mempromosikan single Online. Padahal lagu ini sendiri dibuatnya jauh sebelum demam pada akun jejaring sosial ini melanda tanah air. Dan single ini semakin digemari kala dijadikan theme song sebuah provider telepon genggam.


6. Kesalahan Yang Sama - Kerispatih

Nama Kerispatih sebagai band yang jago dengan lirik-lirik romantis memang sudah tidak diragukan lagi. Tengok saja 3 album yang diluncurkannya selalu menjadi hits. Dan single Kesalahan Yang Sama adalah single dari album teranyarnya, TAK LEKANG OLEH WAKTU. Meski melankolis, single ini mampu menjadi favorit para Mahapatih (sebutan bagi fans Kerispatih).


7. Rapuh - Joeniar Arief

Lepas dari grup vokal Tofu, Joeniar Arief memilih untuk bersolo karir. Dan tampaknya pilihannya itu tidak salah. Lewat album SESUNGGUHNYA, single Rapuh yang kental dengan nuansa RnB mampu mencuri perhatian publik. Meski terkesan mellow, namun irama RnB yang membalut single ini menjadi daya tarik tersendiri, mengingat penyanyi solo yang concern di RnB masih bisa dihitung dengan jari.


8. Tak Gendong - Mbah Surip

Penampilannya yang nyentrik, dengan rambut gimbalnya, ditambah musik reggae membuat Mbah Surip memiliki magnet tersendiri. Meski hanya sesaat meramaikan panggung musik tanah air, namun karyanya selalu dikenang penikmat musik. Fokus pada musik reggae, membuat lagu Tak Gendong yang salah satu lagu yang paling dicari sepanjang tahun 2009 ini.


9. Ajari Aku - Adrian Martadinata

Pertama kali hadir, Adrian mungkin kurang dikenal publik. Tapi berkat dipakainya single Ajari Aku oleh salah satu provider telepon membuat namanya juga melambung. Ajari Aku berhasil menempati posisi kesembilan untuk lirik lagu yang paling dicari sepanjang 2009 ini.


10. Demi Cinta - Kerispatih

Di posisi paling akhir, kembali nama Kerispatih menjadi salah satu grup band yang liriknya dicari sepanjang tahun ini. Demi Cinta, masih mengandalkan lirik yang melankolis, tampaknya menjadi salah satu kekuatan Kerispatih.

(kpl/riz)